.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Pikiran Rakyat 24 November 2008

      Meningkatkan Gemar Membaca

      pada Guru & Siswa



      Forum guru

      Sudah tak terhitung lagi, tulisan yang menaingatkan pentingnya membaca. Akan tetapi, sampai sejauh ini tampak-nya membaca belum menjadi kebiasaan, apalagi membudaya, termasuk di kalangan guru dan sisiva.

      S

      EBAGAI seorang pendidik dan terdidik cobalah bertanya, berapa jam sehari waktu yang dipergunakan untuk memba­ca? Atau, berapa buku yang dibaca dalam seminggu, sebulan, atau setahun? Apakah Anda termasuk gemar membaca? Tampaknya, mem­baca memang sesuatu yang mudah dilakukan, tetapi sulit dilaksanakanya.

      Sejatinya, masyarakat Indonesia telah mengenal membaca sejak la­ma. Apabila kita dalami lebih dekat di kalangan tokoh-tokoh agama dan pesantren, membaca kitab (terma­suk kitab suci) sudah menjadi kebiasaan rutin sehari-hari. Sementara itu di lingkungan keraton, para bangsawan kerap membaca serat-serat berupa puisi dan ajaran hidup. Bahkan, tokoh proklamator Indonesia, Bung Karno dan Bung Hatta dapat dijadikan panutan dan model gemar membaca. Kedua proklamator tersebut menghabiskan banyak waktu di penjara dengan membaca dan belajar. Berbagai jenis buku bacaan, terbukti telah mengokohkan semangat perjuangan mereka dan memberikan inspirasi menentang kolonialisme dan imperialisme.

      Hams diakui dengan jujur, motivasi dan kegemaran membaca di kalangan guru dan siswa masih kurang. Membaca belum termasuk kebutuhan dan menjadi budaya. Wak­tu senggang lebih banyak dimanfaatkan untuk menonton televisi, bermain, mengobrol, atau mungkin melamun.

       

      Untuk menelusuri akar persoalan ini, menurut B.P. Sitepu (1999) rendahnya minat dan motivasi memba­ca terkait dengan kompetensi mem­baca, kebutuhan, lingkungan, dan ketersediaan bahan bacaan. Untuk itu, perlu dilakukan upaya pembinaan dan pengembangan.

      Pertama, kompetensi membaca. Kemampuan membaca adalah kemahiran menemukan, mengerti dan menafsirkan informasi tertulis dalam prosa dan dalam dokumen. Un­tuk mendorong guru dan siswa terbiasa membaca, sekolah perlu dilengkapi perpustakaan dengan berbagai jenis koleksi.

      Kedua, kebutuhan membaca. Pendidikan pada hakikatnya berlangsung terus-menerus sepanjang hayat (long life education). Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat dalam berbagai jenis in­formasi. Untuk dapat bersaing di era globalisasi, seseorang dituntut untuk memiliki keahlian dan pengetahuan yang mumpuni.

      Ketiga, lingkungan. Motivasi membaca awalnya berakar dalam diri. Kemudian akan berkembang dengan baik bila didukung ling­kungan yang kondusif, meliputi lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah.

      Tepat kiranya, bila orang tua dan guru memberikan penghargaan da­lam bentuk buku. Sekolah dapat merintis jam wajib baca bagi guru dan siswa selama setengah jam setiap hari atau sepuluh menit sebelum mata pelajaran dimulai. Sementara itu, masyarakat perlu didorong untuk tumbuh dan berkembangnya minat baca melalui gerakan masyarakat membaca (reading society).

      Keempat, bahan bacaan. Pe­ngembangan sarana dan prasarana perpustakaan dan taman bacaan adalah upaya nyata dalam melayani kebutuhan pembaca dan bahan ba­caan. Sekolah dan masyarakat memperkaya koleksi perpustaan dan taman bacaan dengan berbagai jenis bacaan yang bermutu. Peme-nntah dapat membantu dengan penyediaan anggaran khusus.

      Sesungguhnya banyak manfaat yang diperoleh dengan gemar membaca di antaranya, (a) memperluas wawasan, (b) dapat memahami bahasa dengan baik dan benar, (c) mendapatkan informasi berharga bagi kehidupan, dan (d) meningkatkan kecerdasan berpikir.

      Penulis, guru bahasa Indonesia MTs Negeri Rajadesa Kab. Ciamis.

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Saturday, 03 March 2012 08:32  

      Items details

      • Hits: 1245 clicks
      • Average hits: 13.4 clicks / month
      • Number of words: 5907
      • Number of characters: 52704
      • Created 7 years and 9 months ago at Saturday, 03 March 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 9 months ago at Saturday, 03 March 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 90
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9126533
      Jantung_Sekolah1.jpg

      Kalender & Agenda

      December 2019
      S M T W T F S
      1 2 3 4 5 6 7
      8 9 10 11 12 13 14
      15 16 17 18 19 20 21
      22 23 24 25 26 27 28
      29 30 31 1 2 3 4

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC