.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      REPUBLIKA   12 JULI 2007

       

      Sisihkan Biaya Operasional untuk Perpustakaan

       

      Sudah menjadi kebiasaan bila terjadi antrean warga di kantor kelurahan, pasti terkait pembuatan KTP, pembagian beras untuk masyarakat miskin (raskin), atau pengurusan administrasi kependudukan lainnya. Di Kantor Kelurahan Pasirendah, Kec Ujungberung, Kota Bandung, ternyata rutinitas antrean itu bukan karena urusan raskin dan KTP.

      Kantor kelurahan yang terletak di Perumahan Cijambe itu, kerap diwarnai antrean warga yang akan meminjam buku di perpustakaan. Memang tidak mencapai ratusan warga yang antre di pintu perpustakaan itu., Namun, antrean pendek itu membuktikan bila perpus­takaan di kelurahan cukup bermanfaat.

      Mulai dari ibu-ibu, anak sekolah, hingga pemuda, tak lagi canggung berbaris menung-gu giliran meminjam buku. Maklumlah, perpustakaan se-tingkat kelurahan itu, hanya memiliki luas 30 meter persegi. Jumlah bukunya pun tidak mencapai ribuan unit.

       

      Karena keterbatasan lahan, tidak heran, bila kebanyakan konsumen perpustakaan mungil itu menikmati isi bacaan buku­nya di rumah masing-masing. Kedatangan mereka ke perpus­takaan, hanya untuk mencari buku pilihan yang akan dipinjam.

      Tidak sulit untuk meminjam buku di perpustakaan tingkat kelurahan itu. Cukup dengan menyertakan fotokopi KTP pribadi atau KTP orangtua bagi anak sekolah, bisa langsung 'meminjam buku. Hanya dua unit buku yang boleh dipinjam dalam satu kali peminjaman selama tujuh hari.

      Ibu-ibu PKK yang ditunjuk sebagai pengelola perpusatakaan itu, sama sekali tidak memungut biaya pinjaman buku dari warganya. Pengelola per­pustakaan Kelurahan Pasirendah, Nani Suhaenah (56 tahun), mengaku bangga bila perpustakaannya benar-benar bermanfaat bagi warga.

      "Lebih baik kecil perpus­takaannya yang penting sering dikunjungi," ucap Nani kepada Republika sambil melayani peminjam buku. Tidak kurang da­ri 20 warga, setiap hari memin­jam dan mengembalikan buku ke perpustakaannya.

      Perpustakaan yang dibangun dari bantuan gubernur Jabar itu, setiap hari dirawat oleh kader PKK. Sebagian dari belanja operasional kantor kelura­han tersebut bahkan disisihkan untuk biaya pemeliharaan per­pustakaan.

      Karena keterbatasan anggaran, Nani bersama rekannya tidak putus akal dalam menghimpun kumpulan buku. Melalui pertolongan pengurus RW terkait, ibu-ibu PKK itu meminta warga menyumbangkan buku bacaan yang sudah tidak terpakai.

      "Kebanyakan buku tentang cara mendidik anak dan keluarga, serta anak sekolah yang laku dipinjam," cetus dia. Hingga kini, kata Nani, lebih dari 200 warga menjadi anggota perpus­takaan Kelurahan Pasirendah.

      Pengunjung perpustakaan kelurahan, Vita Ariani (32), merasa terbantu dengan fasilitas perpustakaan di tingkat kelurahan. Perpustakaan besar tingkat provinsi dan kota, bagi ibu beranak satu ini, hanya untuk kalangan pekerja di daerah perkotaan.

      "Untuk apa ke kota hanya untuk ke perpustakaan. Lebih baik di sini saja, yang penting ada buku bacaannya," tutur Vi­ta dengan polos. Sebagai pengunjung setia perpustakaan kelurahan, dirinya tentu berharap ada perhatian lebih dari pemerintah terhadap tempat menambah wawasannya.

      Fakta yang terjadi pada per­pustakaan tingkat kelurahan itu, sudah sepatutnya dijadikan cerminan bagi pengelola per­pustakaan tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Hasil pantauai Republika, hampir setiap hari perpustakaan mewah, terlihat sunyi dan sepi.

      Tidak ada antrean di sana.Bahkan, ribuan buku tampak tersimpan rapi. Hal itu menunjukkan bahwa buku di perpus­takaan tersebut sangat jarang tersentuh tangan 'kutu buku'. Karenanya, sudah saatnya pengelola perpustakaan berpikir ulang tentang penempatan lokasi perpustakaan yang strategis.

       


       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 21 February 2012 13:58  

      Items details

      • Hits: 536 clicks
      • Average hits: 5.8 clicks / month
      • Number of words: 796
      • Number of characters: 6497
      • Created 7 years and 9 months ago at Tuesday, 21 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 9 months ago at Tuesday, 21 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 83
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9124838
      DSCF8794.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC