.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      Seputar Indonesia 9 Juni 2008

       

      Siswa Belajar dan Bergaul dengan Gembira

      Bagaimana bersekolah dengan teman-teman yang berbeda kulit, agama, dan suku bangsa?

      Bagi para Siswa di sekolah internasional, menjalin pertemanan dengan teman-teman berbeda kewarganegaraan ini meinang menyenangkan.

      Saya berteman akrab dengan   Annabel   yang orang Inggris. Bahasa Indonesianya masih belum bagus, jadi kami biasanya menggunakan bahasa Ing­gris saja," ujar Hana Fiona Tinjau,  siswa  year 11 (Academic Colleges Group ), yang berdarah Indoesia ini. Rupanya bisa membangun hubungan dengan teman berbeda dan menajamkan bahasa Inggris, tidak hanya menjadi patokan Hana dalam memilih ACG.

      Hanna yang berusia 16 tahun ini menuturkan, ACG  tidak hanya menekankan para siswanya untuk aktif dan menguasai kemampuan akademik, tetapi kemampuan non akademik juga sangat diperhatikan. "Saya suka art dan musik, di sini saya dapat menggali potensi saya dengan lebih bagus karena dibimbing oleh guru-guru yang andal dalam bidahg ini. Saya bisa main piano dan biola di bawah pengjaran mereka," akunya.

       

      Jika Hana memilih pi­ano dan biola Angga Pradipta yang duduk di year sembilan, mengaku di ACG, dia diberi kesempatan luas mendalami. kemampuan bermain gitar. "Saya juga punya band di sini. Kami sering mengisi acara sekolah. Guru-guru sangat mendorong saya untuk improvisasi kemampuan gitar saya, selain itu alat musik di sini juga lumayan lengkap," ujar juara dua kompetisi yoyo seluruh Indonesia ini.

      Lain lagi Annabel Richardson yang duduk dibangku year 11. Bagi dara yang gemar menulis ini, para pengajar di ACG tidak menyuruh siswa untuk menghafal dan mencatat pelajaran. “Tapi kami yang disuruh unt­uk menjalankan riset, membuat laporan dan mempresentasikan di muka kelas. Jadi kami bisa tahu kenapa dan dari mana suatu pengetahuan, bukah hanya tinggal memasukkannya ke dalam otak”. Ujarnya.

      Ketiganya juga sepakat di ACG mereka belajar menguasai skill yang mungkin tidak diajarkan disekolah konvensional. Contohnya public speaking, setiap mata pelajaran mengharuskan siswanya untuk dapat berbicara lugas di depan kelas. Sekolah ini juga mengajarkan siswa untuk mengembangkan kreativitas dan menumbuhkan minatnya.

      Tidak jauh berbeda dengan pengakuan para sis­wa yang bersekolah di Australian International (AIS) Indonesia. Minsoo siswa year 10, senang karena AIS tidak membebankan siswanya untuk mengerjakan setumpuk pekerjaan rumah. “ kami lebih mendalami riset dan banyak aktivitas bermanfaat disini jadi tidak bosan”. Papar siswa asal Korea ini.

      Minsoo yang pernah meraih juara tiga kompetisi matematika se Indonesia di dunia maya ini mengaku, jika dirinya terganjal suatu masalah di pelajaran, para guru akan langsung turun tangan membantu kesulitan yang dialaminya.

      Hal ini diakui juga oleh Matthias Hinrichs dan Woo Young. Menurut Mat­thias, guru dengan mUrid sudah selayaknya menjad iteman.

      (srinoviarni)

       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Friday, 24 February 2012 10:38  

      Items details

      • Hits: 808 clicks
      • Average hits: 8.7 clicks / month
      • Number of words: 1340
      • Number of characters: 11396
      • Created 7 years and 9 months ago at Friday, 24 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 9 months ago at Friday, 24 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,797
      • Sedang Online 115
      • Anggota Terakhir Suwardi

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9124399
      DSCF8794.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC