.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail
      Article Index
      PENGEMBANGAN PROGRAM PERPUSTAKAAN: Didasarkan Pada Pengalaman Mengelola Perpustakaan Lembaga Pengembangan Potensi Pendidikan Adaro & Partner (LP3AP)
      Page 2
      Page 3
      Page 4
      All Pages

       

      1. Mendukung capaian prestasi belajar sekolah

      Setiap sekolah yang baik hampir dapat dipastikan memiliki perpustakaan. Dapatkah perpustakaan itu memberikan pelayanan yang maksimal? Tidakkah dari total waktu anak berada di sekolah sebagian besar dihabiskan untuk belajar di kelas? Perpustakaan bisa jadi hanya memberikan pelayanannya pada jam-jam istirahat dan pulang sekolah. Tentu saja seperti itu. Bukankah anak-anak bersekolah untuk belajar di kelas dan bukan di perpustakaan?

      Apa yang tidak bisa dilakukan oleh perpustakaan sekolah sebenarnya dapat dilakukan oleh perpustakaan LP3AP. Perpustakaan LP3AP letaknya di tengah-tengah komunitas dan dapat dibuka sesuai jam yang diperlukan oleh para pengguna.

      Juga bila disadari bahwa tidak semua rumah memiliki perpustakaan keluarga serta ruang yang cukup bagi anak untuk belajar dengan tenang, maka fungsi ini dapat dilakukan oleh perpustakaan LP3AP.

      Rumah Belajar merupakan tempat bertanya dan tempat segal pertanyaan. Dengan demikian perpustakaan tak harus sunyai. Perpustakaan dipenuhi oleh arus lalu lintas pencarian dan keingintahuan para pemakainya.

      1. Perpustakaan menjadi wahana pengembangan psikomotorik

      Dunia pendidikan modern mengenal ranah sasaran pembelajaran berupa kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk menjelaskan aspek pengetahuan, perasaan, dan ketrampilan. Bangsa kitapun secara tradisional memiliki ranah cipta-rasa-karsa. Tidaklah cukup seseorang punya pengetahuan, perasaan, dan keterampilan. Itu semua harus berakhir dengan proses penciptaan. Mencipta karena ada rasa dan karsa, yaitu kehendak.

      Seperti halnya pelukis menciptakan lukisan, koreografer menciptakan tarian, komposer mencipta lagu, kitapun orang awam dapat mencipta setiap saat. Menciptakan sikap yang baik, menciptakan kegembiraan, menciptakan harapan, dsb.

      Di sekolah anak-anak diperkenalkan kepada teori, dan teori itu mesti diwujudkan. Mewujudkan itu memerlukan latihan. Sebagai contoah, kita dapat menjelaskan cara berang dalam dua menit, tetapi menerapkan yang dua menit itu diperlukan latihan berjam-jam, dan mungkin berhari-hari. Rumah Belajar dapat menjadi sarana yang mendukung latihan semacam itu.

      1. Perpustakaan menjadi wahana Pengembangan nilai dan afeksi

      Secara tidak langsung ada hubungan antara moral sebuah cerita dengan perilaku anak-anak. Kalau kita cermati buku-buku best seller di bidang pengambangan diri dan motivasi, kita akan jumpai kesamaan tentang perlunya orang mempunyai mimpi, pikiran positif, pembangkitkan kemampuan bawah sadar, yang lalu terwujud dalam tindakan.

      Dengan melalui kegiatan mendongeng (storytelling) yang baik, benar, dan tidak menggurui, anak-anak dapat terdorong untuk berimajinasi, mengidentifikasi dirinya sebagai tokoh dalam dongeng, termasuk melakukan hal-hal yang menjadi pesan dari dongeng itu.

      Pada zaman sekarang dongeng bisa disampaikan bukan saja dengan penuturan tapi bisa memlaui perangkat audiovisual (VCD). Dengan memutar film kartun seperti Finding Nemo, misalnya anak-anak akan belajar mengenai bagaimana kasih seorang ayah kepada anaknya. Atau dengan memutar cuplikan film My Dream para pemirsa akan termotivasi semangat dan daya juangnya dalam menempuh kehidupan ini. Serial pembelajaran VCD Harun Yahya juga sangan baik untuk membawa pamahaman nilai religiusitas secara rasional. Pada setiap pemutaran film harus dadampingi oleh seorang pemandu untuk membimbing anak-anak mengenal nilai dan afeksi.

      1. Perpustakaan menjadi sentra pengembangan hobi dan karir

      Hobi itu bukan sekedar makan makanan kesukaan, mendengarkan musik, apalagi shopping, dll. Hobi adalah kegiatan yang membuat pelakunya fokus, mencurahkan segenap kemampuan dan ketrampilan. Karena itu hobi mampu memotivasi yang bersangkutan larut dan menciptakan waktunya sendiri bersama hobi itu.

      Kita sering mendapat gambaran yang salah tentang hobi ini. Juga karena adanya kecenderungan yang disengaja, misalnya ekspose hobi para selebriti yang terkesan mahal dan mengada-ada. Lalu hobi itu menjadi lebih mirip penghaburan uang secara tidak pantas dan berlebihan. Tentu saja itu adalah sangat pantas untuk disesalkan, apalagi kalau sudah tertanam dalam diri masyarakat.Sejatinya hobi adalah sebuah aktivitas yang dapat membangun daya hidup, memperluas budi, dan juga secara ekonomis menguntungakan.

      Perpustakaan LP3AP dapat berperan penting dalam ’meluruskan’ hobi ke arah yang lebih produktif dan bermakna. Jika misalnya ada komunitas punya hobi memelihara burung, ikan, dan binatang eksotis, mereka dapat dipancing untuk memahami secara lebih mendalam lewat buku-buku bacaan. Mereka bisa didorong menciptakan kiat-kiat baru untuk lebih memberikan kenyamanan, dan daya hidup yang lebih tinggi kepada hewan peliharaannya. Mereka bisa lebih didorong untuk semakin mencintai dengan lebih mendalam, dan puncaknya ketika timbul kesadaran bahwa kecintaan kepada satwa tak dapat dipisahkan dengan kemerdekaan, hak hidup, hak berkembang biak dari satwa itu sendiri. Lalu pada momen Hari Lingkungan Hidup, Rumah Belajar menggelar acara melapas satwa ke habitat, melepas anak-anak ikan ke sungai, dsb.

      Perpustakaan LP3AP dapat mendorong dan mewadahi anggota untuk menekuni hobi yang secara ekonomis menguntungkan dan mungkin di kemudian hari dapat menjadi profesi andalan.



      Comments
      sugi  - materi     |2009-08-02 20:56:36
      materi download sudah lumayan, tetapi akses bandwidhnya digedein dong.
      terima
      kasih buat diknas.
      edi   |2009-12-12 21:59:37
      artikelnya bermanfaat bagi saya
      endhita   |2011-04-15 15:05:31
      mkch bgt pokoknya, tp prlu diprbnyak....okey
      Mukhlis, S.Th.I  - mantab   |2011-09-10 20:01:22
      terima kasih artikelnya...isinya telah membuat saya terinspirasi dalam
      mengembangkan perpustakaan di sekolah saya..
      SYAIFUL  - salam kenal   |2012-04-08 07:28:16
      salam kenal untuk semua...
      saya anggota baru..saya lagi kuliah jurusan
      perpustakaan..ada banyak hal yang bisa saya dapat di sini khususnya dalam bidang
      perpustakaan untuk memperdalam lagi materi tentang perpustakaan yang sedang saya
      pelajari...untuk selanjutnya saya mohon bantuan dari semua..
      amel bogor   |2012-07-12 19:54:45
      terima kasih, artikelnya bermanfaat untuk kami mengembangkan pola rumah belajar
      dengan perpustakaan sebagai motor pengeraknya...
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 02 June 2009 13:22  

      Items details

      • Hits: 18488 clicks
      • Average hits: 152.8 clicks / month
      • Number of words: 2753
      • Number of characters: 21559
      • Created 11 years and ago at Tuesday, 02 June 2009 by Administrator
      • Modified 11 years and ago at Tuesday, 02 June 2009 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,794
      • Sedang Online 90
      • Anggota Terakhir CECEP ABDUL AZIS HAKIM

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9113360
      DSCF8798.jpg

      Kalender & Agenda

      July 2019
      S M T W T F S
      30 1 2 3 4 5 6
      7 8 9 10 11 12 13
      14 15 16 17 18 19 20
      21 22 23 24 25 26 27
      28 29 30 31 1 2 3

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC