.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

       

      MEDIA INDONESIA

       

       

      101 Hari Kabinet Menanti Sinergi Pendidikan dan ! Dunia Kerja

       

      Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mencanangkan 8 program kerja dalam 100 hari. Salah satunya roadmap sinergi lembaga pendidikan untuk atasi masalah ketenagakerjaan.

      SAAT itu, Mendiknas menegaskan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas diperlukan perubahan mindset. Dari pola pikir sederhana menjadi kreatif dan inovatif. Tujuannya, agar tercipta jiwa entrepreneur, dan jika digabung dengan teknologi akan menjadi technopreneur.

      "Indikatornya nanti akan terbentuk pusat-pusat kewirausahaan di kampus-kampus," kata Menteri Pendidikan Nasional saat memaparkan program kerja 100 harinya, November tahun lalu. Pusat-pusat kewirausahaan itu dirintis dengan memberikan pelatihan kewirausahaan kepada dosen dan mahasiswa. Selain itu, untuk menumbuhkan jiwa kreatif dan inovatif, juga diberikan block grant kepada kelompok-kelompok wirausaha di kalangan kampus.

       

      Untuk menjalani hal itu, Kemendiknas melakukan kerja sama lintas sektor dengan sejumlah kementerian seperti Kementerian Agama serta Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Batas penyelesaiannya dipatok pada januari 2010.

      Kini, setelah mendekati masa 100 hari itu, Mendiknas Mohammad Nuh mengatakan roadmap sinergi itu dilakukan dengan mengawinkan penyelarasan tenaga kerja dan pusat-pusat kewirausahaan. Penyelarasan tenaga kerja dimulai dengan analisis wilayah lingkup kerja, kemudian dibuat perumusannya.

      "Hingga saat ini, kita masih terbentur mata anggaran. Namun, yang terpenting analisis-analisis tersebut telah ditetapkan, sehingga pelaksanaannya tidak tumpang tindih," ujar Mendiknas. Sedangkan untuk pusat kewirausahaan, Mendiknas mengaku telah melakukan penguatan kewirausahaan di sejumlah perguruan tinggi. Antara lain, di Universitas Indonesia dengan memberikan pelatihan kepada dosen oleh pengusaha seperti Ciputra.

      "Untuk membentuk pusat kewirausahaan itu, yang utama adalah menumbuhkan budaya kewirausahaan terlebih dulu pada kalangan akademisi kampus," kata Mendiknas. Hal senada juga diungkap Direktur Pembinaan SMP Kemendiknas Didik Suhardi. Dia menekankan bahwa budaya wirausaha harus menjadi karakter bangsa, yang mesti ditanamkan sejak dini.

      Pasalnya, dengan jiwa wirausaha yang ditanamkan pada peserta didik, bisa melahirkan pola pikir yang kreatif dan inovatif.

      Pengangguran

      Data yang dipaparkan Deputi Bappenas bidang SDM dan Kebudayaan, Nina Sardjunani, berdasarkan Survei Tenaga Kerja Nasional (Sakernas) 2009 terungkap, dari 21,1 juta yang masuk angkatan kerja, ada sebanyak 4,1 juta atau sekitar 22,2% menganggur. "Tingkat pengangguran terbuka itu didominasi oleh lulusan diploma dan universitas, kisarannya di atas 2 juta orang. Mereka banyak menganggur karena lebih memilih menunggu pekerjaan ketimbang menciptakan pekerjaan," ujar Nina.

      Di masa datang, menurut dia, Kemendiknas perlu membangun jiwa entrepreneurship pada satuan
      pendidikan secara menyeluruh dan sejak dini. Menurut pengusaha property Ciputra, mata pelajaran
      entrepreneurship wajib dimasukkan pada setiap jurusan, mulai dari tingkat SMA dan SMK hingga perguruan tinggi. Selain itu, perlu ada tambahan pembelajaran entrepremirship selama 3-6 bulan bagi lulusan SMK yang berminat. This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

      BURSA KERJA: Pencari kerja mengamati daftar lowongan pekerjaan pada karier ekspo 2009 di Balai Kartini, Jakarta, beberapa waktu lalu. Bursa yang diikuti sejumlah perusahaan besar ini mampu menyedot antusiasme pencari kerja.

       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Wednesday, 22 February 2012 07:12  

      Items details

      • Hits: 374 clicks
      • Average hits: 4 clicks / month
      • Number of words: 1856
      • Number of characters: 15317
      • Created 7 years and 10 months ago at Wednesday, 22 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 10 months ago at Wednesday, 22 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 121
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9127191
      DSCF8790.jpg

      Kalender & Agenda

      December 2019
      S M T W T F S
      1 2 3 4 5 6 7
      8 9 10 11 12 13 14
      15 16 17 18 19 20 21
      22 23 24 25 26 27 28
      29 30 31 1 2 3 4

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC