.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Mengenalkan Islam Lewat Bacaan


      Setiap  anak  pasti  senang   membaca   atau mendengarkan dongeng. Masa ini harus dimanfaatkan dengan menyuguhkan  cerita-cerita yang mengandung nilai-nilai. Sebagai Muslim, nilai-nilai yang ha­rus ditanamkan tentunya bersumber dari Alquran dan hadis. Misi ini yang ditanamkan  penulis  cerita  Islam, Rani Yulianty (31 tahun). Dia berha-rap, setelah membaca karya-karya-nya, akan terbentuk anak-anak Islami yang    memiliki kualitas Qurani.

      "Saya mengenalkan nilai-nilai Islam, keteladan para Nabi, dan sahabat melalui dongeng dan komik agar anak-anak paham dan mengerti Islam. Ceritanya dikemas dengan menarik, kaya warna, dan tidak menggurui sehingga tidak bosan membacanya," papar Rani kepada Republika.

      Kebetulan dunia dongeng bukan hal baru baei Rani. Seiak kecil dia senang membaca dan ra]in menulis komik. Namun, ia belum pede mengirimkan karyanya ke majalah. Karya-karyanya baru dibaca oleh sebatas teman-teman di sekolah. Lulus kuliah dari Sastra Bahasa Indonesia UPI Bandung, semangat menulis Rani semakin menggelora. Ide cerita semakin menumpuk dan tinggal dituangkan dalam bentuk tulisan. Na­mun, hal itu tidak semudah yang dibayangkannya. Karya perdana perempuan yang masa kecil hingga remaja dihabiskan di Sukabumi, Jawa Barat, ini sempat ditolak pihak penerbit.

      "Naskah ditolak bukan berarti karya saya jelek," pikir Rani menyemangati dirinya sendiri. Dia mencoba menyelami karak-teristik yang diinginkan penerbit. Dari sana perempuan berkerudung ini mendapat sinyal. Akhirnya, karya pertamanya seri petualangan Negeri Atmosphere bisa tembus ke pasaran Dari media buku, Rani merambah pada komik video dan audio (CD). Menurutnya, media ini sedang tren dan peluang ke depannya bagus. Ba-sisnya tetap dongeng, tetapi dalam bentuk digital. Rani turut andil mengisi suara dan memainkan bo-neka jari saat menampilkan dongeng di video. "Semuanya kita kemas sangat sederhana. Menggunakan boneka jari serta videonya ngeshoot dari BB, tapi antuasiasme anak-anak luar biasa," ujarnya kagum.

      Media digital ini salah satu alternatif bagi orang tua yang tidak sempat membacakan dongeng buat anaknya. Caranya mudah saja, ting­gal disetel atau diputarkan videonya, lalu anak-anak mendengarkan atau menonton.

      Rani yang kaya ide kini sedang mempersiapkan konten baru cerita anak-anak yang dikemas dalam web­site. Sebelumnya, dia bersama geng-nya membuat komunitas Cerita Anak Islam dengan website ceritaanak-islam.org. "Website ini sudah dibeli pihak ketiga untuk dikelola lebih profesional lagi," paparnya.

      Sementara pada konten baru nanti, Rani menyediakan media yang lebih luas lagi. Tidak hanya bacaan, tetapi lengkap dalam bentuk audio (mendengarkan cerita Red) dan video. Semua fasilitas ini diberikan secara gratis, tinggal mengunduh, mengopi, lalu menyetel. Masalah keuntungan finansial, diakui Rani, ti­dak ada. Karena, misi utamanya ingin share pada anak-anak melalui dongeng yang bermutu. "Konten ini lagi digarap, semoga saja bisa segera terwujud," ungkapnya. Ide cerita mengalir dari mana pun, saat menonton televisi, membaca buku, atau browsing internet. Sebelum ide-ide itu menghilang, ditampung dalam 'bank ide/naskah'. Bank ini, kata Rani antusias, sebagai tabungan tulisan yang di dalamnya berupa ringkasan atau garis besar cerita. Kalau ada yang membutuhkan atau ada waktu luang tinggal mengembangkan ceritanya.

      Kegiatan menulis diakui perem-puan ramah ini tidak dilakukan secara intensif. Kegiatannya lumayan padat. Saat ini Rani bekerja di perusahaan, di samping juga kuliah S2 di Sastra Kontemporer Unpad Ban­dung. Untungnya tempat ia bekerja masih mendukung dunia menulisnya. "Di waktu luang atau ada pesanan, baru menyempatkan menulis," ujar-nya. "Kalau sudah deadline, justru semangat menulis semakin kencang, pernah setengah jam bisa kelar."

      Rani yang mendapat dukungan kuat dari suami dan keluarganya saat ini sedang melakukan tesis untuk menyelesaikan S2. Tesisnya tidak jauh-jauh dari bacaan anak. "Objek penelitian saya tentang cerita rakyat untuk anak-anak. Ada beberapa cerita yang akan dijadikan sample," ujarnya berpromosi. Pilihannya ini merujuk kekayaan cerita rakyat yang ada di Indonesia. Setiap daerah pasti mempunyai cerita rakyat. Kalau digali, tidak akan ada habisnya.

      Dalam berkarya, pernahkah Rani mengalami mandek? "Alhamdulillah, kalau sampai mandek tidak pernah," kata istri Fauzi Nurhasan ini. Kalau mandek, biasanya karena kurang membaca. Karena kalau sudah membaca, ide akan berdatangan dan ingin segera dituangkan ke dalam bentuk tulisan.

      Kalau ditanya suka dan duka, pasti ada. Rani memerinci, sukanya kalau buku sudah terbit, ada yang meresensi, direspons pembaca, dan laris manis di pasaran. Sedangkan dukanya, selain pernah ditolak, per­nah juga menerima tawaran menulis dari agen. Bukunya laris manis sam­pai cetak ulang, tapi keuntungan pas-pasan. Semua ini menjadi pengalaman berharga untuk lebih maju.




      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 449 clicks
      • Average hits: 4.9 clicks / month
      • Number of words: 2126
      • Number of characters: 18520
      • Created 7 years and 7 months ago at Tuesday, 08 May 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 134
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9127062
      DSCF8768.jpg

      Kalender & Agenda

      December 2019
      S M T W T F S
      1 2 3 4 5 6 7
      8 9 10 11 12 13 14
      15 16 17 18 19 20 21
      22 23 24 25 26 27 28
      29 30 31 1 2 3 4

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC