.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Merakyatkan Buku

      HULA HARAHAP


      Buku adalah kebutuhan semua orang, entah dari kelas masyarakat mana pun, meski kebutuhah akan jenis bu­ku berbeda-beda, Lalu, bagaimana agar buku dapat diperoleh dengan mudah bagi masyarakat kelas bawah atau kaum pinggiran? Mass markefi Demikian jawaban Mula Harahap, salah seorang pengamat dan penggiat di industri buku. Mula yang penggemar buku sejak kanak-kanak memimpikan masyarakat kelas bawah dapat dengan mudah memperoleh buku. Sekretaris Ikapi Jakarta ini mengakui bahwa banyak perspalan buku di In­donesia, tetapi menyediakan bu­ku bagi masyarakat luas bukan-lah hal yang mustahil.

      Untuk menciptakan pasar lu­as terhadap produk tentu saja ada beberapa hal yang harus dipenuhi, seperti bukunya haruslah populer, isinya dibutuhkan orang banyak dan harus tersebar di mana-mana. Mula mencontohkan pengalamahnya ketika ke pasar tradisional di salah satu kabupaten di Sumatera. Di sana ada agen koran yang menjual buku-buku praktis tentang panduan shalat, model pakaian, dan kamus. "Ya, memang kamus sederhana yang hanya dua juta kata, tapi itu membuktikan bahwa masyarakat kelas bawah pun membutuhkan buku," ujar pemilik penerbit Mitra Utama ini. Mula menyadari bahwa tidak semua buku dapat dijual di sana, "Seperti filsafat eksistensialis ti­dak mungkin laku di jual di sa­na, tapi kumpulan surat, buku bahasa Inggris, atau petunjuk praktis mendidik anak-anak saya rasa bisa," ujar Mula menegaskan. Namun, paling tidak me­nyediakan jalur distribusi alternatif dari yang sudah mapan selama ini adalah hal yang sering dipikirkan Mula dan kawan-kawan penggiat buku. Memperbaiki isi dan pesan buku untuk kalangan masyarakat bawah dapat dilakukan meskipun tentu saja isinya harus tetap ringan dan mudah dipahami.

       

      Mula melanjutkan bahwa hal seperti itu pernah terjadi pada masa dulu, di pasar tradisional di kota-kota kecil ada waning yang menjual buku agama. "Se­perti yang dilakukan oleh kakek teman saya, buku seperti itu laris terjual. Bagi saya ini mimpi yang perlu diwujudkan," ujar bapak dua anak ini. Mula melan­jutkan bahwa ide tersebut menjadi tantangan bagi penerbit un­tuk melakukan terobosan

      Ide tersebut, menurut Mula, dapat menjadi salah satu alternatif jawaban bagi penerbit yang buku-bukunya tidak laris di pasaran juga untuk mengantisipasi banyaknya judul buku yang terbit setiap bulannya "Di toko bu­ku, jika buku kurang laris biasanya langsung digeser dari rak display, ini tantangan ke depan," lanjut laki-laki kelahiran Oktober 1953 ini. Baginya, ide menjual buku melalui jalur distribusi agen koran diharapkan mampu menjadi alternatif bagi buku-bu­ku yang tidak laku di toko buku atau buku yang dikembalikan ke penerbit. "Tentu saja harganya harus lebih murah dan dijual set telah tidak laris lagi di toko bu­ku," ujar Wakil Ketua Yayasan Adikaiya Ikapi ini.. (UMl/Litbang Kompas)

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 13 March 2012 08:14  

      Items details

      • Hits: 441 clicks
      • Average hits: 4.8 clicks / month
      • Number of words: 2442
      • Number of characters: 21648
      • Created 7 years and 8 months ago at Tuesday, 13 March 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 8 months ago at Tuesday, 13 March 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,797
      • Sedang Online 126
      • Anggota Terakhir Suwardi

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9124664
      Dialog_Peradaban.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC