.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail
      Article Index
      PENGEMBANGAN PROGRAM PERPUSTAKAAN: Didasarkan Pada Pengalaman Mengelola Perpustakaan Lembaga Pengembangan Potensi Pendidikan Adaro & Partner (LP3AP)
      Page 2
      Page 3
      Page 4
      All Pages
      1. Perpustakaan menjadi sentra Layanan rekreatif

      Sebenarnya permainan interaktif atau bahkan permainan tradisional yang berkembang pada masa lalu adalah media pembelajaran yang diciptakan untuk melakukan proses pendidikan. Permainan monpoli misalnya, adalah permainan yang diciptakan untuk memberikan pemahaman terhadap aktifitas ekonomi, baik tentang perederan uang, hingga pengelolaan aset. Permainan ular tangga adalah permainan yang memberikan pemahaman tentang peluang, dan permainan congklak mengajarkan pola berpikir matematis, dan masih banyak lagi. Kesemuanya itu merupaka produk dari pemahaman yang mendalam tentang mentalitas anak untuk bekal di kemudian hari.

      Momentum yang tepat untuk menyelenggarakan layanan ini adalah pada saat bulan puasa. Pada bulan ini ada sebuah budaya yang populer disetiap daerah yaitu ngabuburit. Perpustakaan dapat dijadikan pusat ngabuburit masyarakat, dimana pada saat-saat menunggu buka puasa, anak-anak dan remaja khususnya, dapat mengisinya dengan bermain congklak, ular tangga, monopoli, karambol, dll. Sesekali mereka dikondisikan untuk membaca buku-buku tentang permainan Nusantara tempo dulu dan mempraktekannya. Menjelang buka puasa mereka mengakhiri permainan, mengembalikan peralatan ke tempat penyimpanan dan lalu pulang ke rumah masing-masing. Momentum yang tepat lainnya adalah pada saat liburan sekolah.

      Di perpustakaan LP3AP permainan bisa dikemas menjadi sesuatu yang lebih berarti. Setiap permainan selesai ada seorang dari komunitas perpustakaan yang memimpin diskusi kecil yang memberikan kesempatan anak-anak untuk mengungkapkan kesannya terhadap permainan tadi. Pola aktifitas iinilah yang akan menjadikan orang-orang yang aktif di perpustakaan (Rumah Belajar) memiliki benih-benih kemandirian dalam bertindak.

      1. Perpustakaan Sebagai Pusat Kegiatan Masyarakat.

      Apabila Perpustakaan LP3AP menyesuaikan diri dengan memperhatikan siklus hidup harian masyarakat, sesungguhnya perpustakaan tak akan sepi. Kebutuhan komunitas yang berbeda yang diselenggarakan pada pembagian waktu dalam sehari ini harus jeli dikelola.

      Pagi hari semua sibuk, inilah saat Rumah Belajar untuk berbenah. Usai masak, para ibu mempunyai waktu, inilah waktu yang baik untuk membuka kegiatan di perpustakaan bagi komunitas kaum ibu. Demikian juga halnya dengan balita. Biasanya balita tak dapat dipisahkan dengan para ibu.

      Siang hari usai dzuhur anak-anak pulang sekolah. Ini waktu yang tepat untuk jasa pelayanan pinjaman buku, bimbingan pembuatan PR. Sore antara ashar dan maghrib anak-anak juga punya waktu luang, ini baik untuk kegiatan kolektif, rekreatif, hobi dan sebagainya. Sore saat anak-anak belajar, perpustakaan juga bisa menyediakan ruangan untuk bimbingan pembuatan PR. Malam sekitar isya anak-anak remaja mendapat giliran dengan berbagai aktifitas.



      Comments
      sugi  - materi     |2009-08-02 20:56:36
      materi download sudah lumayan, tetapi akses bandwidhnya digedein dong.
      terima
      kasih buat diknas.
      edi   |2009-12-12 21:59:37
      artikelnya bermanfaat bagi saya
      endhita   |2011-04-15 15:05:31
      mkch bgt pokoknya, tp prlu diprbnyak....okey
      Mukhlis, S.Th.I  - mantab   |2011-09-10 20:01:22
      terima kasih artikelnya...isinya telah membuat saya terinspirasi dalam
      mengembangkan perpustakaan di sekolah saya..
      SYAIFUL  - salam kenal   |2012-04-08 07:28:16
      salam kenal untuk semua...
      saya anggota baru..saya lagi kuliah jurusan
      perpustakaan..ada banyak hal yang bisa saya dapat di sini khususnya dalam bidang
      perpustakaan untuk memperdalam lagi materi tentang perpustakaan yang sedang saya
      pelajari...untuk selanjutnya saya mohon bantuan dari semua..
      amel bogor   |2012-07-12 19:54:45
      terima kasih, artikelnya bermanfaat untuk kami mengembangkan pola rumah belajar
      dengan perpustakaan sebagai motor pengeraknya...
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 02 June 2009 13:22  

      Items details

      • Hits: 18708 clicks
      • Average hits: 149.7 clicks / month
      • Number of words: 2753
      • Number of characters: 21559
      • Created 11 years and 5 months ago at Tuesday, 02 June 2009 by Administrator
      • Modified 11 years and 5 months ago at Tuesday, 02 June 2009 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 126
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9125033
      DSCF8798.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC