.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Kampanye AntiKebodohan

      PADA awal tahun 90-an, Gola Gong sempat membuat surat kabar komunitas yang dijalankan oleh anak-anak pelajar yang tertarik dengan dunia jurnalistik. Namun, karena berjalan tanpa surat izin usaha perdagangan (SIUP), keberadaan Banten Pos pada 1993 pun berujung pada pelaporan dirinya oleh beberapa wartawan pada masa itu ke pihak kepolisian.

      "Kenapa orang enggak boleh belajar?" tantangnya waktu itu. Akhirnya, Banten Pos resmi ditutup setelah bertahan enam bulan. Tapi, bukan Gola Gong namanya kalau mundur karena digertak. Mimpi untuk bisa terus mengajari anak Indonesia agar bisa menulis pun terus muncul dalam tahun-tahun ke depan.

      Mengambil metode pengajaran yang dilakukan di Rumah Dunia, yakni merangsang anak untuk menulis dengan cara menyenang-kan, Gong menghadirkan pelatihan menulis gratis ke berbagai kota dalam kemasan Gempa Literasi.

      "Ini adalah kampanye menghancurkan kebodohan dengan menulis," jadasnya tentang program yang di-mulai pada 2011 itu. Di sini, ia dapat diundang untuk memberikan pelatihan dengan syarat peserta harus mengisi kegiatan dengan orasi literasi, pertunsjukan seni dalam bentukbaca puisi, bund, atau tari, dan mengadakan bazar buku. "Sebanyak 30% dari dana penjualan buku itulah yang saya gunakan untuk transportasi dan penginapan."

      Ternyata, keinginan untuk mengguncang pemikiran dengan langkah-langkah menulis juga menular pada warga Indonesia diluar negeri. Pada Maret mendatang, Gola Gong akan mengguncang lebih dari 10 negara lewat Gempa Literasi Asia.

      Selama dua bulan penuh, bersama sang istri, ia akan memberi pelati­han kepada komunitas Indonesia yang terdiri dari mahasiswa, buruh migran, hingga tenaga kerja Indo­nesia (TKI) tentang teknik menulis. Darikunjunganke Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Kalkuta, Sungai Gangga, New Delhi, Dubai, hingga Doha, Gong akan menyeleksi tulisan terbaik dari para peserta untuk diterbitkan menjadi sebuah novel. "Literasi bukan semata-mata aksara, tapi keinginan mengubah kualitas hidup menjadi lebih baik dengan media aksara," tutupnya. (*/M-5).


      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 3739 clicks
      • Average hits: 41.1 clicks / month
      • Number of words: 1052
      • Number of characters: 9288
      • Created 7 years and 7 months ago at Tuesday, 08 May 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 122
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9126964
      Jantung_Sekolah1.jpg

      Kalender & Agenda

      December 2019
      S M T W T F S
      1 2 3 4 5 6 7
      8 9 10 11 12 13 14
      15 16 17 18 19 20 21
      22 23 24 25 26 27 28
      29 30 31 1 2 3 4

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC