.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      Pikiran Rakyat, 21 januari 2006


       

      Perpustakaan Sekolah

       

      Oleh IDHAM HAMDANI

      DALAM KBK (kurikulum berbasis kompetensi), perpus­takaan, mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Perpustakaan sekolah tidak hanya sebagai penyedia bacaan siswa di kala senggang. Perpustakaan men­jadi sumber, alat, dan sarana untuk belajar. Perpustakaan harus siap setiap saat untuk menunjang dan terlibat dalam pelaksanaan proses pembela­jaran, baik dari dalam jam pelajaran maupun di luar jam pelajaran.

      Karena itu, pengelolaan perpustakaan sekolah harus dilakukan profesional. Pengelola harus. serius melaksanakan kegiatannya deirii tercapainya kemajuan dan proses pembe­lajaran di sekolah. Maka, ti­dak bisa dibantah, perlu ada pustakawan yang siap sedia mengelola perpustakaan secara profesional.

      Dalam kenyataan sekarang, banyak perpustakaan sekolah yang masih dikelola seram-pangan. Masih banyak per­pustakaan sekolah yang hanya menjadi gudang buku-buku lama dan buku paket tidak terpakai. Bahkan, kadang-kadang ada pula perpustakaan seko­lah yang tidak pernah dikenal isinya oleh siswa maupun gu­ru.

       

      Perpustakaan sekolah, kebanyakan belum dikelola secara baik. Biasanya, sekolah tidak ambil risiko menunjuk seorang pustakawan, khusus untuk mengelola perpusta­kaan. Sekolah lebih lazim me­nunjuk salah satu guru mata pelajaran sebagai pengelolanya. Umumnya guru bahasa Indonesia atau guru bahasa lainnya.

      Penunjukan guru mata pelajaran sebagai pengelola perpustakaan sekolah sangat tidak efektif. Selain guru tersebut sudah merniliki tanggung jawab yang berat dalam me­ngelola mata pelajarannya, waktu yang tersisa untuk me­ngelola perpustakaan pun sa­ngat sempit. Tidak terbayang, pada saat guru tersebut se-dang mengajar, guru dan sis­wa mata pelajaran lain memerlukan perpustakaan seba­gai sarana belajar.

      " Guru mata pelajaran yang mengelola perpustakaan, juga tidak akan bisa melaksanakan tugasnya dengan optimal. Bagaimaha bisa memikirkan dan melaksanakan program pelayanan perpustakaan untuk sarana pembelajaran seluruh mata pelajaran, sementara di mejanya sendiri bertumpuk pekerjaan yang berat.

      Penunjukan pustakawan (khusus) pengelola perpusta­kaan sekolah juga tidak boleh sembarangan. Bukan hanya seseorang yang mengetahui seluk-beluk kepustakaan dan keperpustakaan yang dibutuhkan, tapi seseorang yang juga paham dan kenal dunia pendidikan. Purtakawan seko­lah harus memiliki penge-tahuan dan visi pendidikan. Sehingga, ia siap bekerja sama dengan siswa dan seluruh gu­ru. Pustakawan sekolah turut bagian dan memegang peran utama dalam proses dan kesuksesan pembelajaran di sekolah.

      Dapat disimpulkan, seka­rang perpustakaan sekolah su­dah membutuhkan pengelo­laan yang sangat profesional. Dengan demikian, pengelolanya pun harus orang yang profesional. Pengelola yang paham kerjanya, punya visi pendidikan, dan punya totalitas dalam kerjanya. Kebutuhan ini sudah sangat mendesak, mengingat telah berlakunya kurikulum KBK yang . menuntut hal tersebut dalam pelaksanaannya.

      Akhir kata, profesionalisasi pengelola dan pengelolaan perpustakaan sekolah mutlak dilakukan, karena di era ini, perpustakaan tidak lagi hanya sebagai pelengkap atau penunjang pendidikan. Perpus­takaan sekolah kini sudah menjadi urat nadi dalam pros­es pembejalaran dan pen­didikan.

      Penulis, Guru SMP Waringin, Bandung.

       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 21 February 2012 09:01  

      Items details

      • Hits: 424 clicks
      • Average hits: 4.6 clicks / month
      • Number of words: 679
      • Number of characters: 5480
      • Created 7 years and 9 months ago at Tuesday, 21 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 9 months ago at Tuesday, 21 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,797
      • Sedang Online 121
      • Anggota Terakhir Suwardi

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9124474
      DSCF8798.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC