.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      TRIBUN JABAR, 4 JULI 2010

       

      SERBA GRATIS UNTUK ANAK-ANAK

      MINAT baca anak-anak ternyata sangat tinggi. Hampir setiap usai jam sekolah perpustakaan Komuni­tas Baca-baca yang menempati Studio 1 Jeihan, Jalan Padasuka No 147 Pasirlayung, Cicaheum, selalu ramai dikunjungi belasan hingga puluhan anak usia 5 hingga 13 tahun.

      MENGHADIRKAN sarana baca berupa perpustakaan yang gratis bagi masyarakat sebetulnya tidak sulit. Modal utamanya cukup punya kemauan yang keras dalam mewu-judkan keinginan mendirikan per­pustakaan gratis itu. Hal itu sudah dilakukannya oleh Adjo Akasia (30) relawan yang tergabung dalam Komunitas Baca-Baca yang merupakan subkomunitas dari Komu­nitas Taman Kota di Bandung.

      Bujangan kelahiran Ciamis ini, sejak lulus STM langsung memilih uiituk tidak melanjutkan kuliah. Padahal sejak duduk di bangku sekolah, ia sudah memiliki hobi membaca buku. Selepas bangku sekolah tingkat atas, laki-laki berambut gondrong ini lebih memilih terjun ke jalanan membentuk komunitas yang berusaha membuka layanan pendidikan gratis di tempat terbuka bagi siapa saja, khususnya anak-anak.

       

      "Awalnya bersama beberapa te-man berusaha untuk membuat kegiatan pemberdayaan taman atau ruang terbuka. Sehingga terbentuk komunitas Taman Kota. Dalam perkembangannya banyak masuk komunitas-komunitas lain yang ikut dalam Taman Kota ini, seperti ko­munitas film, komunitas penciiita sejarah, komunitas pencinta ling-kungan dan banyak lagi," papar Adjo saat ditemui Tribun di Studio 1 Jeihan yang menjadi perpustakaan komu­nitas Baca-Baca, Jalan Padasuka No 147 Pasirlavung, Cicaheum.

      Kemudian pada tahun 2008, lanjut Adjo muncul ide sekolah taman hingga awal 2009 lalu melahirkan Somuitas Baca-baca. Kebetulan awal tahun 2009 itu vmtuk Komunitas Baca-, baca mendapat tawaran menempati di salah satu ruang perkantoran Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Namun akhir 2009 lalu, lokasi diSabuga itu sudah tidak bisa lagi digunakan.

      Akhir 2009 itu, para relawan ko­munitas baca-baca hampir putus asa dan akan menghibahkan koleksi bukunya yang hampir mencapai lima ribuan judul. Namun berkat bantuan dari semua rekan dan jaringan yang dimiliki komunitas Baca-baca serta Komunitas Taman Kota, memasuki awal tahun 2010, mereka mendapat tawaran untuk menempati Studio 1 Jeihan yang lokasinya tepat di pinggir Jalan Padasuka. Bahkan halaman belakang rumah Jeihan pun dita-warkan untuk untuk digunakan Sekolah Taman Kota tanpa biaya.

      Studio pelukis ternama di Kota Bandung itu pun, mulai ramai dikunjungi anak-anak warga Padasuka. Kemudian informasi dari mulut ke femulut setiap anak itu pun terus gibeFsambung, hingga akhirnya anak-anak dari luar Padasuka, seperti Pasirlayung Atas, Cimeyan, sampai Pasir Luhur yang jaraknya sekitar dua kilometean mulai menambah keramaian studio baca-baca yang dikelola Komunitas Baca-baca.

      "Setiap harinya ada sekitar 40 sampai 50 anak-anak yang datang. Tapi tidak berbarengan. Kalau anak-anak yang berjumlah belasan ini mah, mereka kebetulan rumahnya dekat sini. Mereka sering ke sini, kadang awalnya hanya bermain-main. Terus karena melihat banyak buku, akhirnya kalau sudah bosan bermain mereka pun membaca buku di sini. Kebanyakan mereka meminjam buku untuk dibawa pulang ke rumah. Banyaknya anak-anak yang juga bermain di sini, saya nilai menjadi suatu pilihan postif bagi anak-anak," tutur Adjo yang meminjamkannya secara gratis, (dedy herdiana)

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Thursday, 01 March 2012 07:56  

      Items details

      • Hits: 449 clicks
      • Average hits: 4.9 clicks / month
      • Number of words: 683
      • Number of characters: 5393
      • Created 7 years and 8 months ago at Thursday, 01 March 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 8 months ago at Thursday, 01 March 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 65
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9125022
      DSCF8754.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC