.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Peminat IBF Diyakini Melonjak

      Ferry Kisihandi

      Judul buku yang ditawarkan semakin banyak.

      JAKAKTA Penyelenggaraan Islamic Book Fair (IBF) 2012 diyakini akan kembali menarik banyak pengunjung, bahkan akan melebihi jumlah tahun sebelumnya. Selain masyarakat umum, panitia sengaja mengundang pesantren dan organisasi Islam hadir dalam pameran yang akan berlangsung pada 9-18 Maret dan telah memasuki tahun ke-11. Lokasi pameran berada di Istora Senayan, Jakarta.

      Ketua Panitia IBF ke-11 Khaerudin mengatakan, ada 1.280 undangan yang akan disampaikan ke pesantren dan organisasi Islam, sebanyak 800 di antaranya telah terkirim. Ini tak hanya pesantren di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadebotabek), tetapi juga di wilayah lain di Jawa Barat, seperti Tasikmalaya, Garut, dan Sukabumi.

      Undangan dilayangkan pula ke pesantren di Jawa Tengah. Pada tahun lalu, banyak pula santri-santri pesantren dari sana yang hadir di IBF. "Kami berharap, mereka juga datang pada pameran tahun ini," kata Khaerudin di Jakarta, Selasa (7/2). Kerja sama dijalin pula dengan Pesantren Modern Gontor melalui majalah Gontor.

      Dengan jaringan Gontor yang luas, jelas dia, semoga banyak santri dan mitra pesantren itu secara masif mendatangi Istora. Apalagi, tema yang diangkat pada IBF kali ini adalah "Kuat dan Mandiri dengan Pendidikan Islam". Khaerudin mengatakan, IBF menjadi sumber ilmu yang berlimpah karena banyak buku yang beredar di pameran itu.

      Pengunjung bisa memperoleh buku yang dibutuhkan dan menuai ilmu. Tentu saja, ujar dia, ini menjadi salah satu bagian upaya mendorong pendidikan Islam dan melengkapi kian menjamurnya lembaga pendidikan berupa sekolah Islam. la mengatakan, pada IBF 2011, jumlah pengunjung mencapai 375 ribu orang.

      Pada IBF 2012, kata Khaerudin, panitia berharap terjadi peningkatan menjadi 395 ribu hingga 400 ribu pengunjung. Pengunjung yang begitu banyak juga diimbangi dengan ragam buku yang disajikan di ajang pameran. Pada IBF ke-11, diperkirakan akan ada 1.850 judul buku yang ditawarkan para penerbit, lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 1.250 judul.

      Penerbit memiliki kesempatan luas untuk memperkenalkan produk-produknya, baik berupa buku, Alquran, maupun ensiklopedi. Di pameran, mereka juga bisa berinteraksi langsung dengan konsumennya, memperoleh masukan a'tas produk-nya, serta memberi Selain berharap pada masyarakat umum, panitia mengundang 1.280 pesantren dan organisasi Islam serta menggalang kerja sama dengan Pesantren Modern Gontor. meberikan potongan harga atas buku yang dijual-nya.

      Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta Afrizal Sinaro menyatakan, tren kenaikan pengunjung menandakan minat baca umat Islam di Indonesia terdongkrak. Daya beli mereka juga membaik, terbukti dengan besarnya transaksi selama pameran. "Membeludaknya pengunjung juga kami ar-tikan bahwa keinginan mendalami Islam terus membaik," ujarnya.

      Bahkan, dari pengamatan Ikapi, jelas dia, mereka yang mendatangi IBF sebagian besar adalah orang-orang muda. la merasa senang karena IBF hingga tahun ke-11 ini masih menjadi magnet bagi umat Islam dan ia berkeinginan itu menjelma sebagai aktivitas tahunan yang terus-menerus lebih baik dan menjadi syiar Islam.

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 399 clicks
      • Average hits: 4.4 clicks / month
      • Number of words: 1767
      • Number of characters: 14586
      • Created 7 years and 6 months ago at Tuesday, 08 May 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 83
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9125041
      bacalah.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC