.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Komunitas
E-mail

 

MEDIA INDONESIA, 19 NOVEMBER 2010

 

Komunitas 1001 buku

Virus Cinta Buku dari Taman Baca

Vini Mariyane Rosya

 

SEORANG gadis kecil pelan-pelan menghidupkan senter dalam kegelapan malam. Dia mengambil buku daritas lalu bersembunyi di balik selimut dengan senter yang menyala. Matanya ikut benderang. Cerita komik yang tertunda bisa ia baca.

Gadis kecil itu, Rismadhani, kini telah dewasa. Sampai sekarang dia mengaku tidak bisa memahami alasan orang tuanya melarang membaca komik-komik tersebut.

"Anak itu seperti lembaran yang kosong, yang harus diisi dengan keragaman warna. Menurut saya, seharusnya anak dibiarkan tumbuh de­ngan mimpi-mimpinya. Bagaimana ia mermimpi kalau dilarang-larang membaca?" ucapnya saat ditemui Media Indonesia, belum lama ini, di markas Komunitas 1001 Buku, kawasan Manggarai, Jakarta.

Last Updated on Thursday, 01 March 2012 08:03 Read more...
 
E-mail

 

TRIBUN JABAR, 15 OKTOBER 2006

TAK HANYA BUKU

JANGAN heran jika kita berkunjung ke baca-baca Bookmart sebab kita akan melihat banyak tumpukan buku. Lebih dari duaribu judul buku ditata rapi ditempatnya. Hal ini sesungguhnya tidak mengherankan, sebab bacabaca Book-mart kini disuplai oleh lebih dari empatpuluh penerbit buku dari seluruh In­donesia.

"Kebanyakan di sini adalah buku-buku sastra," ujar Nanang, salah satu pendiri bacabaca Bookmart. Selain komu­nitas buku, bacabaca Bookmart juga menjadi ajang berekspresi beberapa komunitas lainnya.

Last Updated on Thursday, 01 March 2012 08:01 Read more...
 
E-mail

 

JUMAT,5 FEBRUARI 2010 I   MEDIA INDONESIA

KOMUNITAS KHO PING HOO

Setia Menggilai Cerita Serial Silat

Penggemar serial Kho Ping Hoo tergolong fanatik. Ada yang rela dihukum guru sampai membuat etalase penyimpan khusus.

Maria Jeanindya

NAMA Asmaraman Sukowati memang tidak sepopuler Kho Ping Hoo meski se-sungguhnya si empunya dua nama tersebut adalah satu orang. Peranakan Tionghoa yang lahir di Sragen, Jawa Tengah, ini telah menelurkan lebih dari 450 judul cerita silat (cersil). Karyanya begitu me-lekat bahkan setelah sang maestro meninggal dunia pada 22 Juii 1994 akibat serangan jantung.

Penggila Kho Ping Hoo pun membentuk wadah, Komunitas Kho Ping Hoo (KPH). "Cersil Kho Ping Hoo tidak mengambang seperti komik lain. Cerita tidak terpusat pada tokoh-tokohnya saja. Ada filsafat, pesan moral yang menjadi penyambung adegan," tutur Iwan, anggota komunitas.

Lelaki 38 tahun itu bergabung dengan Komunitas KPH sejak pertama dibentuk pada 2003.

Kho Ping Hoo juga banyak menuangkan unsur sejarah Tiong­hoa ke dalam karyanya. Padahal, menurut laman daring yang sempat memuat hasil wawancara dengan sang maestro, terungkap bahwa ia hanya mengunjungi Chi­na sekali saja seumur hidupnya. Wajar bila kemudian ada beberapa pihakyang meragukan keabsahan sejarah Tionghoa yang ada dalam karya-karya almarhum.

Last Updated on Thursday, 01 March 2012 08:00 Read more...
 
E-mail

 

TRIBUN JABAR, 4 JULI 2010

 

SERBA GRATIS UNTUK ANAK-ANAK

MINAT baca anak-anak ternyata sangat tinggi. Hampir setiap usai jam sekolah perpustakaan Komuni­tas Baca-baca yang menempati Studio 1 Jeihan, Jalan Padasuka No 147 Pasirlayung, Cicaheum, selalu ramai dikunjungi belasan hingga puluhan anak usia 5 hingga 13 tahun.

MENGHADIRKAN sarana baca berupa perpustakaan yang gratis bagi masyarakat sebetulnya tidak sulit. Modal utamanya cukup punya kemauan yang keras dalam mewu-judkan keinginan mendirikan per­pustakaan gratis itu. Hal itu sudah dilakukannya oleh Adjo Akasia (30) relawan yang tergabung dalam Komunitas Baca-Baca yang merupakan subkomunitas dari Komu­nitas Taman Kota di Bandung.

Bujangan kelahiran Ciamis ini, sejak lulus STM langsung memilih uiituk tidak melanjutkan kuliah. Padahal sejak duduk di bangku sekolah, ia sudah memiliki hobi membaca buku. Selepas bangku sekolah tingkat atas, laki-laki berambut gondrong ini lebih memilih terjun ke jalanan membentuk komunitas yang berusaha membuka layanan pendidikan gratis di tempat terbuka bagi siapa saja, khususnya anak-anak.

Last Updated on Thursday, 01 March 2012 07:56 Read more...
 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  Next 
  •  End 
  • »


Page 1 of 5

Selamat Datang Sahabat ^_^
Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

Kemiskinan

Literasi Sains & Teknologi

Artikel Pilihan


Artikel Utama

Statistik Anggota

  • Total Anggota 10,788
  • Sedang Online 111
  • Anggota Terakhir Robertrab

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterTotal9091242
DSCF8798.jpg

Kalender & Agenda

November 2018
S M T W T F S
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 1

Contoh Proposal

Contoh Proposal

Google+ Facebook Twitter mail SC