.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      Kompas, 20 agustus 1997

      Perpustakaan sekolah masih menyedihkan

       

      Jakarta, Kompas

      Perpustakaan sekolah kondisinya masih menyedihkan. Rata-rata merekatak punya dana untuk membeli buku secara rutin. Hal itu terjadi karena selama ini pihak sekolah belum memahami  arti  penting   sebuah perpustakaan bagi siswanya.

      Adwityani Subagio, Ketua Klub  Perpustakaan  Indonesia (KPI), mengungkap hal itu seusai pelepasan pemenang Lomba Nasional Gemar membaca (Sinopsis) dan Menulis Karangan oleh Siswa SMP dan MTs tahun 1997 di Hotel Wisata Remaja Ancol, Selasa (19/8) siang. Keterangannya    berdasar   laporan anggota  KPI yang berjumlah hampir 5.000 perpustakaan.

      Dari karangan-karangan siswa peserta lornba bertajuk impian Saya Tentang Perpustaka­an Sekolah, nampak bahwa perpustakaan sekolah masih jauh dari harapan siswa SMP dan MTs. Perpustakaan dengan jam buka yang lebih lebar, buku yang lebih lengkap dan baru, petugas yang ramah de­ngan buku-buku baru yang lebih lengkap adalah sebagian dari "impian" mereka. Bahkan. menurut pengakuan seorang peserta, perpustakaannya sering memperoleh buku dari Australia. "Tapi buku itu tidak boleh dipegang. Katanya takut dicorat-coret," demikian peng­akuan mereka seperti dituturkan Adwityani kepada Kompas.

       

      Menurut Adwityani, perpus­takaan yang ideal bukan saja berfungsi sebagai penunjang kurikulum, tapi juga menjadi tempat yang menyenangkan ba­gi siswa. "Perpustakaan harus menjadi tempat yang menjadikan reading for fun."

      Dewan juri yang diketuai Korrie Layun Rampan memilih Sulisia Erza dari SMP St Bellar-minus Jakarta sebagai peme­nang lomba. Pemenang kedua s/d keenam masing-masing Lili Ayu Wulandari (SMP Al-Ulum Medan), Ernawati (SMP St The-resia Pangkal Pinang), Christiany (SMP Abdi Siswa Jakarta), Sigit Kusumoati (SMPN 2 Bo-yolali), dan Ida Bagus Murti Jayantha (SMPN 2 Kediri Tabanan, Bali).

      Masing-masing pemenang mendapat hadiah buku dan foto keluarga dari Presiden, tustel dari Mendikbud. trofi dari Dikdasmen, Unilever. Indofood, serta uang tunai dari Bank Dagang Negara dan Yayasan. Ria Pembangunan. Hadir dalam kesempatan itu, Direktorat Sarana Pendidikan Depdikbud. Ir Hj Darmastuti Sutresno MEd.

      Lomba yang diselenggsrakan KPI ini mengikutkan 690 acak. Masing-masing anak membuat sinopsis dua buku. fiksi dan nonfiksi. Kemudian meresa diharuskan menulis sebuah karangan. Sebanyak 40 buku fiksi dan nonfiksi yang disinopsiskan di antaranya, "Antara Wilis dan Gunung Kelud". "Flora dan Fauna Nusantara". "Catatan Seorang Dokter Dari Bover Digul", "Mahatma Gandhi". "He­len Keller" dan "Kembalinya si Anak Hilang".

      Dalam lomba ini. bentuk si­nopsis sengaja dipilih KPI. Me­nurut Adwityani, dengan membuat ringkasan, siswa akan membaca secara kritis. teliti, cermat, dan bisa menuliskan kembali dengan bahasa sendiri yang baik dan benar. (*)

       

       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 21 February 2012 08:58  

      Items details

      • Hits: 397 clicks
      • Average hits: 4.3 clicks / month
      • Number of words: 568
      • Number of characters: 4540
      • Created 7 years and 8 months ago at Tuesday, 21 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 8 months ago at Tuesday, 21 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,796
      • Sedang Online 122
      • Anggota Terakhir Dr. Ahmad Syawqi, S.Ag, S.IPI, M.Pd.I

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9121943
      DSCF8803.jpg

      Kalender & Agenda

      October 2019
      S M T W T F S
      29 30 1 2 3 4 5
      6 7 8 9 10 11 12
      13 14 15 16 17 18 19
      20 21 22 23 24 25 26
      27 28 29 30 31 1 2

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC