.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Manuskrip Nusantara

      Manuskrip nusantara banyak yang dilego pe-miliknya ke pihak asing. Perlu upaya bersama untuk melestarikannya.


      Tsunami Aceh tak hanya menyi-sakan banyak duka. Catatan sejarah masa lalu turut ter-sapu. Ribuan manuskrip buah karya  cendekiawan berabad lalu lenyap terbawa tsunami. Beruntung, beberapa telah diabadikan halaman demi halaman dengan proses digitalisasiwalau belum dikaji lebih jauh isinya. Sedangkan, fisik manuskrip entah di mana.

      Khazanah keilmuan nusantara abad pertengahan sungguh menakjubkan. Aceh dan Banten menjadi pusatnya. Kitab Turjuman al-mustafid, kitab tafsir Melayu terlengkap yang pertama kali ada, lahir dari buah pikiran ulama Aceh terpandang pada abad ke-17, Abd al-Rauf ibn Ali al-Jawi al-Fansuri (1615-1693). Tak terdengar di Tanah Air, ki­tab ini populer di kalangan akademisi Barat. Naskah ini pernah menjadi bahan disertasinya budayawan Peter Riddel di Inggris.

      Ke mana manuskrip nusantara pergi? Kalau tak lapuk dimakan usia, manuskrip itu teronggok jadi koleksi pribadi orang perorang tanpa tahu bagaimana konservasinya Sementara yang lain, berpindah tangan kolektor barang antik dan dijual dengan harga mahal ke luar negeri.

      Peneliti manuskrip keislaman nusantara Oman Fathurahman, mengaku sempat tidals tahu harus bersukacita atau malah berduka ketika beberapa waktu lalu berkunjung dan membaca sekitar 15 manuskrip di salah satu perpustakaan terbesar di London, the Britis Library. Yang menyesakkannya. saat diberitahu Annabel Teh Gallop, kepala koleksi Asia Tenggara, bahwa ada belasan manuskrip asa| Aceh yang baru dibeli pada 2004 lalu oleh the British Library dari sebuah toko buku antik di London, Arthur Probsthain.   

      British Library sendiri sebetulnya sangat ketat dan selektif dalam hal pembelian ma­nuskrip karena Inggris adalah salah satu negara yang terikat dengan Konvensi UNESCO tahun 1970 yang tidak memperbolehkan anggotanya untuk membeli benda cagar bu-daya negara lain, kecuali benda cagarbudaya tersebut sudah ada di Inggris sebelum 1970.

      Berdasarkan sejumlah catatan yang ditemukan, belasan manuskrip koleksi Probs­ thain itu sendiri memang sudah berada di Eropa setidaknya lebih dari  80 tahun yang lalu. Mungkin dibawa pada masa kolonial dari Aceh (entah siapa yang membawanya) dan kemudian diperjualbelikan sampai akhirnya mampir di London Soal jual-menjual manuskrip, sebuah e-mail bahkan pernah mampir di inbox-nya yang meminta dihubungkan kepada siapa pun di Eropa yang bisa membeli manuskrip mushaf Alquran miliknya. "Dalam beber­apa kasus, harga manuskrip nusantara me­mang cukup menggiurkan. Sebuah mushaf Alquran beriluminasi indah asal Bone, konon pernah terjual seharga 7.000 pound-sterling (setara Rp 100 juta)," ujarnya.

      Manuskrip nusantara memang bahan kajian keilmuan yang sangat menggiurkan bagi cendekiawan Barat. Hal ini diakui akademisi Lies Marcoes Natsir. Satu kali ia menemukan naskah yang ditulis seorang dukun di Surade yang berisi tentang teknik pertanian Sunda. Naskah itu ditulis dengan menggunakan huruf Arab Pegon berbahasa Sunda. "Atas bantaun Mies Grijs. antropolog dari Leiden, saya menulis ulang naskah itu ke dalam huruf Latin dan kini naskah itu tersimpan di perpustakaan Universias Leiden," ujarnya.


      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 975 clicks
      • Average hits: 10.6 clicks / month
      • Number of words: 1899
      • Number of characters: 15730
      • Created 7 years and 8 months ago at Monday, 30 April 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 137
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9127497
      DSCF8794.jpg

      Kalender & Agenda

      December 2019
      S M T W T F S
      1 2 3 4 5 6 7
      8 9 10 11 12 13 14
      15 16 17 18 19 20 21
      22 23 24 25 26 27 28
      29 30 31 1 2 3 4

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC