.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Lewat Maryam Melawan Diskriminasi

      Berbagai peristiwa sosial di Tanah Air sepertinya menjadi sumber tema yang segar dan , bisa diolah Okky menjadi karya novel yang memukau, Rabu (7/3) Okky menyelesan novel ketiganya, Maryam, yang menyentuh. Tema yang diangkat adalah tentang toleransi keyakinan dengan kasus diskriminasi terhadap kelompok Ahmadiyah. "Sebelumnya tema keragaman beragama juga muncul di novel Entrok. Ada hal lain yang lebih disuarakan dalam Maryam, yaitu kelompok minoritas yang kehilangan haknya karena keyakinan yang mereka menganut," kata pengagum Pramoedya Ananta Toer ini. la pun membenarkan pemilihan tema Ahmadiyah karena akhir-akhir ini penanganan kasusnya semakin tidak jelas.

      Dalam novel ini tokoh Maryam diceritakan sebagai penganut Ahmadiyah karena mengikuti orangtuanya sejak kecil. Maryam dan keluarganya mengalami setidaknya pengusiran besar-besaran selama dua kali. Enam tahun berlalu, tapi kejelasan mengenai nasib mereka tak kunjung datang.

      Novel Maryam didahului dengan riset mendalam di Lorabok. Untuk mendapatkan data akurat, Okky mendatangi GedungTransito di Mataram, tempat sekitar 200 orang Ah­madiyah mengungsi. "Di sana saya menanyakan langsung kejadian yang mereka alami saat pengusiran, bagaimana kehidupan mereka di tempat pengungsian dan apa harapan mereka," jelasnya.

      Menurut Okky, kekecewaan tergambar jelas dari wajah-wajah mereka. Dalam satu aula besar, mereka membuat sekat-sekat kain untuk dijadikan kamar beralaskan tikar. Dapur dan kamar mandi hanya satu untuk ratusan orang tersebut.

      "Saya miris karena hukum Indonesia tak berjalan. Mereka terusir dari tanah kelahiran sendiri. Rumah mereka dirusak dan dibakar. Saat saya mengunjungi rumah-rumah mereka yang sebenamya, ternbok bangunan sebagian besar masih berfondasi tapi dalam keadaan rusak parah. Dinding-dinding masih menyimpan jelaga hitam bekas dibakar. Sampai sekarang rurnah itu dibiarkan kosong/' cerita Okky.

      Selama melakukart riset, perempuan yang hobi fotografi ini juga mengabadikan kegiatan mereka di pengungsian. Bersamaan dengan peluncuran buku Maryam, beberapa foto turut dipamerkan.

      Hadirnya novel Maiyarn disadari Okky bisa saja menimbulkan kontroversi. "Saya sempat khawatir novel ini akan menjadi perdebatan orang-orang tertentu. Debat yang tirlakpenting dan hanya mem persoalkan keyakinan Ahmadiyah saja," katanya.

      Okky menuturkan yang ingin dia suarakan lewat novel ini adalah suara orang-orang yang rerusir karena meyakini sesuatu, mempertanyakan sampai kapan mereka haras jadi pengungsi, dan menggugat hukum yang membiarkan rneaka terusir. novel itu, Okky sedang mengajak mempertanyakan kebenaran keyakinan tetapi hanya kan nasib minoritas. "Saya tekankan novel bukan untuk rnembela keyakinan tertentu membela sendiri bukan Tapi yang ingin sampaikan bagaimana disindas karena peiman dan lunta di pengungsian. hams ditegakkan,"

      (*/M-l)

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 388 clicks
      • Average hits: 4.3 clicks / month
      • Number of words: 1810
      • Number of characters: 16190
      • Created 7 years and 7 months ago at Tuesday, 08 May 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 211
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9126822
      DSCF8798.jpg

      Kalender & Agenda

      December 2019
      S M T W T F S
      1 2 3 4 5 6 7
      8 9 10 11 12 13 14
      15 16 17 18 19 20 21
      22 23 24 25 26 27 28
      29 30 31 1 2 3 4

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC