.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Media Indonesia 1 Agustus 2005

       

      Menteri Pendidikan Nasional

      BUDAYAliterasi bangsa ini masih minim, itu sih semua orang paham. Tapi, seberapa besar upaya yang telah dilakukan untuk mendongkrak budaya aksara di negeri ini, terutama oleh orang nomor satu di Departemen Pendidikan Nasional? Menumbuhkembangkan bu­daya membaca secara paralel mesti diimbangi pula dengan bu­daya menulis. Aktivitas menulis bisa memicu kebiasaan membaca. Dengan makin banyaknya bahan bacaan dan aktivitas membaca, seseorang perlu mengekspresikan pemikiran dan pendapatnya. Keduanya terbentuk secara otomatis dari aktivitas membaca tadi.

      Medium untuk bisa menulis dan memublikasikan tulisan itu haruslah diperbanyak. Agar publik negeri ini terangsang meningkatkan kualitas tulisan, perlu ada standar tertentu dan pemicu.

      Sayembara adalah cara strategis untuk memicu. Program itu bisa diawali dengan sayembara cerita pendek dan dilengkapi hadiah-hadiah menarik sebagai motivator. Memicu hasrat agar selahi ambil bagian pada kegiatan tersebut.

       

      Berkaitan dengan program sayembara menulis, festival atau sayembara membaca juga harus ditumbuhkembangkan. Tujuannya, aktivitas membaca bisa diterapkan sejak dini.

      Membaca di sini bisa berupa lisan atau nonlisan. Untuk mem­baca lisan, bisa dimulai dengan lomba baca puisi, cerita pendek, atau cuplikan novel. Di lain pihak, membaca nonlisan bisa dibuat dengan konsep kuantitas buku yang dibaca dan pemahaman akan materi yang dibaca. Sebagai langkah awal, buku-buku  ang diikutsertakan dalam iomba adalah buku-buku fiksi. Karena,  jenis buku itulah yang lebih mudah diserap atau dipahami banyak orang. Bagi anak muda di masa sekolah menengah pertama mau pun atas, itu adalah saat para tunas bangsa kita harus berhadapan dengan budaya jalanan yang keras. Belum lagi, budaya asing yang menerpa dan dipenetrasikan media. Maka itu, sebuah wadah atau penyangga tunas bangsa yang mampu mengayomi dan melindungi generasi muda dibutuhkan sekali.

      Salah satunya dengan membentuk jaringan perpustakaan swadaya yang didirikan pribadi maupun kelompok. Berdiri di kawasan suburban yang selama ini belum terfasilitasi. Jaringan perpustakaan itu bersifat multifungsi. Selairi berfungsi sebagai penyalur bakat generasi muda, perpustakaan bisa memberikan sebuah case atau tempat pelarian, tentunya dalam arti positif. Seperti, menghindari pengaruh negatif  jalanan seperti narkoba atau media.

      Di luar itu, sebuah perpusta­kaan yang didirikan secara swadaya harus memiliki kapasitas se­bagai mentor atau bahkan anutan bagi generasi muda. Sebuah per­pustakaan tidak hanya meminjamkan buku semata. Perpusta­kaan modern juga harus dilengka­pi kegiatan dan sarana lainnya, seperti pengadaan pelatihan se­cara berkala, kursus bahasa untuk mengerti literatur asing, integrated cafe yang menjual produk unik dari dalam dan luar negeri.

      Sedangkan, saat generasi muda sudah bisa menentukan jalan sendiri, idealnya diadakan pro­gram pengarahan yang berfungsi sebagai pengokohan jati diri. Maka program-program pertukaran mahasiswa atau pertukaran penalis muda keluar negeri harus jadi prioritas.

      Dengan demikian, wawasan bangsa ini akan semakin luas di masa mendatang. Menulis, buka mata, dan buka cakrawala.

      TaufikBulba,

      Kepala Jaringan Luar Stasiun/ Program Bahasa Asing/T-2

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Thursday, 30 May 2013 17:30  

      Items details

      • Hits: 9383 clicks
      • Average hits: 115.8 clicks / month
      • Number of words: 2111
      • Number of characters: 18844
      • Created 6 years and 9 months ago at Monday, 27 February 2012 by Administrator
      • Modified 5 years and 6 months ago at Thursday, 30 May 2013 by Suherman

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,788
      • Sedang Online 138
      • Anggota Terakhir Robertrab

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9091495
      DSCF8754.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2018
      S M T W T F S
      28 29 30 31 1 2 3
      4 5 6 7 8 9 10
      11 12 13 14 15 16 17
      18 19 20 21 22 23 24
      25 26 27 28 29 30 1

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC