.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail
      Article Index
      PENGEMBANGAN PROGRAM PERPUSTAKAAN: Didasarkan Pada Pengalaman Mengelola Perpustakaan Lembaga Pengembangan Potensi Pendidikan Adaro & Partner (LP3AP)
      Page 2
      Page 3
      Page 4
      All Pages

      PENGEMBANGAN PROGRAM PERPUSTAKAAN:

      Didasarkan Pada Pengalaman Mengelola Perpustakaan Lembaga Pengembangan Potensi Pendidikan Adaro & Partner (LP3AP)

      Misi perpustakaan adalah:

      Memperkaya pengetahuan masyarakat dengan:

      • Menyediakan sumber informasi

      • Melayani kebutuhan informasi

      • Membangun budaya literasi informasi

      Setelah melewati masa dua tahun sebagai tahun pengokohan dan pembelajaran, saatnya sekarang perpustkaan lebih meningkatkan pelayanannnya pada masyarakat. Hanya dalam waktu kurang dari dua tahun perpustakaan dipercaya menjadi sumber informasi oleh lebih dari 3066 orang, hal ini menjadikan perpustakaan LP3AP merupakan perpustakaan terbanyak jumlah anggotanya untuk kategori perpustakaan umum tingkat Kabupaten se Kalimantan Selatan. Demikain juga, dengan koleksi yang berjumlah 5436 judul ( 10703 eksemplar) buku, perputakaan LP3AP juga menjadi perpustakaan paling lengkap koleksinya se-Kalimantan Selatan.

      Perpusatakaan LP3AP kini menjadi salah satu infrastruktur sosial dan komunitas masyarakat Tabalong yang sangat penting. Dengan kehadirannya, perpustakaan telah berhasil membantu kreativitas masyarakat dan keterampilan hidup (life skills) untuk terus bertahan dalam situasi yang terus berubah. Perpustakaan membantu memfasilitas dalam menumbuhkan keaksaraan (literacy) masyarakat, merangsang imajinasi, memperluas cakrawala berpikir, serta ikut serta dalam pemberdayaan masyarakat. Pendek kata, perpustakaan kini berperan sebagai kontributor penting untuk membangun modal sosial (social capital) yang dapat meningkatkan masyarakat bersama-sama menggapai hidup yang berbasis pengetahuan.

      Arah Baru Perpustakaan ini dirancang untuk menawarkan fokus kegiatan yang lebih signifikan serta dalam rangka merespon dinamika perkembangan masyarakat dan transformasi dunia informasi yang kian akseleratif.

      Arah Baru

      Meningkatkan daya dukung perpustakaan yang sudah ada untuk pemenuhan kebutuhan pengguna dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya melalui perluasan fasilitas, koleksi dan pembaruan sistem informasi. Pada sisi yang lain dukungan itu dapat diperluas dengan menjawab sebuah pertanyaan: “Bagaimana membuat penyandang kebutuhan khusus, orang buta aksara, kesulitas membaca, ibu hamil, lansia, anak-anak pra sekolah, atau siapapun yang selama ini tidak menjadi prioritas sasaran layanan pustaka dapat menikmati layanan?”

      Pertanyaan di atas akan kami jawab dengan mengembangkan fungsi baru perpustakaan LP3AP yaitu menjadi Rumah Belajar. Apa yang tak dapat dilakukan di perpustakaan, dapat di rancang untuk bisa diselenggarakan di Rumah Belajar. Apa yang membuat orang enggan datang ke perpustakaan, dapat diubah menjadi daya tarik Rumah Belajar. Rumah Belajar tak harus sunyi. Jika diperlukan Rumah Belajar dapat ceria, penuh kegembiraan, terbuka—selaras denyut kehidupan warga sekitarnya.

      Pada dasarnya perustakaan itu sendiri adalah Rumah Belajar. Hanya saja selama ini belum banyak yang mengetahuinya, karena terbatasnya bentuk layanan perpustakaan. Oleh karena itu yang terpenting bukanlah mengubah, tetapi mengembangkan layanan perpustakaan, sehingga ia mampu memenuhi kebutuhan warga setempat menjadi seorang menusia pembelajar—makhluk yang harus selalu belajar.

      Di masa depan Perpustakaan LP3AP akan lebih mendorong masyarakat menuju masyarakat yang berbasis ilmu pengetahuan dengan memancangkan fungsi dan peran baru sebagai berikut:

      1. Perpustakaan menjadi wahana baru penyaluran prakarsa masyarakat

      Perpustakaan dapat dijadikan sebagai tempat berkumpul masyarakat. Selain tempat meminjam dan membaca buku, diadakan juga layanan tambahan untuk berbagai macam mata pelajaran, misalnya menyelenggarakan les tambahan matematika dan bahasa Inggris. Perpustakaan akan terus mengembangkan aktifitas dan layanan sesuai kebutuhan pengguna yang rata-rata murid sekolah.

      Perpustakaan juga akan dilengkapi dengan peminjaman Alat Permainan Edukatif (APE) bagi anak usia dini.

       

      1. Melakukan pembaruan aktivitas yang sudah ada

      Pengalaman menunjukkan bahwa mereka yang mencintai buku sejak awal akan mengerti semahal apapun buku, tak pernah lebih mahal dari kandungan rahasia yang terbungkus di dalamnya. Semakin seseorang mencintai dunia baca semakin mereka merasa haus. Kehausan yang justru sungguh menyenangkan. Perlu upaya yang cukup mendasar unuk kembali memperemukan sikpa masyarakat yang terlanjur terpuruk menuju arah yang keliru dengan daya tarik buku yang sessungguhnya tak pernah lengkang dimakan waktu.

      Dengan cara-cara baru, perpustakaan sesungguhnya dapat secara kreatif memupuk kencintaan pada buku. Jika dunia bisnis mengenal istilah promosi, perpustakaan dapat mengupayakan sesuatu yang disebut “promosi cinta buku”, yaitu kegiatan mendorong warga untuk mencintai dan membaca buku. Kegitan itu misalnya kuesioner usulan jenis buku, lomba resensi buku, lomba perpustakaan sekolah, edaran rutin daftar buku baru, dll.

      Secara jujur dapat dikatakan bahwa perpustakaan yang ada saat ini masih terbatas hanya dinikmati oleh pengguna dari kalangan tertentu. Maka pastilah orang-orang yang datang ke perpustakaan itu sebenarnya bukanlah orang “sembarangan”. Mereka sebenarnya dapat menjadi sumber ilmu yang mungkin jauh lebih baik daripada buku itu sendiri. Pola pikir yang menempatkan perpustakaan dan buku sebagai sumber ilmu tidak keliru, sampai kita menyadari kenyataan baru bahwa sebenarnya perpustakaan telah menjadi tempat bertemunya orang-orang yang berilmu dan haus akan ilmu baru. Dari sini dapat digagas berbagai kegiatan yang dapat difasilitasi perpustkaan untuk berlangsungnya interaksi atar pengguna.



      Comments
      sugi  - materi     |2009-08-02 20:56:36
      materi download sudah lumayan, tetapi akses bandwidhnya digedein dong.
      terima
      kasih buat diknas.
      edi   |2009-12-12 21:59:37
      artikelnya bermanfaat bagi saya
      endhita   |2011-04-15 15:05:31
      mkch bgt pokoknya, tp prlu diprbnyak....okey
      Mukhlis, S.Th.I  - mantab   |2011-09-10 20:01:22
      terima kasih artikelnya...isinya telah membuat saya terinspirasi dalam
      mengembangkan perpustakaan di sekolah saya..
      SYAIFUL  - salam kenal   |2012-04-08 07:28:16
      salam kenal untuk semua...
      saya anggota baru..saya lagi kuliah jurusan
      perpustakaan..ada banyak hal yang bisa saya dapat di sini khususnya dalam bidang
      perpustakaan untuk memperdalam lagi materi tentang perpustakaan yang sedang saya
      pelajari...untuk selanjutnya saya mohon bantuan dari semua..
      amel bogor   |2012-07-12 19:54:45
      terima kasih, artikelnya bermanfaat untuk kami mengembangkan pola rumah belajar
      dengan perpustakaan sebagai motor pengeraknya...
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 02 June 2009 13:22  

      Items details

      • Hits: 18078 clicks
      • Average hits: 160 clicks / month
      • Number of words: 2753
      • Number of characters: 21559
      • Created 9 years and 5 months ago at Tuesday, 02 June 2009 by Administrator
      • Modified 9 years and 5 months ago at Tuesday, 02 June 2009 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,788
      • Sedang Online 134
      • Anggota Terakhir Robertrab

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9091491
      DSCF8798.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2018
      S M T W T F S
      28 29 30 31 1 2 3
      4 5 6 7 8 9 10
      11 12 13 14 15 16 17
      18 19 20 21 22 23 24
      25 26 27 28 29 30 1

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC