.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Memburu Manuskrip Hingga Mancanegara

      Menyingkap satu manuskrip di Indonesia. Angica dokumentasi, di atas 10 ribu. Masih berada di tangan ahli waris. Masyarakat Pernaskahan Nusantara Omar Fathurahman. Mendapatkan akses membuka manuskrip dari ahli waris, bukan pekerjaan gampang Banyak yang menganggap manuskrip leluhur yang dikeramatkan. Tak sembarang orang boleh membukanya. "Biasanya dengan pendekatan kultural, mereka baru rnemperkenankan," katanya.


      la mencontohkan di Surau Canau. Sumbar. "Awalnya, hanya satu dua j'ang dikeluarkan. Namun, begitu sang pemilik percaya, seluruh koleksi diberikan," ujarnya. Biasanya, yang diyakinkan adalah kami tak punya kepentingan untuk memiliki naskah itu atau mengambilnya. "Kami hanya ingin membantu melestarikan dan merawat. Barang ini tetap milik Anda, dan sangat berharga," ujar salah satu pakar filologi Tanah Air ini.

      Kadang-kadang mereka. pewaris naskah bertanya, "Nanti dibaca sama orang lain bagaimana?" Maka yang dilakukannya adalah dengan kembali bertanya. "Para leluhur berlelah-lelah menulis untuk apa? Pasti untuk dibaca. Jangan-jangan ketika kita menahannya dengan menyirn-pannya dan tak dibaca, kita malah tak amanah dan menjadi bukan amal jariah lagi," tambahnya.

      Selama bertahun-tahun mendokumentasikan manuskrip, ia dan timnya mengalami berbagai pengalaman, dari yang menegangkan hingga yangmembuat senyum terkulum. Misalnya. saat meneliti manuskrip di sebuah pesantren tua di Garut. Ahli waris manuskrip mensyaratkan.Hasan ibnu Muhammad Hamid ar-Raniri al-QuzaisvL la dikenal sebagai ulama yang juga tertasif al-Malik al-Adil dan Kesultanan Aceh pada penerapan Sultan Iskandar Tsani abad ke-5 satu karenanya yang terkenal berjudul Bustanul Salatin. Syekh Abdul Rauf al-Singkili yang juga ditetapkan sebagai Mufti dan Qadhi Malik al-Adil di Kesultanan Aceh selama periode empat orang ratu, juga banyak menulis naskah keislaman.

      Karya-karya mereka tidak hanya berkembang di Aceh. tapi juga berkembang seluruh Sumatra. Semenanjung Malaka. sampai Thailand Selatan. Karya-karya rnerei ngaruhi pemikiran dan awal perac Pulau Jawa, Sulawesi, Kalirnantan gara, kepulauan Maluku. Butor. Sehingga di daerah itu juga terdapi karya ulama Aceh ini. Perkembanganya, memunculkan kaiya keislam lain, seperti Kitab Sabilal Muhtade al-Banjari di Banjarmasin. Di Pai ada. Di Banten. ada Syekh al-Baffl menuh's banyak manuskripsanya mengendus melalui dari Aceh-Padang-Jawa Barningan-Cirebon-Demak-Jawa Tirs Punvakarta-Banten. "Mereka intelektual. Dengan mempel dengan mudah menelusuri manuskrip Oman punya rumus sendfri manuskrip, terutama untuk Minangkabau. "Pokoknya ada makam syekhnj'a di situ. omq depannya ada beduk paniang dengan niat sedekan saja katarnya.

      Manuskrip terbuka dan mereka mesem-mesem bersama. "Isinya di luar dugaan kami karena hanya berisi doa-doa pendek," katanya.

      Berburu manuskrip, tak hanya dilakukan di dalam negeri. Mereka mengendus hingga man-canegara. Belum lama ini, Omar dan timnya pergi ke Mindanao, Filipina. Lelah mereka melalui jalan darat selama empat jam dengan beberapa kali mengantre pemeriksaan di check point ter-bayar ketika menemukan manuskrip-manuskrip bersejarah. Ekspedisi selanjutnya, dirancangnya ke Pattani di Thailand Selatan, untuk meneliti manuskrip yang dilaporkan merupakan warisan tradisi keilmuan Aceh di sana.

      Tim peneliti manuskrip Departemen Agama malah melangkah lebih jauh lagi. Demi mem-pelajari manuskrip, mereka berburu hingga Leiden, Belanda. "Manuskrip kita banyak yang tersimpan di sana," ujar Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Departemen Agama, Ace Saefudin.

      Menurut dia, manuskrip 'rajin' diproduksi cendekiawan Tanah Air pada abad ke-16-17. Misalnya, Hamzah Fansuri, yang dikenal sebagai tokoh sufi ternama pada masanya. Kemudian, ada Syekh Nuruddin ar-Raniri alias Syekh Nuruddin Muhammad ibnu 'Ali ibnu

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 1251 clicks
      • Average hits: 13.6 clicks / month
      • Number of words: 2608
      • Number of characters: 21916
      • Created 7 years and 8 months ago at Monday, 30 April 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 117
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9127232
      DSCF8761.jpg

      Kalender & Agenda

      December 2019
      S M T W T F S
      1 2 3 4 5 6 7
      8 9 10 11 12 13 14
      15 16 17 18 19 20 21
      22 23 24 25 26 27 28
      29 30 31 1 2 3 4

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC