.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Tip dan Trik sederhana 

      Membimbing  siswa SD kelas 4,5,dan 6

      dalam  Menggunakan index buku

       

      oleh : Irawan Haryadi

      A.    Pendahuluan

      Sebagai seorang pustakawan sekolah yang berkarya sejak tahun 1999 , penulis sering melihat para siswa merasa kesulitan bila di berikan tugas oleh gurunya khususnya pada pelajaran IPA dan IPS untuk mencari informasi atau menelusur informasi di perpustakaan, para siswa lebih sering mencari informasi pada koleksi biasa karena penyajian informasinya  lebih mudah di pahami dan informasi yang dibutuhkan lebih mudah di dapatkan , hal yang berbeda di amati oleh penulis  bahwa bila siswa dihimbau oleh guru dan pustakawan untuk menelusur informasi di koleksi referensi perpustakaan, para siswa lebih enggan menggunakaannya  karena mereka  memiliki anggaapan bahwa dalam memanfaatkan informasi pada bahan pustaka tercetak koleksi referensi membutuhkan waktu yang lebih lama karena bukunya lebih tebal dan terdiri dari beberapa jilid bahkan ada yang lebih dari sepuluh (10) jilid, hal ini di karenakan para siswa tidak memiliki pengetahuan untuk mencari informasi pada koleksi referensi dengan menggunakan index buku.

      Hal ini sangat di sayangkan bila  terus menerus dibiarkan, para siswa tersebut harus di berikan bimbingan agar memiliki pengetahuan menggunakan index buku agar informasi yang ada di koleksi referensi dapat di gunakan. Pengetahuan ini sangat berguna dan akan terus terpakai sampai  para siswa menjadi dewasa kelak.

       

      B.    Langkah-langkah sederhana dalam membimbing siswa SD

       

      Berdasarkan buku yang di tulis oleh Tim Perpusnas RI. 2007. Literasi informasi=pengantar untuk perpustakan sekolah. Jakarta : Perpusnas RI. Peran pustakawan sangat besar dalam membimbing para siswa agar memiliki skil dalam menelusur informasi di perpustakaan baik menggunakan bahan pustaka tercetak atau digital. Berikut ini adalah langkah –langkah sederhana yang bisa dilakukan oleh pustakawan dalam memberikan bimbingan penggunaan index buku  kepada para siswa :

       

      Langkah pertama (I)

      ·      Tentukan terlebih dahulu tema dari informasi yang di butuhkan, siswa  bisa   menggunakan table klasifikasi sederhana yang ada di  perpustakaan, perhatiakan symbol warnanya,

                      contohnya :

                  Informasi yang siswa butuhkan adalah tentang        binatang yang memilik  belalai, maka binatang masuk pada tema / kelompok ilmu pengetahuan murni, dengan   symbol stiker warna biru

       

      ·       Siswa diarahkan untuk memukan lokasi rak  bahan pustaka di simpan,  lebih    mudah gunakan bahan pustaka koleksi referensi.

       

      Langkah ke dua (II)

      ·      Setelah menemukan bukunya,  siswa membuka halaman index, biasanya ada di     halaman paling belakang    sebelum daftar pustaka.

      ·       Siswa mencari  informasi  yang butuhkan melalui index buku  berdasarkan alphabet huruf pertama dari istilah / kata  informasi yang siswa   butuhkan, misalnya:

                   Belalai          cari di bagian B

                  Belalai : 10

      Artinya artikel tentang belalai ada di halaman 10 di buku     tersebut.   

       

             Atau

                Belalai , 10:2

       Artinya artikel tentang belalai ada di buku jilid ke 10, halaman 2,    biasanya model seperti ini ada di buku-buku ensiklopedi yang jumlah  jilid nya      banyak .

       

      Langkah-langkah  tersebut bisa juga terapkan bila siswa menelusur informasi melalui bahan pustaka digital koleksi perpustakaan, terlebih bila ada siswa yang memiliki   kebutuhan khusus dan cendrungan untuk selalu belajar secara audio visual  , misalnya menggunakan Microsoft student Encarta 2009 dalam bentuk CD , atau bahkan melalui internet dengan bantuan google search namun siswa harus di dampingi oleh pustakawan dan gurunya.

       

      C.    Manfaat bimbingan menggunakan index

      Bimbingan  ini diharapkan memberikan pengalaman baru bagi peserta didik untuk bisa menggunakan index buku dan dapat memanfaatkan bahan pustaka koleksi perpustakaan, khususnya koleksi referensi yang telah ada , beberapa manfaat dari bimbingan menelusur dengan menggunakan index buku  antara lain :

      1.         Semangat belajarnya meningkat karena suasana belajar tidak membosankan , siswa tidak mudah jenuh dan konsentarasi dalam menerima pelajaran serta ilmu pengetahuan yang baru sehinnga  pengetahuanya bertambah dan prestasi belajarnya meningkat.

      2.        Para siswa pada akhirnya memiliki skil dalam mencari,menemukan, dan memanfaatkan informasi yang sangat berguna hingga akhir hayatnya, karena mencari ilmu pengetahuan tidak mengenal batas waktu dan tempat .

      3.        Anak terbiasa dapat memecahkan masalah berdasarkan teori atau fakta tertulis  yang ada.

      4.        Merangsang siswa untuk selalu mengingat dan tidak mudah lupa karena bagi siswa akan lebih memiliki makna dibandingkan dengan cara belajar secara konvensional.

       

      D.   Media pembelajaran  yang digunakan

      Dalam  melakukan bimbingan terhadap siswa SD pustakawan sebaiknya menggunakan media dalam menjelaskan, hal ini sangat membantu agar siswa bisa lebih cepat memahami, selain itu bimbingan ini para siswa akan melakukan praktek langsung di perpustakaan, terbayang bila pustakawan hanya mengandalkan metode ceramah tentu akan membosankan, media yang dapat digunakan antara lain:

      1.              Index buku , khususnya yang terdapat pada buku-buku koleksi referensi.

      2.             Table sederhana  klasifikasi   DDC yang dengan mudah di buat oleh pustakawan.

      3.             Brosur cara menggunakan index buku bila  tersedia di perpustakaan.

      4.             Media lain yang dapat membantu siswa dalam menelusur khususnya bila menemui istilah – istilah tertentu , misalnya kamus bahasa Indonesia atau kamus bahasa inggris dan Indonesia.

      5.             CD-ROM dan Media Rekam Lainnya , contonya Encart for student 2009.

       

      E.    Daftar pustaka

      1.     Priyono,  Sugeng Agus. 2006. Perpustakaan Atraktif. Jakarta : Grasindo.

      2.    Darmono. 2007. Perpustakaan sekolah . Jakarta : Grasindo

      3.    Sumantri, M.T . 2006. Panduan perpustakaan sekolah. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

      4.   Sinaga,  Dian. 2007. Mengelola perpustakaan sekolah. Jakarta : Kiblat buku utama.

      5.    Tim perpusnas RI dan DPN RI. 2006. Pedoman perpustakaan sekolah/IFLA=UNESCO. Jakarta :Perpusnas RI.

      6.   Tim Perpusnas RI. 2007. Literasi informasi=pengantar untuk perpustakan sekolah. Jakarta : Perpusnas RI.

      7.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI, no 25 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan sekolah/madrasah.

      8.   Hay,  Lyn .    School     libraries     building    capacity     for     student   learning in 21C ,  Diunduh dari situs : http://www.curriculumsupport.education.nsw.gov.au/schoollibraries/assets/pdf/Schoollibraries21C.pdf  , tanggal 9 Juli 2009.

      9.    

      Maugle,  Gillian . A snapshot   of   interactivity   at   Wiley   Park     Public School library ,  Di unduh dari situs : http://www.curriculumsupport.education.nsw.gov.au/schoollibraries/assets/pdf/Schoollibraries21C.pdf  , tanggal 9 Juli 2009.

      Comments
      dentistas     |2010-10-28 06:59:58
      tips-Nya telah melayani saya sangat membantu, terima kasih untuk hal-hal lebih
      mudah bagi orang untuk dapat belajar cara mlehor.
      STEVENSONMariana  - respond     |2011-07-28 13:41:27
      That's known that cash makes people free. But what to do if one does not have
      money? The one way only is to try to get the loans or just term loan.
      research papers for sale  - reply this topic     |2011-08-08 23:46:17
      There are quantities of blocks on the academic career building road. But, the
      essay order service was invented to assist high school students with term papers
      composing.
      customized essay  - reply     |2011-08-09 11:27:38
      The buy research paper service could use your useful stuff for a further growth,
      because people usually need the written essay of premium quality.
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 140092 clicks
      • Average hits: 1239.8 clicks / month
      • Number of words: 3577
      • Number of characters: 30356
      • Created 9 years and 5 months ago at Thursday, 30 July 2009 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,790
      • Sedang Online 111
      • Anggota Terakhir Kurnia Dhimas Putra Adhi

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9093754
      DSCF8768.jpg

      Kalender & Agenda

      December 2018
      S M T W T F S
      25 26 27 28 29 30 1
      2 3 4 5 6 7 8
      9 10 11 12 13 14 15
      16 17 18 19 20 21 22
      23 24 25 26 27 28 29
      30 31 1 2 3 4 5

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC