.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail
      Article Index
      MEMBANGUN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MODEL
      Page 2
      Page 3
      Page 4
      Page 5
      All Pages

      b. Perabot dan Peralatan

      Disain perpustakaan sekolah memainkan peran utama menyangkut bagaimana perpustakaan melayani sekolah. Penampilan estetis perpustakaan sekolah memberikan rasa nyaman dan merangsang komunitas sekolah untuk memanfaatkan waktunya di perpustakaan.

      Perpustakaan sekolah yang dilengkapi secara tepat hendaknya memiliki karakteristik sebagai berikut:

      1.  
        • rasa aman

        • pencahayaan yang baik

        • didisain untuk mengakomodasi perabotan yang kokoh, tahan lama dan fungsional, serta memenuhi peryaratan ruang, aktivitas dan pengguna perpustakaan

        • didisain untuk menampung persyaratan khusus populasi sekolah dalam arti cara paling restriktif.

        • didisain untuk mengakomodasi perubahan pada program sekolah, program pengajaran, serta perkembangan teknologi audio, video dan data yang muncul.

        • didisain untuk memungkinkan penggunaan, pemeliharaan serta pengamanan yang sesuai menyangkut perabotan, peralatan, alat tulis kantor dan materi.

        • dirancang dan dikelola untuk menyediakan akses yang cepat dan tepat waktu ke aneka ragam koleksi sumber daya yang terorganisasi.

        • dirancang dan dikelola sehingga secara estetis pengguna tertarik dan kondusif dalam hiburan serta pembelajaran, dengan panduan dan tanda-tanda yang jelas dan menarik

       

      1. Penyediaan koleksi pustaka

       

      IFLA (International Federation Library Association) membuat standar yang mesti dipernuhi oleh perpustakaan sekolah, diantaranya adalah koleksi buku yang sesuai hendaknya menyediakan sepuluh buku per murid. Sekolah terkecil hendaknya memiliki paling sedikit 2.500 judul materi perpustakaan yang relevan dan mutakhir agar stok buku berimbang untuk semua murid. Paling sedikit 60% koleksi perpustakaan terdiri dari buku nonfiksi yang berkaitan dengan kurikulum.

      Di samping itu, perpustakaan sekolah hendaknya memiliki koleksi untuk keperluan hiburan seperti novel populer, musik, dolanan, komputer, VCD, majalah dan poster

      Materi semacam itu dipilih—selain oleh guru, kepala sekolah, dan pustakawan—juga bekerja sama dengan murid agar koleksi perpustakaan mencerminkan minat dan budaya mereka, tanpa melintasi batas wajar standar etika.

       

      3. Pengelola perpustakaan (SDM)

      Pustakawan sekolah adalah tenaga kependidikan berkualifikasi serta profesional yang bertanggung jawab atas perencanaan dan pengelolaaan perpustakaan sekolah, didukung oleh tenaga yang mencukupi, bekerja sama dengan semua anggota komunitas sekolah dan berhubungan dengan perpustakaan umum dan lain-lainnya. Pade fase awal cukup diperlukan pustakawan yang memiliki keterampilan dasar perpustakaan, seperti berikut:

      • Administrasi bahan pustaka (mulai dari stampling sampai pada shelfing)

      • Klasifikasi

      • Katalogisasi

      • Sirkulasi

      • Adminstrasi anggota

      • Statistik sirkulasi

       

      1. Penerapan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Sekolah

      Sistem Informasi Manajemen(SIM) Perpustakaan ini dirancang khusus untuk membantu perpustakaan dalam menjawab tantangan yang dihadapi dalam upaya peningkatan pelayanan dan menjalankan fungsinya sebagai “jantung sekolah”.

      Selain sebagai sistem informasi perpustakaan, program ini juga dapat menjadi pangkalan data. Sehingga memudahkan siapapun yang terhubung ke jaringan untuk mencari pustaka yang sesuai dengan keinginan sekaligus mendownload data–data yang memang boleh diambil tanpa perlu datang langsung ke perpustakaan. Secara garis besar fitur SIM Perpistakaan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

      • Pendataan koleksi perpustakaan

      • Pengaturan koleksi, pencetakan barcode, pencetakan bibliografi, katalog pengarang, katalog judul, katalog subyek, label dan lain-lain.

      • Pengaturan anggota perpustakaan, koleksi yang dapat dipinjam, lama peminjaman, maksimal peminjaman, dan pembuatan kartu anggota

      • Peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan

      • Usulan pengadaan koleksi, proses pengadaan koleksi, data vendor pengadaan, data pembandingan harga, anggaran serta desiderata pengadaan koleksi.

      • Laporan statistik penggunaan koleksi, pengunjung perpustakaan, statistik pengadaan koleksi dan lain-lain

      • Pembuatan kartu bebas pustaka dan lain-lain


      Seluruh fitur tersebut saling berkaitan satu sama lain, sehingga tidak perlu melakukan proses yang tidak perlu secara berulang-ulang serta memudahkan dalam pengelolaan perpustakaan



      Comments
      ono   |2009-06-28 23:25:33
      terimakasih banget ilmunya... semoga dapat menjadikan perpustakaan di sekolah
      saya menjadi perpustakaan yang sangat enjoy anak masuk ke dalamnya

      sdn
      tanjunganom 2
      Suherman   |2009-07-03 20:39:22
      Semoga demikian. Saudaraku MLI juga menuggu tulisan untuk berbagi. Ditunggu ya
      partisipasinya
      irawan     |2009-07-04 23:30:58
      ...akhirnya saya menemukan tulisan ini... sangat bermanfaat bagi saya untuk
      memotifasi diri saya...semangat!
      suherman   |2009-07-06 18:20:00
      ya, kita saling memotivasi dan menyemengati dalam rangka memajukan dunia
      keperpustakaan, minat baca, literasi, buta huruf, dan pendidikan Indonesia.
      Salam
      Reni   |2009-07-11 16:11:04
      terima kasih, telah berbagi ilmu
      ananshoheh   |2011-02-24 15:19:17
      blanck bget neh tnetng perpus, tolong bagi ilmuny donk ?
      indra halim   |2009-11-22 15:52:01
      Trima kasih atasinfonya.
      apakah sy dapat dibantu ,
      informasi,biaya,contoh2 yg
      ada,
      jika sy ingin membuat perpustakaan mini
      untuk sd di sorong,
      tks
      suherman   |2009-11-25 16:55:52
      Kita akan membantu apa yang dapat dibantu
      nikmat husein   |2009-12-21 02:21:41
      mas untuk kl prtmx saya menjadi penglola perpustkaan dsklah saya, klo blh tahu
      gmn crx untuk bs mengmbngkn perpustkaan agr bs mmpunyai bxk koleksi buku ?
      suherman   |2009-12-21 15:55:21
      banyak cara untuk melengkapi koleksi. Selainn membeli diantaranya dari sumbangan
      atau hibah dari pemangku kepentingan sekolah. Masalah ini dibahas dalam buku
      saya "Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah"
      Ida R. Djachrab  - Memaksimalkan ruang yang ada   |2010-02-21 16:08:39
      Idealnya perpustakaan seperti artikel yang tercantum di atas. Kenyataanya
      seringkali jauh dari harapan/keinginan. Seringkali kepentingan perpustakaan
      terkalahkan untuk kepentingan lainnya. Untuk tahap awal saya baru bisa
      memaksimalkan ruang perpustakaan yg seluas satu kelas untuk berbagai fungsi.


      khusus buku referensi disimpan di lemari terkunci (sis. layanan tertutup),
      sedangkan buku-buku lainnya menggunakan sis. layanan terbuka.

      Area baca
      merangkap area belajar dan menggunakan sistem lesehan (agar lebih muat banyak
      siswa. Area ini juga jadi area santai karena pada saat istirahat sering
      digunakan anak-anak untuk berbagai kepentingan (ngobrol, baca, dll)

      Area
      produksi, pengolahan bahan pustaka, pelayanan (peminjaman dan pengembalian)
      disatukan

      Bagaimana pendapat Bapak mengenai hal ini?
      anna  - minta saran   |2010-09-30 01:09:30
      hmmm baru baru ini saya ditunjuk sebagai koordinator perpusatakaan di sekolah
      tempat saya mengajar tanpa musyawarah...padahal saya sama sekali buta mengenai
      manajemen ataupun program program kerja yg berkaitan dengan
      perpustakaan...

      oleh karena itu saya minta saran dari anda, kiranya dapat
      memberi tahu saya program program kerja apa saja yg bisa di aplikasikan di
      perpustakaan...

      tolong jawabannya di kirim ke alamat email saya..

      atas
      perhatiannya, saya ucapkan terima kasih
      Umi  - Management Perpustakaan   |2010-11-15 20:07:09
      Mengelola perpustakaan kadang melelahkan apalagi koleksi buku sudah amat banyak.
      sehingga kita tidak bisa mengoptimalkan pelayanan.

      Ada software perpustakaan
      yang bagus untuk mengatasi persoalan tersebut. coba download gratis di
      www.sismadata.com
      suherman   |2010-09-30 17:36:33
      Silahkan baca buku saya PERPUSTAKAAN SEBAGAI JANTUNG SEKOLAH
      yayat duryatna  - Pustakawan sekolah     |2010-10-18 14:43:53
      saya amat sangat prihatin dengan nasib pustakawan sekolah karena keberadaannya
      dinomor duakan beda dengan keberadaan guru padahal saya yakin pustakwan sekolah
      perannya tidak kalah dengan guru dalam mengelola sumber-sumber belajar bagi anak
      didiknya...apakah ada aturan/peraturan pemerintah yang menempatkan pustakwan
      sekolah perannya sebanding dengan guru sehingga dari sisi salery dan jenjang
      kepangkatannya dikategorikan sama karena pustakawan sekolah juga perlu belajar
      dan skiil khusus.
      one gunawan  - pustakawan sekolah   |2012-06-24 08:58:31
      sebenarnya pustakawan menjabat sama dengan guru yaitu fungsional menurut PP no
      43 th 2007, tapi fungsional yang mana karena semua beda dengan guru, kadang saya
      juga bingung katanya fungsional, mungkin dikarenakan sebagian besar tidak tahu
      bahwa pustakawan itu jabatannya fungsional bukan struktural.
      metlin pandiangan   |2010-10-19 20:19:38
      mmmmmmmmmmmmmm

      saya senang sekali dgn judul ini,,

      ini membuat saya bisa
      menggali semua wawasan saya

      terimakih banyak
      mardi  - mohon bantuan masukanya   |2010-11-26 15:10:42
      assalamualaikum wr wb
      saya dari jakarta tepatnya di MTs 29 Jakarta, ingin
      menanyakan tentang perpus Bagaimana membangun perpustakaan awal mulanya tolong
      terangkan secara teknis ?
      Suherman   |2010-11-26 16:22:07
      Sudah dibahas dalam buku "Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah"
      Rahma     |2011-04-01 19:48:20
      Thanks infonya moga perpustakaan di skul sy jauh lebih baik dan dapat sesuai
      standar internasional :)
      rois wahidaturohmah  - mohon bantuanya     |2011-04-14 16:04:38
      saya ada tugas membuat rancangan gedung perpustakaan dengan lahan 1000
      meter,harus memenuhi luas perpus yg ideal,jumlah koleksi ideal,mebelair kemudian
      ruangan yg mencakup:sirkulasi udara,cahaya langsung atau buatan,kebisingan dan
      berapa kelembabanya tolong bantu saya untuk menjawab pertanyaan ini terimakasih
      Suherman   |2011-04-15 23:53:57
      Sebagian dapat terjawab di buku saya "Perpustakaan sebagai Jantung
      sekolah" selebihnya memang harus banyak diskusi dan lihat kondisi.
      rahama   |2011-06-22 05:15:53
      saya adalah koordinator sebuah perpust sekolah setingkat SMA.saat ini minat baca
      siswanya cukup bagus namun sayang koleksi yang dimilki sangt terbatas,banyak
      buku yang sudah tua usia tahunnya.ini bikin trenyuh hati sedang sekolah
      sangatlah terbatas sekali untuk dana dalam pengadaan buku perpust.gimana ya
      caranya untuk pengadaan buku bagus n baru tapi murah atau mungkin bisa
      gratis....hi...hi...
      eko maruanto  - sehari 1 buku sebulan jadi risalah ilmu   |2011-07-18 23:29:09
      Mudah-2han apa yg saya bc dapat menjadi dasar pengaturan perpustakaan diskolah
      kami guna pengembangan minat baca siswa khususnya dan penelitian pengembangan
      tata ruang, dekorasi perpustakaan sekolah.
      Ahmad Suhada  - Pembuatan Katalog   |2011-10-25 18:43:36
      Assalamua;alaikum
      Saya pengelola perpustakaan MTs Al-Burhan Bandung, sejauh ini
      saya masih kesulitan dalam hal mengelola perpustakaan sekolah, yaitu salah
      satunya cara membuat katalog, bagaimana cara yang efektif untuk membuat katalog
      untuk buku-buku perpustakaan sekolah. Apakah dalam bentuk kartu, buku, dan
      sebagainya. Mohon Saranyanya bagi pengembangan Perpustakaan Saranya kami
      Anonymous   |2011-10-26 20:46:03
      Untuk Pak Ahmad Suhada, silahkan baca buku "Perpustakaan Sebagai Jantung
      Sekolah" karangan Suherman
      Indah fitriani   |2012-01-06 02:24:34
      saya pengelola perpustakaan SLB N 2 Pemalang saat ini saya masih menyelesaikan
      studi di jurusan D2 perpustakaan semester 5, saya masih banyak kesulitan di
      dalam mengelola perpustakaan mengingat perpustakaan yang saya kelola adalah
      perpustakaan untuk anak berkebutuhan khusus karena minimnya buku-buku tentang
      anak berkebutuhan khusus saya mohon saran bagaimana cara pengadaan buku-buku
      untuk anak berkabutuhan khusus. trima kasih.
      Anonymous   |2012-01-06 19:30:59
      Hubungu Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI). Dia sedang punya
      kegiatan yang sesuai dengan yang Indah Fitriani maksud
      vera   |2012-03-07 20:14:20
      saya senang membaca judul ini dan bertepatan saya bekerja di smk santa maria
      khusus nya perpustakaan nya.
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 41835 clicks
      • Average hits: 334.7 clicks / month
      • Number of words: 4017
      • Number of characters: 31967
      • Created 11 years and 5 months ago at Tuesday, 02 June 2009 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 135
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9125027
      bacalah.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC