Anatomi Tubuh Manusia E-mail

Anatomi Tubuh Manusia disusun kedalam beberapa bagian sistem tubuh, yaitu :


  1. Sistem Kerangka
  2. Sistem Otot
  3. Sistem Peredaran Darah
  4. Sistem Pernafasan
  5. Sistem Indera
  6. Sistem Pencernaan
  7. Sistem Urinaria
  8. Sistem Reproduksi
  9. Sistem Syaraf
  10. Sistem Endokrin


Download Full Article!

 
Sistem Peredaran Darah dan Sistem Ekskresi E-mail

Manusia memiliki organ atau alat-alat ekskresi yang berfungsi membuang zat sisa hasil metabolisme. Zat sisa hasil metabolisme merupakan sisa pembongkaran zat makanan, misalnya: karbondioksida (CO2), air (H20), amonia (NH3), urea dan zat warna empedu.



Download Full Article!

 
Organ Sistem Peredaran Darah dan Organ Sistem Ekskresi E-mail

Hati merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh, terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Berdasarkan fungsinya, hati juga termasuk sebagai alat ekskresi. Hal ini dikarenakan hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan anomia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut proses detoksifikasi.


Download Full Article!

 
Kolesterol E-mail


Ada yang bilang bahwa seiring dengan semakin baik tingkat ekonomi maka kesempatan untuk makan enak pun semakin besar. Makan enak dapat diartikan dengan makan makanan yang rasanya enak. Tapi istilah makanan enak di kota - kota besar ternyata berupa makanan yang gurih, gorengan, berlemak, serta minim serat.


Download Full Article!

 
Kolesterol Tinggi E-mail

Kolesterol selalu menjadi topik perbincangan hangat mengingat jumlah penderitanya semakin tinggi di Indonesia. Kebiasaan dan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari berperan penting dalam mempengaruhi kadar kolesterol darah. Semakin baik pola dan kualitas makanan sehari-hari, tentu makin terjaga pula keseimbangan kolesterol dan kesehatan secara keseluruhan. Namun jika semakin buruk pola dan kualitas makanan sehari-hari, tentu makin tidak terjaga pula keseimbangan kolesterol dan kesehatan secara keseluruhan.


Download Full Article!

 

 
Gaya Hidup Sehat E-mail

Kolesterol yang tinggi (hiperkolesterolemia) memang tidak terlihat dan seringkali tidak bergejala, kecuali dengan melakukan Check Up (periksa darah) secara berkala paling tidak 6 bulan sekali setelah berkonsultasi kesehatan dengan dokter. Namun demikian kolesterol harus tetap di kontrol dengan memiliki gaya hidup yang sehat seperti : diet rendah lemak, berhenti merokok, berat badan yang seimbang, dan olah raga teratur. Jika segala upaya yang telah dilakukan tetap tidak mencapai target LDL yang dicanangkan, maka obat dapat dijadikan sebagai alternatif lain.


Download Full Article!