.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Memaksakan Minat Membaca Pada Siswa 

      Oleh

      Agus Mulyana

      MEMAKSA siswa membaca rasanya terkesan otoriter dan tidak partisipatif. Tetapi perlu dilakukan. Dari dipaksa menjadi terpaksa, kemudian diharapkan jadi terbiasa.

      Dalam pelaksanaannya, memaksakan minat membaca tidak seekstrem baha-sanya. Justru dengan memaksakan minat membaca, dibutuhkan kete-rampilan dan kreativitas guru untuk memacu kepedulian siswa terhadap pentingnya membaca. Hal ini terjadi karena pada umumnya siswa yang ada di sekolah pinggiran relatif kurang peduli dengan pengetahuan umum yang ada dalam buku, koran, dan majalah. Kondisi seperti ini dilatarbelakangi lingkungan keluarga yang tidak kondusif karena berbagai faktor yang ujung-ujungnya bermuara pada faktor ekonomi.

      Seperti telah diketahui bahwa membaca adalah kunci untuk membuka gudang ilmu dan cakrawala luas pengetahuan. Telah banyak contoh, dulu maupun sekarang, mereka yang pendidikan formalnya tak begitu tinggi tapi banyak membaca pengetahuannya tak kalah bila dibandingkan dengan mereka yang mengenyam pendidikan formal tinggi. Sebut saja K.H. Agus Salim, Buya Hamka, Sutan Syahrir, dan budayawan Sunda saat ini, Ajip Rosidi. Pendidikan formal mereka tidak lebih dari sekolah lanjutan, bahkan ada yang di bawah itu. Namun karena kecintaan mereka yang begitu besar terhadap buku, akhirnya mengantarkan nama besar mereka ke dalam jajaran cerdik pandai bangsa ini. Saking pentingnya manfaat membaca, K.H. Agus Salim pernah mengemukakan pendapat yang populer bahwa “dunia tanpa buku ibarat malam tanpa cahaya. Semuanya menjadi serba gelap!”

      Pelaksanaan memaksakan minat membaca terhadap siswa, diawali dengan kecintaan guru terhadap buku. Guru sebagai figur pemberi semangat dan motivasi, harus memperlihatkan contoh bagaimana pentingnya membaca dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya harus ditunjang sarana buku, koran, atau majalah yang ada di sekolah. Jangan andalkan siswa untuk mencari sendiri bacaannya, sekolah atau gurulah yang harus menyediakan. Agar siswa benar-benar melaksanakan proses membaca, guru dapat memberi pe-rintah membuat rangkuman, meng-analisis, meresensi, atau membuat tanggapan terhadap isi buku atau sumber yang dimaksud.

      Pada tahap awal, kegiatan tersebut dilakukan secara berkala setiap se-minggu sekali. Dari sana akan terlihat siswa mana yang benar dalam melaksanakan tugasnya dan mana yang asal-asalan. Biasanya, dalam diri siswa yang benar-benar melaksanakan tugasnya tertanam rasa penasaran terhadap isi buku yang diperintahkan gurunya. Lewat proses pemaksanaan ini akan timbul sifat terpaksa yang akhirnya (mudah-mudahan) jadi terbiasa. Sekali lagi, untuk menumbuhkan minat membaca di kalangan siswa, diperlukan ketegasan dengan pola dipaksa, terpaksa, terbiasa.

      Sebagai reward atas kerja keras siswa, guru dapat memajang hasil karya siswa yang berbentuk resensi atau analisis dari buku yang dibacanya ke dalam majalah dinding. Biasanya, siswa akan bangga jika kar-yanya dipampang di majalah dinding.

      Kembali kepada ungkapan populer di kalangan pendidikan, “saya mendengar-saya lupa, saya melihat-saya ingat, saya berbuat-saya bisa”, maka dengan melihat (baca: membaca) buku diharapkan siswa akan bisa dan terbiasa untuk mencari ilmu pengetahuan yang salah satunya bersumber dari buku.

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 1479 clicks
      • Average hits: 11.6 clicks / month
      • Number of words: 580
      • Number of characters: 4428
      • Created 11 years and 8 months ago at Thursday, 04 June 2009 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,799
      • Sedang Online 67
      • Anggota Terakhir Messa Rahmania

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9133310
      DSCF8798.jpg

      Kalender & Agenda

      February 2020
      S M T W T F S
      26 27 28 29 30 31 1
      2 3 4 5 6 7 8
      9 10 11 12 13 14 15
      16 17 18 19 20 21 22
      23 24 25 26 27 28 29

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC