.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Tokoh
E-mail

Murasaki Shikibu (976-1031)

Wanita Pertama Penulis Novel di Dunia


NOVEL dunia pertama yang ditu­lis oleh seorang wanita adalah "The Tale of Genji" (Genji Monogatari). Novel ini ditulis Murasaki Shikibu pada tahun 1007. Novel ini di-hasilkan dengan menggunakan sistem tulisan hiragana yang mengandung 54 bab. Selain mengisahkan seorang aristokrat, Hikaru Genji, ia juga menceritakan ke-hidupan Genji dan kisah cintanya dengan latar Istana berasaskan pengalaman pen-garangnya sewaktu tinggal di istana.

Murasaki yang berarti bunga violet, se­orang wanita yang tinggal di istana kera-jaan Heian (795-1192) di Kyoto. Dibesarkan di tengah keluarga Gubemur Fujiwara, Murasaki tumbuh sebagai anak yang pintar dan belajar lebih cepat diban-dingkan dengan saudara laki-lakinya. Meski ayahnya kecewa karena Murasaki bukan dilahirkan sebagai anak laki-laki, ia tetap tekun belajar mempelajari bahasa Cina yang dipandang tidak pantas bagi perempuan di masa itu.

Pada waktu itu, Murasaki hidup pada zaman periode Heian Jepang. Panorama politik periode itu, selama beberapa abad dikuasai oleh klan Fujiwara melalui perkawinan dengan keluarga kerajaan dan menempati seluruh jabatan penting di Kyoto dan beberapa'provinsi utama. Ke-kuatan itu mencapai puncaknya di masa hidup Murasaki Shikibu ketika Fujiwara Michinaga menjadi gubernur pada 1016. Setelah Michinaga, posisi klan Fujiwara terus melemah hingga kekuatan beralih kepada kelas militer.

Read more...
 
E-mail

Terbakarnya Pram

Oleh HIKMAT GUMELAR


TIDAK ada pengarang yang tidak berutang. Tidak terkecuali Pramoedya Ananta Toer. Antara lain ia mengaku, tentu dengan caranya bertutur, berutang kepada penyair yang namanya begitu lekat dengan Aku. "Dalam sikap, saya me-ngagumi Chairil Anwar. Ketika orang harus menjadi ternak pada zaman Jepang, ia mengatakan 'Aku ini binatang jalang dari kumpulan yang terbuang1. la dianiaya kempei karena sajak ini. Inilah ki-ranya yang ikut membentuk pribadisaya."

Demikian aku Pram kepada Suara Independen. Tetapi Chairil sudah dijemput maut ketika umurnya belum lagi genap 28 tahun. Sementara Pram yang lahir di Blora, Jawa Tengah, pada 6 Februari 1925, hingga kini masih bisa mendengarkan cucu-cucunya bermain gitar melantunkan lagu-lagu ngak ngik ngok antara lain buatan Peterpan. Memang tak sedikit orang yang jantungnya terus berdenyut walau umurnya sudah berkepala sembilan. Malah ada yang tetap piawai bersiul walau umurnya sudah lewat seratus tahun. Tetapi mencapai usia 81 tahun bagi Pram, niscaya tak semudah meniup nyala 81 lilin. Hidup baginya, seperti pernah disinggung Goenawan Mohamad, bukan pasar malam. Hidup baginya, sebagai rangkaian upaya keras keluar dari bubu.

Read more...
 
E-mail

Taufiq Ismail

MENGE JAR KETERTINGGALAN ENAM PULUH TAHUN LAMANYA :

BANYAK MEMBACA BUKU MEMBACABUKU MEMBACA BUKU

DAN TERUS BERLATIH MENULIS BERLATIH MENULIS BERLATIH MENULIS

KILAS BALIK MASA SR - SMP - SMA

Sekolah saya berpindah-pindah, sejak Sekolah Rakjat (sekarang SD) sampai dengan SMA. SR saya di Solo, Semarang, Salatiga, Yogya, SMP di Bukittinggi, SMA di Bogor, Pekalongan dan Whitensh Bay, Wisconsin. Pertunlbuhan diri saya berlangsung di delapan kota itu, dan masing-masing kota itu member! kenangan indah tersendiri.

Kedua orangtua saya guru di Pekalongan di masa penjajahan Belanda. Mulai zaman pendudukan Jepang ayah saya jadi wartawan di Semarang, di harian Sinar Baroe (belakangan menjadi Suara Merdekd). Saya belajar di Sekolah Rakjat Indonesia di Bergota, rumah kami di Redjosari Gang I nomor 6. Ayah dan ibu suka membaca. Lemari buku ayah saya besar. Biasanya sekali sebulan saya dibawa ke toko buku di Pasar Djohar, dibonceng naik sepeda. Ikut ayah yang membeli buku, saya boleh memilih dua buku untuk dibawa pulang. Pada umur masih kecil begitu saya sudah mulai membaca roman Tak Putus Dirundung Malang, karya St. Takdir Alisjahbana.

Ketika masih pelajar SMP Negeri i di Bukittinggi, dan SMA Negeri Pekalongan pada tahun 195O-an, di kedua sekolah saya itu tidak ada perpustakaan. Karena suka membaca, saya jadi anggota Perpustakaan Kota, di Bukittinggi di Jalan Lurus, di Pekalongan di Kali Loji. Kedua-duanya dekat dari sekolah.

Read more...
 
E-mail

KOMPAS, JUMAT, 5 NOVEMBER 2010

Robin Li Yanhong

Raja Mesin Pencari Internet di China


"Misi kami adalah memberikan cara-cara terbaik bagi orang banyak untuk mendapatkan informasi. Untuk melakukan ini, kami terlebih dahulu mendengarkan dengan cermat setiap kebutuhan dan keinginan para pengguna."

OLEH PASCAL S BIN SAJU

Pendiri, pemilik, dan CEO Baidu Inc, Robin Li Yan­hong, mengucapkan hal itu dengan keyakinan dan percaya diri. Dia telah membukti-kannya melalui Baidu, mesin pencari internet nomor satu di China yang kini melesat ke tiga besar dunia setelah Google dan Yahoo.

Keingintahuan, inovasi, kreativitas, dan kerja keras telah mengantarnya menjadi orang kaya bam di Negeri Tirai Bambu. Majalah Forbes edisi terbaru, pekan lalu, bahkan memasukkan Robin Li sebagai satu dari dua orang terkaya China selain Zong Qinghou, pengusaha mi-numan ringan.

Li telah masuk dalam deretan orang kaya di dunia. Dia berada dalam satu rentang daftar orang kaya bersama dengan pendiri Google, mesin pencari internet terbesar di dunia saat ini, Sergey Brin dan Larry Page.

Kekayaan Li naik hampir tiga kali lipat atau 281 persen men­jadi 7,2 miliar dollar AS tahun lalu. Kekayaan itu mendongkraknya naik ke urutan kedua dari sebelumnya di urutan ke-14 daftar orang kaya China. Setelah Google hengkang dari China, Baidu kian kindong. Keuntungan bersih Baidu naik 112,4 persen per tahun.

Last Updated on Monday, 12 March 2012 07:50 Read more...
 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  Next 
  •  End 
  • »


Page 1 of 5

Selamat Datang Sahabat ^_^
Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

Kemiskinan

Literasi Sains & Teknologi

Artikel Pilihan


Artikel Utama

Statistik Anggota

  • Total Anggota 10,788
  • Sedang Online 139
  • Anggota Terakhir Robertrab

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterTotal9091308
bacalah.jpg

Kalender & Agenda

November 2018
S M T W T F S
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 1

Contoh Proposal

Contoh Proposal

Google+ Facebook Twitter mail SC