.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      KOMPAS, SELASA, 20 NOVEMBER 20O7

       

      KEMBANGKAN PERPUSTAKAAN SULIT

      Sekolah Bisa Membangun Budaya Baca

       

      JAKARTA, KOMPAS - Dalam Undang-Undang tentang Perpustakaan yang disahkan beberapa waktu lalu, sekolah wajib memiliki perpustakaan dan

      mengalokasikan dana perpustakaan paling sedikit 5 persen dari anggaran belanja operasional sekolah atau madrasah. Akan tetapi, sekolah dasar atau SD ternyata sulit membangun dan menyiapkan dana khusus bagi perpustakaan.

      Turman, Kepala Sekolah Dasar Negeri Nanggung 01, Kabupaten Serang, mengatakan, sekolahnya belum memiliki perpustakaan dan ragu apakah dapat menyediakan 5 persen dana perpus­takaan tersebut karena terdapat sarana dan fasilitas dasar lain yang belum terpenuhi dan masih prioritas.

      "Misalnya, masih kekurangan ruangan kelas dan lapangan olah-raga. Terdapat enam rombongan belajar dengan jumlah kelas hanya lima ruangan," ujarnya

       

      Untuk mendirikan perpusta­kaan dari nol tentu butuh biaya besar dari membangun ruangan, membeli buku, rak, dan membayar petugas, apalagi sampai tahap berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

      Bantuan buku bacaan dari pemerintah daerah terhenti sejak 2004. Pernah dua kali pada tahun 2006, Turman mengundang per­pustakaan keliling Pemerintah Provinsi Banten agar anak-anak tetap dapat mengakses buku ba­caan. Namun, prosedur terbilang rumit dan tidak rutin. "Sekarang ini yang sudah ada perpustakaannya baru di tingkat SMP atau SMA," katanya.

      Secara terpisah, Kepala SDN Mampang Prapatan 02, Jakarta, Sutirto mengatakan, di sekolah­nya juga tidak terdapat ruangan khusus perpustakaan. Dia berupaya anak tetap dapat membaca dengan mendistribusikan bacaan langsung ke kelas.

      Perpustakaan yang sudah berdiri juga membutuhkan dana pengelolaan, terutama memperbarui koleksi buku.

      Standar nasionai pendidikan

      Seperti  tertuang  dalam  UU ; Perpustakaan Pasal 23, setiap se­kolah atau madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional dengan   memerhatikan standar nasionai pendidikan.

      Perpustakaan tersebut wajib memiliki koleksi buku teks pelajaran yang telah ditetapkan sebagai buku teks wajib pada satuan pendidikan dalam jumlah mencukupi untuk melayani semua peserta didik dan pendidik.

      Perpustakaan mengembangkan pula koleksi lain yang mendukung pelaksanaan kurikulum pendidikan.

      Perpustakaan sekolah dan madrasah mempunyai tugas lain pula, yakni melayani peserta di­dik kesetaraan yang dilaksanakan di lingkungan satuan pendidikan bersangkutan.

      Perpustakaan diharapkan mengembangkan layanan perpusta­kaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

      Jantung sekolah

      Anggota Komisi X DPR, Anwar Arifin, menambahkan, disahkannya UU Perpustakaan dengan kesadaran bahwa perpustakaan salah satu sarana pendidikan yang sangat penting. Lewat perpus­takaan sekolah diharapkan tum-buh budaya baca sedari dini dan nantinya menulis. "Perpustakaan itu jantung dari pendidikan dan sekolah. Sekolah-sekolah kita sekarang ini sedang sakit jantung," ujarnya.

      Dalam kunjungannya ke sekolah-sekolah diketahui ternyata perpustakaan masih sekadar embel-embel dan kurang diperhatikan.

      "Tidak ada prioritas anggaran dan tempat bagi perpustakaan. Kami memasukkan dalam perundangan sekurangnya 5 persen dari anggaran tersebut agar da­lam anggaran yang kita tetapkan nanti sekurangnya ada anggaran 5 persen khusus dialokasikan un­tuk perpustakaan sekolah," ujar­nya (INE)

       

       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 21 February 2012 13:55  

      Items details

      • Hits: 541 clicks
      • Average hits: 5.8 clicks / month
      • Number of words: 780
      • Number of characters: 6571
      • Created 7 years and 9 months ago at Tuesday, 21 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 9 months ago at Tuesday, 21 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 128
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9125312
      DSCF8790.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC