.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      MEDIA INDONESIA, 13 DESEMBER 2008

      Pustaka Alternatif di Batoe Api

      Anton Solihin

      KOMUNITAS Batoe Api berawal dari kumpulan anggota Perpustakaan Batoe Api yang hingga November 2009 berjumlah sekitar 4.900 orang. Mereka adalah mahasiswa, pelajar, dan kalangan umum. Perpustakaan ini bersifat swadaya dan independen, tidak berada di bawah lembaga ataupun kaitan politis tertentu.

      Para anggota perpustakaan punya basisnya masing-masing, buku, kliping, musik dan film. Perpustakaan Batoe Api, berdiri sejak 1 April 1999, satu-satunya sarana umum yang menyediakan bacaan, musik dan tontonan film alternatif di Jatinangor-Sumedang.

      Daerah ini kerap disebut salah satu sentra kampus. Komunitas bisa berjalan seiring dengan berbagai kegiatan independen maupun internal kampus. Semua kegiatan dimaksudkan bersifat pendidikan alternatif, menyebarkan informasi lokal, yang diharapkan jadi wadah warga dan mahasiswa berbagai kampus di Jatinangor. Tujuannya merekatkan kebersamaan antarkampus juga warga lokal.

       

      Pilihan kita adalah komunitas yang menginginkan pemahaman atau_apresiasi yang sehat dan tepat pada buku, musik, dan film. Kami merriandang penting ketiga fokus tersebut sebagai salah satu jalan saling mengenali, memahami persamaan atau perbedaan budaya yang begitu kompleks.

      Begitu juga dalam kaitannya dengan persoalan pendidikan umum. Dengan pengamatan terhadap kehidupan kampus, fondasi yang pertama dibangun adalah perpustakaan. Perpustakaan dituntut mengikuti perkembangan perbukuan.

      Tidak hanya buku-buku terbitan baru, tetapi juga banyak buku, majalah dan literarur umum terbitan lama atau yang sulit dan langka didapatkan di pasaran. Pengumpulannya dilakukan banyak teman.

      Tersedia lebih kurang 8.000 buku. Cukup menonjol pula penyediaanbuku wajib serta text book, yang dapat dimanfaatkan mahasiswa dalam membuat tugas. Infrastruktur di Jatinangor memang tidak dapat dfanggap memadai. Jumlah toko buku banyak, tetapi yang menyediakan bacaan alternatif sangat langka, bahkan sama sekali tidak ada.

      Hal sama terjadi pula pada kineklub Batoe Api yang bahkan cukup sering dilibatkan dalam pro­gram internal kampus. Komunitas Film Perpusta­kaan Batoe Api rutin menyelenggarakan apresiasi pemutaran film pilihan.

      Sosialisasi untuk materi musik, terutama adalah tradisional atau etnik, termasuk fenomena barunya dari berbagai wilayah di Indonesia dan dunia. Termasuk juga musik alternatif. Mengenai musik, sangat dipentingkan informasi terkait keterangan antropologis, sejarah, sosiologis dan musikal. Silakan mampir di perpustakaan kami!

       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Thursday, 01 March 2012 07:55  

      Items details

      • Hits: 552 clicks
      • Average hits: 6 clicks / month
      • Number of words: 742
      • Number of characters: 6009
      • Created 7 years and 8 months ago at Thursday, 01 March 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 8 months ago at Thursday, 01 March 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 66
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9125117
      bacalah.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC