.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Buku Murah Tetap Menjadi Idaman

      Dalam setiap penyelenggaraan pameran buku, salah satu Indikator kesuksesan pelaksanaannya adalah jumlah pengunjung dan nilai transaksi pameran. Diakui potongan-harga istimewa untuk buku-buku yang dijual mampu membuat peminat buku berbondong-bondong datang ke pameran sekaligus meningkatkan angka penjualan.

      Oleh PALUPI PANCA ASTUTI

      Hal itu juga dibuktikan oleh pendapat mayoritas pengunjung yang datang ke pameran buku dalam acara Kompas Gramedia Fair di Surabaya tanggal 29 Februari-8 Maret 2008. Dari 285 pengun­jung buku yang menjadi responden, sebanyak 60 persen menyatakan niatnya datang ke pameran .untuk mernbeli buku dengan harga murah atau mendapat potongan harga. Daya pikat potongan, harga pada produk-produk yang dijual sudah biasa dilakukan penyelenggara dalam rangka menarik minat konsumen datang dan membeli produk yang ditawarkan, Indus tri penerbitan buku pun tidak akan me|aigi karena kenyataan-nya, trik potongan harga dapat meningkatkan penjualan buku secara signifikan setiap bulan. Alasannyai apalagi kalau bukan mahalnya harga buku. Maka ajang pameran buku yang banyak menawarkan potongan harga menjadi salah satu splusi untuk memiliki koleksi buku baru. Sementara per- pustakaan masih menjadi barang langka untuk dapat ditemukan di negeri ini.

      Apa pun jenis dan tema yang dicari tak akan pernah lepas dart masalah kemudahan pencarian buku dan harga

      kemudahan semua buku yang dibeli dengan harga murah itu tidak akan terbaca habis sebulan, Hal itu ,karena mayoritas responden (24 persen) mengaku membaca tak lebih dari dua judul buku per,bulan.

      Jika dilibat menurut kelompok jenis kejarnin pada responden perempuan, sekitar seperempat dari mereka meng­aku "melahap", tiga judul buku daiam sebulan. Sementara ,sisa-nya membaca 1-2 buku setiap bulan dan hanay sejumlah kecil responden yang rnampu menghabiskan lebih (dari 4 judul buku) Sementara pada kelompok responden laki-laki, mayoritas (50 persen) adalah mereka yang hanya punya waktu untuk membaca dua buku per bulan. Setelah itu 1-2 judul buku dibaca sekitar 27 persen responden.

      melihat jumlah judul .yang dibaca per bulan, sepatutnya ;dapat diamati ;alokasi waktu yang dihabiskan untuk membaca buku dalam sehari.Hasjl survei memperlihatkan, lebih dari separuh responden (59 persen) menyisihkan 1-2 jam Setiap hari untuk dibaca paling sedikit adalah yang membaca buku kurang dari satu jam sehari, di kelompok perempuan sekitar 16 persen, sementara kelompok laki-laki 18 persen.

       

      Tema favorit

      Saat menelusuri jenis-jenis buku yang paling disukai responden, :ditemukan bahwa fiksi merupakan jenis buku yang memiliki daya tarik terbesar. Buku terfavorit tersebut meliputi novel remaja dan dewasa, komik, atau puri cerita anak-anak. Sekitar 14 .persen responden mengaku, kedatangannya ke pameran dalam rangka mencari jenis buku ter­sebut. Bahkan, ada beberapa responden yang hingga kini mencari novel kontroversial The 'Da Vinci Code karangan Dan Brown yang telah terbit sejak lima tahun silam.

      Buku fiksi memang seperti tidak ada matinya. Sejak dimulainya era chicklitt,teenlit, hingga nori (novel rejnaja Islam), buku fiksi tak pernah habis dicari orang Selalu ada tema baru walau kadang pengulangan juga terjadi. Contohnya nori, yang mengeko rkesuksesan chicklit, teenlit, tetapi dengan kemasan berbeda. Nori yang asli produk Indonesia lahir sebagai altetnatif bacaan remaja di Tanah Air yang mungkin sukar memahami gaya hidup tokoh-tokoh dalahi novel-novel teenlitmaupun chicklit. Kekhasan nori dapat saja menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian kalangan remaja di negeri ini. ,

      Selain fiksj, jenis buku non fiksi, khususnya yang bertema ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek),dan komputer serta buku-buku agama, merupakan jenis buku yang juga banyak dicari responden. Era teknologi informasi tampaknya menjadi semacam pendorong bagi masyarakat untuk lebih memahami dan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengannya. Kehidupan serba digital seperti spkarang ini memaksa orang untuk belajar dan mengerti cara kerja serta pengaplikasian barang-barang modern. Hal-hal yang berhubngan dengan iptek dan komputer inilah yang membuat orang berbunyi buku-buku pan-duan maupun teori yang berkaitan dengannya. Saling tjdak, sekitar 7 persen responden mencari buku dengan tema ini.

      Di nomor tiga kategori jenis buku yang pajing dicari, tema agama merupakan salah satu pilihan respontjen. Sebanyak 6 persen responden mengaku tertarik pada bacaan yang menceritakan hal-hal berbau agama. Cukup beralasan jika penerbit di pameran tersebut Inemberi potongan harga lumayan, bahkan hingga 30 persen : untuk novel Islam fenomenal ; seperti Ayat-ayat Cinta maupun Jenis non fiksi lain yang juga membahas seputar agama

      Tiga jenis buku di atas tentu jadi incaran sebagian besar responden dalam. pameran buku yang berlangsung di Kota Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Selain ketiganya, be­berapa tema menarik bagi pengunjung adalah psikologi, bisnis investasi, hobi, sosial hu­maniora, manajemen, pendidik-an, dan lain-lain. Jika dibagi me-nurut kelompok usia, buku fiksi menjadi favorit responden pada rentang usia 10-30 tahun. Pada kelompok usia berikutnya, yaitu 31-40 tahun, agama dan filsafat menjadi tema buku yang paling banyak dicari. Sementara iptek dan komputer lebih banyak di minati mereka yang berusia 41-50 tahun. Sementara buku bertema sosial, seperti psikologi, humaniora, pendidikan, dan sebagainya, menjadi incaran responden yang berusia di atas 50 tahun.

      Apa pun jenis dan tema buku yang dicari tak akan pernah lepas dari masalah kemudahan pencarian buku dan harganya. Beberapa responden mengeluhkan sulitnya mencari buku yang mereka cari, misalnya militer, teknik sipil, dan arsitektur. B kan tidak ada, hanya saja pengunjung cukup sulit mencari tema sesuai yang diinginkan k-rena tidak adanya katalog buku yang dipamerkan. Beberapa pengunjung juga mengeluhkan tidak adanya perbedaan harga antara di toko buku dan pamer­an. Padahal, tujuan mereka datang ke pameran adalah mencari buku yang murah, yang diberi potongan harga cukup signifikan daripada harga di toko.

      (PALUPI PANCA ASTUTI/ Litbang Kompas)

       



      Comments
      rizal  - buku mura tetap jadi idaman     |2012-03-28 02:23:28
      bukux bagus dan saya ingin memakaix
      rizal  - buku murah tetap jadi idaman     |2012-03-28 02:24:52
      bukunya bagus
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Thursday, 08 March 2012 08:18  

      Items details

      • Hits: 74649 clicks
      • Average hits: 848.3 clicks / month
      • Number of words: 6076
      • Number of characters: 49541
      • Created 7 years and 4 months ago at Thursday, 08 March 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 4 months ago at Thursday, 08 March 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,794
      • Sedang Online 98
      • Anggota Terakhir CECEP ABDUL AZIS HAKIM

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9113157
      DSCF8768.jpg

      Kalender & Agenda

      July 2019
      S M T W T F S
      30 1 2 3 4 5 6
      7 8 9 10 11 12 13
      14 15 16 17 18 19 20
      21 22 23 24 25 26 27
      28 29 30 31 1 2 3

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC