.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      PIKIRAN RAKYAT, 17 JUNI 2009

      Perpustakaan Majalengka Memprihatinkan

       

      MAJALENGKA, (PR).-

      Akibat tidak memiliki anggaran untuk kegiatan operasional, Perpustakaan Kabupaten Majalengka hanya bisa memberikan pelayanan setengah hari.

      Selain pelayanan kunjungan yang terbatas, perpustakaan juga tidak bisa memberikan layanan telefon dan air bersih sehubungan seluruh fasilitas tersebut telah diputus akibat tidak mampu membayar.

      Kasi Perpustakaan Daerah di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Ma­jalengka Ande Jatnika, Selasa (16/6), menuturkan, pemutusan sambungan te­lefon dan saluran air PDAM telah ber-langsung cukup lama. Bahkan, saluran listrik pun, menurut dia, sering kali di­putus oleh pihak PLN akibat tidak mam­pu membayar.

       

      "Kami ini tidak diberikan anggaran operasional, sehingga pelayanan yang biasanya dilakukan hingga pukul 16.00 WIB kini hanya sampai pukul 14.00 WIB seperti halnya jam kantor. Jika ingin me-maksakan hingga sore tidak memungkinkan karena pegawai di perpustakaan ti­dak dibekali anggaran untuk lembur atau paling tidak untuk makan mereka selepas jam kantor," ungkap Ande.

      Meskipun sebenarnya menurut Ande, kunjungan masyarakat umum ataupun anak sekolah ke perpustakaan sebagian besar selepas'pukul 13.30 WIB karena siswa sekolah biasanya datang ke perpusta­kaan selepas jam sekolah.

      Yang menjadi persoalan, menurut An­de dan beberapa pegawainya adalah kom­puter yang sudah tidak berfungsi lagi, padahal untuk meneatat data peminjam btf ku ataupun pengembalian buku serta katalog berada pada komputer.

      Akibat tidak berfungsinya komputer tersebut, pemberian pelayanan kini terpaksa kembali dilakukan secara manual.

      "yang jadi persoalan, data manual su­dah dihilangkan karena dulu ada kompu­ter. Sementara sekarang, komputer tidak berfungsi. Terkadang, untuk mengambil buku-buku yang ada pada pembaca dan belum lama dikembalikan dengan waktu cukup lama kami cukup kesulitan,". ungkap pe­gawai perpustakaan yang menyebutkan untuk pemeliharaan buku-buku perpusta­kaan pun pihaknya kini kesulitan.

      Beberapa pegawai di perpustakaan mengaku tidak pernah mengetahui adanya anggaran apa pun karena pimpinannya tidak pernah menjelaskan soal keberadaan anggaran tersebut.

      Sementara itu, Kepala Kantor Arsip dan Perpusda Kabupaten Majalengka Tatang Gantika mengaku tidak mengetahui kondisi perpustakaan yang telah demikian memprihatinkan ini, termasuk fasilitas air PDAM, sambungan telefon yang telah .diputus, dan listrik yang sering mati aki­bat menunggak rekening. Demikian juga dengan peralatan komputer yang sudah tidak berfungsi lagi.

      "Saya tidak mengetahui hal itu karena tidak pernah mendapatkan laporan dari staf saya, nanti lah saya lagi di Jakarta," ungkapnya sambil menyebutkan kalau perpustakaan sebenarnya tahun ini men-dapat anggaran Rp 150 juta. (C-3i)

       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 21 February 2012 08:41  

      Items details

      • Hits: 581 clicks
      • Average hits: 6.2 clicks / month
      • Number of words: 634
      • Number of characters: 5168
      • Created 7 years and 9 months ago at Tuesday, 21 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 9 months ago at Tuesday, 21 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,797
      • Sedang Online 71
      • Anggota Terakhir Suwardi

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9124593
      DSCF8790.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC