.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      MEDIA INDONESIA, 13 MEI 2008

       

      Sudut Amerika di IAIN Semarang

      Kebutuhan akan informasi terasa sangat penting di era yang serba instan seperti sekarang ini. Semua orang, terlebih mahasiswa, dituntut selalu siap bersaing menjadi pemilik pertama sebuah informasi. Adagium terkenal mengatakan siapa yang paling awal mendapatkan informasi dialah yang akan menjadi pemenang. Karena itu, kemudahan dalam mengakses in­formasi merupakan hal yang sangat penting artinya.

      Selain itu, penguasaan bahasa asing, terutama Inggris, menja­di faktor penting memudahkan akses infor­masi. Hal itulah yang dapat Anda lihat di salah satu sudut IAIN Walisongo Semarang. Di sudut utara wilayah Kampus III IAIN Walisongo terdapat gedung yang berdiri atas hasil kerja sama IAIN Walisongo dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), yaitu American Corner (Amcor).

       

      Tersedia di dalamnya ribuan literatur berbahasa Inggris. Tentu, hal itu dalam rangka mempermudah kegiatan perkuliahan sivitas akademika Kampus IAIN, dosen maupun mahasiswa. Satu-satunya American Corner yang ada di Jawa Tengah itu menyediakan banyak literatur berbahasa Inggris yang jumlahnya tak kurang dari 1.100 judul buku, jurnal ilmiah, CD ROM, majalah ilmiah berkala, DVD, dan kaset yang berisi segala hal yang ada di 'Negeri Paman Sam'. Mulai dari soal politik, pemerintahan, sejarah, ekonomi, sastra, hingga teknologi terkini.

      Disediakan pula ruang audiovisual khusus untuk menonton film buatan Amerika. Ruangan itu dikhususkan untuk mereka yang ingin memperdalam pengucapan dan kemampuan mendengar. Pengunjung juga bisa memanfaatkan fasilitas internet beserta dua perangkat komputer multimedia untuk mengakses dan sekaligus mengunduh jurnal ilmiah yang beredar di Ame­rika Serikat (AS) dan juga dapat digunakan untuk latihan TOEFL. Tujuan utamanya selain memperkenalkan budaya Amerika juga memperluas wacana dengan bahan bacaan yang memadai.

      Sejak diresmikan pada 25 Januari 2005 oleh Counselor for Public Affairs US Embassy Char­les N Silver, hingga kini Amcor masih menjadi sumber rujukan utama di lingkungan IAIN. Untuk memaksimalkan fasilitas langka tersebut, pihak IAIN bekerja sama dengan UKM Walisongo English Club (WEC) untuk mengadakan diskusi mingguan dengan menggunakan bahasa Inggris.

      "Ya, tiap Rabu siang, sekitar pukul 13.00, sebagian mahasiswa yang tergabung dalam WEC mengadakan acara mingguan di sini," tutur Hamam, mahasiswa semester akhir Fakultas Tarbiyah yang kerja paruh waktu di sana.

      Ahmad Khotim Muzakka/T-1

      Mahasiswa FUPK IAIN

      Walisongo

       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Friday, 24 February 2012 07:18  

      Items details

      • Hits: 412 clicks
      • Average hits: 4.3 clicks / month
      • Number of words: 959
      • Number of characters: 8013
      • Created 7 years and 1 ago at Friday, 24 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 1 ago at Friday, 24 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 97
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9131335
      DSCF8761.jpg

      Kalender & Agenda

      January 2020
      S M T W T F S
      29 30 31 1 2 3 4
      5 6 7 8 9 10 11
      12 13 14 15 16 17 18
      19 20 21 22 23 24 25
      26 27 28 29 30 31 1

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC