.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Menumbuhkan Minat Baca Di kupang

      SAAT ini jarang bertemu siswa atau masyarakat duduk berjam-jam sambil membaca di perpustakaan. Kalaupun ada, orang yang berada di perpustakaan itu lebih banyak mencatat, dan didominasi mahasiswa atau pelajar yang sedang menyelesaikan tugas. Banyak ruang perpustakaan sepi pengunjung karena mahasiswanya memilih duduk-duduk di halaman kampus. Tetapi menjelang ujian akhir, ruang perpustakaan seakan tak mampu menampung mahasiswa yang berjubel. Ketika ujian usai, ruang perpustakaan itu pun kembali sepi. Pada talkshow menumbuhkan minat baca yang berlangsung di Gedung Perpustakaan Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (8/8), Sastrawan Taufik Ismail menyodorkan sebuah angka minat baca di kalangan siswa sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) di Indonesia.

      Taufik Ismail mengatakan persentase kewajiban membaca buku bagi siswa sekolah menengah atas (SLTA) pada 1950 belum berubah sampai 2006, yakni tetap nol persen.

      "Jadi, sudan 56 tahun ini kita adalah generasi nol buku," kata Taufik Ismail dalam ar?ra yang juga dihadiri Duta Baca Indonesia 2006 Tantowi Yahya.

       

      Kegiatan ini diramaikan dengan pameran buku oleh tiga perwakilan penerbit di Kupang serta puluhan toko buku, dan instansi pemerintah, yang berlangsung pada 8-12 Agustus 2006. Taufik Ismail mengatakan melorotnya minat baca masyarakat Indonesia bukan akiudt kesalahan warga, melainkan k^oahhan sistem pendidikan. Dan pemerintah haruslah bertanggung jawab. Sistem pendidikan di Indonesia tidak mewajibkan membaca bukvi sehingga siswa hanya mampu r^embaca antara lima sampai tujuh buku-selama satu tahuii.

      Dia membandingkan minat baca pelajar di negara-negara Eropa yang mencapai 15 buku tiap tahun. Beda dengan pelajar di Ameril;? Serikat yang membaca 30 buku dalam satu tahun.

      Duta baca Indonesia Tantowi Yahya menuturkan bahwa minat baca seharusnya dimulai dari keluarga, yaitu menyediakan kebutuhan bahan bacaan kepada anaknya. Hal ini selaras dengan tema Duta Baca Indonesia 2006 yang menyebutkan keluarga sebagai rumah buku.

      Tetapi di rumah, kata Tantowi, anak-anak malah melewatkan waktu berjam-jam di depan pesawat televisi. Karena itu, tanpa figur orang tua yang memberi teladan membaca, Indonesia

      buku pelajaran sekolah dengan harga lebih murah 20% bila dibandingkan dengan harga toko. Pimpinan perwakilan penerbit Erlangga Kupang Wayan Suwirajana mengatakan selama tiga hari berpameran, 200 buku pelajaran terjual. "Minat anak-anak di Kupang membaca buku mulai tumbuh dan menunjukkan perkembanganmenggembirakan," kata Wayan PAMERAN BUKU: Beberapa penerbit buku mengelar pameran buku di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pameran ini untuk membangkitkan minat baca di daerah tersebut. sulit memiliki generasi pembaca. Pada konteks NTT, pakar komunikasi Universitas Nusa Cendana Alo Liliweri mengatakan minimnya minat baca bukan saja Jialami siswa dan mahasiswa, melainkan juga terjadi pada beberapa dosen dan guru besar.

      Sementara itu, ribuan warga Kota Kupang terutama siswa sekolah dasar (SD), SLTP, dan SLTA berbondong-bondong menyaksikan pameran buku yang digelar di halaman depan gedung perpustakaan. Para perwakilan penerbit menawarkan buku kepada Media Indonesia. Pada pameran itu digelar buku berbagai bidang seperti budaya, cerita rakyat, ekonomi, politik, sastra, pemerintahan, dan administrasi. Usai menggelar dialog, Tantowi Yahya menyanyikan dua nomor lagu berirama country, sementara Taufik Ismail membacakan puisi Rinduku pada Sumba yang ditulis tahun 1969. Puisi itu ditulis sebagai ungkapan kekaguman terhadap penyair asal Sumba yang tinggal di Yogyakarta, Umbu Landu Paranggi alias 'Raja Malioboro'. (Pake Amalo/O-2)

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Saturday, 03 March 2012 09:51  

      Items details

      • Hits: 800 clicks
      • Average hits: 8.7 clicks / month
      • Number of words: 5110
      • Number of characters: 46004
      • Created 7 years and 8 months ago at Saturday, 03 March 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 8 months ago at Saturday, 03 March 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 101
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9125301
      DSCF8803.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC