.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      JEJAKLANGKAH

      Selalu Bangga dengan Batik


      Senyum ramah terkembang dan sapaan hangat terlontar dari ' HokkySitungkirketikaditemui di kantornya, Bandung Fe Institute, Jalan Sarmadu Permai, Sarijadi, Kota Bandung, belum lama ini. Penam-pilannya rapi. Jaket batik membekap tubuhnya, tak mengurangi kesan ka-sual.

      Bukan sebuah kebetulan bila Hok-ky mengenakan busana batik. Pakai-an khas Indonesia itu seolah menu wajib bagi ilmuwan muda berprestasi ini. Dalam banyak kesempatan dia mengenakannya. "Batik itu cantik, apalagi setelah mengetahui f ilosofi-nya," kata Hokky. Penerima Bakrie Award 2011 bidang sains ini mengaku semakin jatuh cinta pada batik sete­lah melakukan penelitian tentang kain asli Indonesia tersebut.

      Melalui penelitian fisika batik, Hokky mendata sekitar 200-300 motif batik. Ratusan motif itu lantas dihi-tung dimensinya dan dilakukan uji hipotesis. Hasilnya, ternyata ditemukan karakteristik geometris fraktal dari dimensi dan polanya. Dari berbagai ribu motif batik, rupanya geometri fraktal masih konsisten, terrnasuk karya batik kontemporer.

      Fraktal dapat diartikan benda geo­metris yang kasar pada segala skala dan terlihat dapat dibagi-bagi dengan cara yang radikal. Dalam penelitian tersebut, pada batik-batik tua yang diteliti tidak pernah ada lukisan yang tumpangtindih.

      Hokky menyatakan,batik takse kadar kain, tetapi di dalamnya terdapat filosofi dan sejarah. "Bukankah sangat menyenangkan mengetahui makna dan cerita di balik apa yang kita kenakan sehari-hari," kata dia.

      Lahir di Siantar, SumateraUtara, 7 Februari 1978, Hokky merupakan peneliti Surya Research International dengan berbagai area penelitian interdisipliner. Hokky meneliti studi artificial societies and social simulations, memetics and cultural studies, dynamical system analysis, dan neural network and statistical modeling.

      Putra S Situngkir ini merupakan salah seorang pendiri Bandung Fe Institute (BFI), organisasi penelitian kompleksitas pertama di Indonesia. Ketika masih berstatus mahasiswa ITB, ia merupakan anggota Majelis Permusyawaratan Mahasiswa di Himpunan Mahasiswa Elektroteknik, Tim Materi Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa ITB, Kepala Divisi Dana Tim Beasiswa KM ITB, dan Kepala Divisi Budaya Unit Kesenian Su-matera Utara ITB. Puluhan publikasi penelitiannya telah diterbitkan di berbagai jurnal dalam dan luar negeri.

      Dunia penelitian diakui pria asal Medan ini sudah digelutinya sejak kuliah. Hingga saat ini pun waktunya banyak dihabiskan untuk kegiatan penelitian. "Saya saat ini fulltimer sebagai peneliti di BFI.

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 1215 clicks
      • Average hits: 13.5 clicks / month
      • Number of words: 1416
      • Number of characters: 12197
      • Created 7 years and 6 months ago at Tuesday, 08 May 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,797
      • Sedang Online 121
      • Anggota Terakhir Suwardi

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9124773
      Dialog_Peradaban.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC