.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Media Indonesia 20 juli 2010

      Membangun Perpustakaan dari Jualan Gorden


      BELUM lama ini Kementerian Pendidikan Nasional gencar membangun taman bacaan di ruang publik. Kampanye itu memang tidak gratis, bahkan perlu anggaran yang cukup banyak. Tetapi tidak demikian bagi Ayi Rohaman yang punya jalan sendiri untuk menyediakan perpustakaan bagi masyarakat.

      Warga Desa Arjasari, Kecamatan Arjasari, Bandung, Jawa Barat, itu tidak menyangka impiannya memiliki perpustakaan umum bisa terwujud. "Sejak remaja saya sudah senang membaca buku, tapi tidak punya uang untuk membelinya," kata Ayi mengungkapkan perjalanannya membangun perpustakaan umum di rumahnya, akhir pekan lalu.

      Keterbatasan yang dimiliki tidak membuatnya menyerah. Dia berusaha mencari uang dengan bekerja apa saja asalkan bisa membeli buku. Awalnya Ayi menjadi kenek angkutan kota atau angkot, sempat pula sebagai penjual piring dan sendok yang bisa digraver sesuai pesanan. Kemudian, bapak dua anak ini menjadi penjual gorden keliling.

      "Penghasilannya memang tidak menentu. Dua minggu sekali baru laku. Tapi saya tetap saja membeli buku," kata Ayi yang sering diomeli istrinya, Neneng Rismayati, karena penghasilan sedikit tetapi masih dipotong untuk beli buku bekas.

       

      Ayi membeli buku bekas di kompleks perumahan dekat rumahnya, dengan harga Rpl.OOO per kilogram. la kemudian mengajak anak-anak di lingkungannya untuk membaca buku-buku koleksinya. Buku-buku ini dititipkan di toko pupuk kelamaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendengar kegiatannya dan pada 2005 memberikan penghargaan. Untuk menuju Bandung, Ayi yang tinggal berjarak 20 km di sisi selatan haras menjual sepatunya seharga RplOO ribu untuk ongkos transpor.

      Tadinya Ayi berpikir akan mendapatkan hadiah uang, ternyata piagam. Namun, penghargaan dari Pemprov Jawa Barat ini mendapat publikasi dari media massa. Tidak lama kemudian datanglah utusan dari Yayasan Wadah, sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan sosial.

      "Saya tidak menyangka ada tamu dari Jakarta. Saya diminta datang ke kantornya. Ini pertama kali saya ke Jakarta," ujar Ayi sambil tersenyum mengenang kunjungan ke Yayasan Wadah milik Ibu Anie Hashim.

      Dari situlah keinginan Ayi terjawab sudah. Yayasan tersebut membantu membangun perpustakaan umum Sariwangi. "Wah saya tidak menyangka atas bantuan itu. Sekarang buku-bukunya semakin banyak. Pengunjungnya juga bertambah rata-rata 150 orang per hari," kata penggemar buku-buku lingkungan itu.

      Kini kedua anaknya juga mendapat beasiswa dari Yayasan Wadah. Putra sulungnya kuliah di fakultas farmasi, sedangkan si bungsu masih duduk di bangku kelas 6 SD. (Siswantini Suryandari/H-1)


      milik kakaknya. Untuk menarik minat baca, Ayi pun membeli makanan. Siapa pun yang membaca di sana bisa makan gratis. "Ada sekitar 10 anak yang datang rnembaca buku, tetapi mereka pasti tertarik makanannya," kata pria berkumisltu.

      Makin lama koleksinya terus bertambah. Ayi mulai membangun perpustakaan kecil sejak 2004 dengan nama perpustakaan Sariwangi.

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Friday, 09 March 2012 07:54  

      Items details

      • Hits: 300 clicks
      • Average hits: 3.3 clicks / month
      • Number of words: 3389
      • Number of characters: 30091
      • Created 7 years and 8 months ago at Friday, 09 March 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 8 months ago at Friday, 09 March 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,797
      • Sedang Online 153
      • Anggota Terakhir Suwardi

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9124520
      DSCF8761.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC