.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail
      Article Index
      Meretas Komunitas Baca
      Page 2
      Page 3
      Page 4
      All Pages
      Meretas Komunitas Baca

      Pada awalnya, klub buku dibentuk untuk tujuan komersial, yaitu dalam rangka mempromosikan buku-buku baru yang disponsori perusahaan penerbitan. Seiring dengan perjalanan waktu ternyata bahwa klub buku ini dirasakan efektif untuk membantu meningkatkan minat baca dimasyarakat. Kegiatannyapun semakin bertambah, tidak hanya sekadar promosi.

      Berdasar catatan sejarah yang ada, klub buku komersial pertama adalah Deutsche Buchgemeinschaft, perkumpulan yang didirikan di Jerman bersamaan dengan zaman kebangkrutan ekonomi nasional akibat PD I. Klub ini menyediakan buku yang lebih murah daripada toko-toko buku yang ada bagi para anggotanya. Di AS, Harry Scherman, seorang eksekutif bidang periklanan, mendirikan klub Book-of-the Month pada tahun 1926. Sasarannya adalah memberikan informasi kepada para anggotanya melalui surat, tentang karya-karya fiksi maupun non fiksi baru, terutama bagi para anggota yang tinggal di negara-negara yang hanya memiliki sedikit toko buku. Masih di AS, pada tahun 1927, Serikat Pujangga (Literary Guild) didirikan oleh H.K Guinzburg dari Penerbit Viking, untuk menawarkan karya-karya fiksi dengan harga yang lebih murah dari penerbitnya. Klub-klub buku lainnya yang kemudian bermunculan adalah klub-klub di negara Inggris, beberapa negara Eropa, dan terutama juga di AS.

      Beberapa klub buku melayani pembaca umum. Beberapa lainnya, melayani minat-minat baca pada bidang tertentu, seperti agama, sejarah, politik, hukum.psikologi. perkebunan, dan misteri. The Junior Literary Guild di AS dan the Heritage Society for Children di Inggris merupakan salah satu klub bagi para pembaca muda. Klub buku the Reader’s Digest, perkumpulan yang ada di Amerika, berhasil menghasilkan 4 karya dalam satu jilid.

      Klub-klub buku biasanya menawarkan sejumlah judul, yang dipilih oleh seorang pakar, dimana para anggotanya diharuskan untuk membeli paling tidak 4 buku dalam waktu 1 tahun. Para anggota baru tertarik untuk bergabung dikarenakan adanya penawaran harga buku yang sangat murah, bahkan terkadang buku-buku ini diberikan secara gratis sebagai bonus bagi para anggota yang telah lama. Klub-klub buku besar terkadang mencetak edisi mereka sendiri, dan klub-klub kecil membeli jilidan buku langsung dari penerbitnya. Banyak klub buku di AS, seperti “Double day’s Dollar Book Club” menawarkan harga eceran. Beberapa klub buku dimiliki oleh penerbit atau penjual buku. Contohnya di AS, Doubleday merupakan pemilik Literary Guild dan masih banyak klub-klub lainnya; The Book Club dan klub buku Inggris lainnya dimiliki oleh Foyle, penjual buku; dan The Club Degri Editori di Italia dikuasai oleh penerbit Mondadori. Yang lainnya, seperti the Book-of-the-Month Club dan The Book Society merupakan perusahaan independen.

      Terkadang perkembangan klub buku ini menjadi saingan beberapa penerbit dan penjual buku, yang merasa bahwa harga rendah dan promosi yang intensif oleh klub-klub buku, telah menurunkan angka penjualan toko buku. Akan tetapi, klub buku menyatakan bahwa justru mereka membantu orang-orang yang tinggal di tempat yang tidak ada toko bukunya, dan iklan-iklan yang gencar dilakukan juga menguntungkan semua penjual buku.

      Dari yang mulanya dilandasai faktor komersial, klub-klub buku sekarang berkembang dengan dilandasi faktor budaya dan mendapat sokongan yang positif dari pemerintah. Hal ini berkenaan dengan sebuah kenyataan bahwa kemajuan sebuah bangsa sangat berhubungan dengan tingkat keaksaraan (literasi) rakyatnya. Berikut ini adalah sebuah cerita manis tentang kegiatan bersama yang dilakukan oleh para guru, orang tua dan murid di sebuah sekolah dasar di New York. Mereka bersatu padu menyukseskan program klub pecinta buku yang tujuannya untuk menumbuhkan rasa cinta baca buku di kalangan murid dan orang tuanya. Kegiatan ini bermula dari keinginan para orang tua di Northwood Elementary School di Hilton, New York yang ingin terlibat lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah anak mereka. Maka munculah sebuah ide segar dari Dorothy Distefano untuk mendirikan sebuah klub pecinta buku di sekolah tersebut. Dorothy melihat betapa pentingnya manfaat dari membaca ini bagi para murid sekolah. Hal ini terbukti dengan hasil penelitian yang sering dia lakukan dan selalu mempunyai kesimpulan yang sama, yakni : Murid yang gemar membaca selalu punya nilai yang lebih tinggi di setiap tes ujian. Namun kebanyakan murid melakukan kegiatan membaca karena terpaksa bukan karena kesenangan pribadi. Sementara anggota keluarga yang sering berdiskusi mengenai suatu buku memiliki komunikasi yang bagus di keluarganya.



      Comments
      restu     |2010-07-20 12:33:12
      assalaamualaikum, wr, wb
      wah....ini site yang sangat bagus!! sangat
      informatif...
      maaf, saya mohon ijin copas beberapa artikelnya ya mas....buat
      referensi tulisan saya...
      terimakasih.. :)
      rizqi hasan  - mohon bantuan   |2010-10-12 20:49:10
      aku mahasiswa iip, mau neliti komunitas pecinta buku api di bukit menoreh.
      mohon saran referensi, arahan, dll. terimakasih
      rumah baca asah-asih-asuh     |2012-03-07 08:23:54
      sory
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 6149 clicks
      • Average hits: 53.9 clicks / month
      • Number of words: 3027
      • Number of characters: 22668
      • Created 9 years and 6 months ago at Tuesday, 02 June 2009 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,790
      • Sedang Online 117
      • Anggota Terakhir Kurnia Dhimas Putra Adhi

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9093760
      Dialog_Peradaban.jpg

      Kalender & Agenda

      December 2018
      S M T W T F S
      25 26 27 28 29 30 1
      2 3 4 5 6 7 8
      9 10 11 12 13 14 15
      16 17 18 19 20 21 22
      23 24 25 26 27 28 29
      30 31 1 2 3 4 5

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC