.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Macam-macam Membaca


      MESKI kerap diasosiasikan dengan proses belajar, membaca sebenarnya kegiatan yang menyenangkan dan kerap dilakukan sebagai pengisi waktu senggang. Ada banyak hal yang dapat dibaca dewasa ini, mulai dari buku, makalah, surat kabar, majalah, hingga internet. Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa ada beragam teknik membaca. Bagi mereka, membaca adalah membaca. Tidak ada perbedaan antara membaca koran dan membaca buku teks, atau bahkan dibandingkan dengan membaca komik. Padahal, masing-masing membutuhkan tingkat konsentrasi dan kecepatan yang berbeda.

      Untuk membaca efektif, pertamatama kita harus memahami dulu tujuan membaca. Ada membaca yang dilakukan untuk memperoleh informasi, menambah wawasan, atau sekadar menghibur diri. Berikut ini adalah sejumlah teknik yang lazim digunakan dalam membaca, disesuaikan dengan tujuannya.

      1. Membaca sekilas (scanning). Gunakan teknik ini untuk mencari informasi tertentu dari suatu buku/makalah, seperti sebuah definisi atau judul bab tertentu. Misalkan, Anda sedang membuat tinjauan tentang sebuah novel dan mendadak lupa nama 'salah seorang tokoh yang tertembak mati. Anda tidak perlu membaca keseluruhan novel untuk mengetahui hal tersebut, cukup membaca sekilas pada yang memuat kejadian penembakan tersebut.

      2. Skimming. Teknik ini mirip dengan scanning, hanya saja tujuannya untuk gambaran ringkas akan isi suatu buku/makalah. Jika ingin menyelesaikan beberapa judul buku selama akhir pekan, Anda mungkin tidak dapat menyelesaikannya jika membaca buku tersebut satu per satu. Cukup membaca secara


      skimming   dan Anda    akan    memperoleh gambaran secara umum dari tiap-tiap buku.

      3. Membaca untuk memahami. Teknik ini banyak digunakan untuk membaca buku-buku nonfiksi yang cenderung rumit. Membaca dilakukan dengan lebih perlahan, mendalam dan terkadang diulang-ulang, sehingga menetap dalam ingatan. Untuk mengulang, dapat digunakan teknik skimming.

      4. Mengeja. Teknik ini digunakan jika bacaan menyangkut istilah-istilah asing atau teknis. Tujuannya agar pengejaan nama tidak salah dan nama tersebut benar-benar menancap dalam ingatan.

      5. Mencatat. Jika sudah menyangkut materi bacaan yang banyak, catatan-catatan kecil berupa kata kunci atau "jembatan keledai" akan sangat membantu untuk mengingat keseluruhan bacaan. [ACA] ,

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 602 clicks
      • Average hits: 6.6 clicks / month
      • Number of words: 1622
      • Number of characters: 13717
      • Created 7 years and 7 months ago at Tuesday, 08 May 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 72
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9127076
      DSCF8798.jpg

      Kalender & Agenda

      December 2019
      S M T W T F S
      1 2 3 4 5 6 7
      8 9 10 11 12 13 14
      15 16 17 18 19 20 21
      22 23 24 25 26 27 28
      29 30 31 1 2 3 4

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC