.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail
      Article Index
      MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT
      Page 2
      Page 3
      Page 4
      Page 5
      Page 6
      All Pages

      MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT

      Penulis: H. Athailah Baderi (130359318)

      Makalah ini disampaikan pada Pengukuhan Pustakawan Utama
      [unduh file karya ilmiah ini]

      Tanggal masuk:21 Maret 2006

       

      PIDATO PENGUKUHAN PUSTAKAWAN UTAMA

      PERPUSTAKAAN NASIONAL RI


      Assalamu’alaikum wr.wb.

      • Bapak Kepala Perpustakaan Nasional RI yang saya hormati;

      • Para Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional Pustakawan dalam lingkungan Perpustakaan Nasional RI dan Instansi lainnya;

      • Para undangan, hadirin yang berbahagia;

      • Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang selalu melimpahkan nikmatnya yang begitu banyak kepada kita hingga saat ini, sehingga bilamana kita mau menghitungnya maka pastilah tidak ada di antara kita yang dapat menentukan berapa jumlahnya.

      • Terimakasih yang sedalam-dalamnya saya sampaikan kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI Bapak Drs. Dady P. Rachmananta, MLIS yang telah memperkenankan saya sebagai salah seorang yang dipercayakan beliau untuk menyampaikan Orasi Ilmiah pada saat ini.

      • Terimakasih yang sedalam-dalamnya pula tidak luput saya sampaikan kepada Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Ibu Hj. Suprihati, SH, MBA yang telah mendorong saya untuk turut serta dalam Orasi Ilmiah saat ini. Demikian pula kepada Kepala Pusat Pengembangan Pustakawan Ibu Hj. Kartini, SH beserta seluruh Staf beliau yang dengan penuh sabar menunggu penyelesaian penyusunan Orasi saya ini yang tertunda-tunda, lantaran penyakit polycitimeapera (kekentalan darah) memaksa saya untuk tidak bisa beraktivitas selama 3 (tiga) minggu dan mengharuskan untuk flebotomi yaitu membuang darah saya sebanyak 750 cc.

      • Bapak Kepala Perpustakaan Nasional RI yang saya hormati para pejebat struktural dan pejabat fungsional Pustakawan di lingkungan Perpustakaan Nasional RI dan Instansi lainnya serta para hadirin yang berbahagia.

       

      Perkenankanlah dalam kesempatan ini saya membacakan pidato Ilmiah saya yang berjudul :

       

       

      MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT

      MELALUI SUATU KELEMBAGAAN NASIONAL

      Wacana Ke Arah Pembentukan Sebuah Lembaga Nasional

      Pembudayaan Masyarakat Membaca

      Oleh : Drs. H. Athaillah Baderi

       

      I. KATA PENGANTAR

      Wacana pembentukan sebuah Lembaga Nasional Pembudayaan Masyarakat Membaca, semula saya lemparkan dalam forum Seminar Nasional dan Pembentukan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) pada tanggal 23 s.d 25 Oktober 2001 di Istana Bogor. Ide tersebut menggelembung pada Sidang Komisi C hingga melahirkan Rekomendasi.

      Selanjutnya untuk yang kedua kalinya saya coba mengangkat wacana ini dalam Rapat Koordinasi Nasional Perpustakaan Nasional R.I pada tanggal 2 s.d 5 Juni 2003 di Anyer Provinsi Banten melalui sebuah makalah sumbangan saya yang berjudul : “Gerakan Nasional Membaca Melalui Pelembagaan; Suatu Pemikiran ke Arah Akuntabilitas Pemerintah”. Seluruh peserta Sidang Komisi III memberikan tanggapan dan sepakat untuk mengusulkan Pembentukan Dewan Pengembangan Perpustakaan dan Minat Baca.

      Konon menurut Sahibul Hikayat, dalam Upacara Pencanangan Gerakan Membaca Nasional yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri pada tanggal 12 November 2003 di Istana Negara Jakarta, Menteri Pendidikan Nasional A. Malik Fadjar dan Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno serta Kepala Perpustakaan Nasional Dady P. Rachmananta telah menandatangani Deklarasi Pencanangan Gerakan Membaca Nasional. Dari sepuluh butir pernyataan yang ditandatangani, di antaranya butir satu menyatakan Membentuk Badan Pengembangan Budaya Baca Nasional (BPBBN).

      Pada mulanya saya merasa lega dengan penandatangan deklarasi tersebut karena wawasan yang saya mimpikan sejak tahun 2000 ketika saya mulai bertugas sebagai pustakawan pada Perpustakaan Nasional RI, telah membumbung tinggi di udara di atas Istana Negara. Namun, ternyata balon mengempis tanpa suara dan tanpa tanda-tanda, jatuh ke bumi, tiada seorang pun tahu dan peduli. Nurani kecil saya berdialog dengan bahasa hati yang berbunyi “ Beginikah bangsaku Indonesia, beginikah perpustakaanku yang hanya bisa berhura-hara dalam acara serimonial yang megah dengan mudahnya membuat keputusan-keputusan tanpa ditindak lanjuti ?

      Di saat Munas II dan Seminar Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) pada tanggal 1 s.d 2 Maret 2005 di Hotel Century Park Jakarta, untuk kesekian kalinya saya coba meniup kembali balon wawasan pembentukan Lembaga Nasional Pembudayaan Masyarakat Membaca itu. Sebuah komisi melahirkan rekomendasi perlunya pembentukan suatu Badan Nasional Pembinaan Minat Baca Masyarakat. Namun dimana rimbanya rekomendasi itu, entah sudah disampaikan kepada para pengambil keputusan atau masih tersimpan dalam arsip, wallahu a’lam bissawab.

      Pada kesempatan Orasi Ilmiah Pengukuhan Pustakawan Utama saat ini perkenankanlah saya mengulas kembali wawasan pembentukan Lembaga Nasional Pembudayaan Masyarakat Membaca dengan harapan akan menemukan kesepahaman jalan pikiran dengan para hadirin dalam acara ini. Selanjutnya bersama-sama memperjuangkannya pembentukannya tanpa reserve dan diharapkan ada sebuah panitia pengambil inisiatif untuk mewujudkan ide dimaksud. Meskipun saya menyadari mungkin dalam benak pikiran sebagian orang bahwa membentuk sebuah lembaga baru bukanlah suatu solusi yang menarik dalam mengatasi masalah minat baca. Tetapi pengalaman selama 34 (tiga puluh empat) tahun bergelut didunia perpustakaan yang mengusahakan peningkatan minat baca hanya dengan seminar kesenian yang tidak membuahkan apa-apa maka hanya berketetapan hati untuk mengangakat masalah minat baca kecuali dengan membentuk suatu lembaga baru.



      Comments
      muh asrul putratama anwar   |2010-01-14 21:12:07
      makasih pak atas informasinya.
      saya dari uin alauddin makassar angkatan 2007.
      Abdul Adzim   |2010-06-10 05:03:51
      Faktor apa saja yg menjadi penyebab turunnya minat baca
      Suherman   |2010-06-10 16:38:51
      Mungkin yag dimakud faktor rendahnya minatbaca. Soalnya kalau minat baca sudah
      bagus biasanya jarang turun. Ada dua faktor besar yaitu struktural dan kultural.
      Lebih lanjut silahkan baca artikel "Pelatihan Meningkatkan Minat
      Baca....."
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 164134 clicks
      • Average hits: 1402.9 clicks / month
      • Number of words: 5949
      • Number of characters: 47365
      • Created 9 years and 9 months ago at Thursday, 04 June 2009 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,794
      • Sedang Online 111
      • Anggota Terakhir CECEP ABDUL AZIS HAKIM

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9103596
      DSCF8754.jpg

      Kalender & Agenda

      March 2019
      S M T W T F S
      24 25 26 27 28 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30
      31 1 2 3 4 5 6

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC