.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Minat ke Perpustakaan Minim


      Riga Nurul Iman

      SUKABUMI Minat masyara­kat Kabupaten Sukabumi untuk datang ke perpustakaan masih mi­nim. Saat ini pengunjung perpus­takaan nvasih didominasi pelaiar dan mahasiswa.

      "Sekitar 70 persen pengunjung adalah pelajar dan mahasiswa," ujar Kepala Kantor Perpusda, Ka­bupaten Sukabumi, Jabar Winara, kepada wartawan, akhir pekan lalu di sela-sela acara Sukabumi Journalist Forum (SJF). Padahal, di Kabupaten Sukabumi terdapat satu perpustakaan induk di samping Kantor Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kecamatan Cisaat, Ka­bupaten Sukabumi, dan lima unit pengelola perpustakaan (UPP). Kelima UPP berada di Kecamatan. Surade, Jampang Kulon, Sagaranten, Cicurug, dan Palabuhan ratu.

      Sementara 30 persen pengunjung selain pelajar dan mahasis­wa, kata Jabar, merupakan warga umum yang mayoritas ibu-ibu. Menurut dia, seharusnya masyarakat umum pun dapat me-manfaatkan keberadaan perpus­takaan. Khususnya untuk memperdalam pengetahuan dari buku yang dibacanya.

      Untuk merangsang warga ke perpustakaan, kata Jabar, Pemerintah berupaya menggelar pelatihan keterampilan berdasarkan buku yang dibaca warga. Misalnya pelatihan membuat pernak-pernik kerajinan tangan yang didasarkan teori pada buku.

      "Idealnya teori di buku bisa langsung diterapkan," cetus Jabar. Pada 2011, kegiatan semacam itu dilakukan di lima kecamatan. Yaitu di Kecamatan Surade, Sukabu­mi, Nagrak, Cikidang, dan Ci­badak. Tahun ini pelatihan akan merambah sepuluh kecamatan.

      Selain pelatihan, Perpusda Su­kabumi juga akan mengadakan pekan baca Kabupaten Sukabumi, pada pertengahan 2012. Acara akan diisi kegiatan seperti bedah buku, pameran, dan pelatihan.

      Tak hanya pengunjung yang minim, koleksi buku Perpusda Ka­bupaten Sukabumi pun minim. Kini baru tersedia 39.551 judul buku. Tahun ini, Pemerintah mengalokasikan dana Rp 135 iuta untuk penambahan koleksi buku.

      Jabar mengungkapkan, untuk menjangkau warga di 47 kecama­tan, Perpusda mengoptimalkan keberadaan dua unit mobil per-pustakaan keliling. Kendaraan tersebut akan menjangkau daerah pelosok yang ada di selatan maupun utara Sukabumi.

      "Dua tahun ke depan, kami pun akan menambah dua UPP Perpustakaan," imbuh Jabar. Dua UPP ini nantinya dibangun di Ke­camatan Cibadak dan Sukaraja. Seharusnya semua kecamatan memilki UPP Perpustkaan. Namun keterbatasan alokasi anggaran memaksa pembangunannya dila­kukan bertahap.

      Ketua SJF, Fitriansyah Nachrowi, mengatakan Perpusda harus menggiatkan gerakan membaca buku di tengah masyarakat. Contohnya dengan mempermudah layanan keanggotaan Perpusda dan menyediakan buku yang dibu-tuhkan masyarakat. • ed: paiupi

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 2209 clicks
      • Average hits: 24.5 clicks / month
      • Number of words: 1258
      • Number of characters: 10998
      • Created 7 years and 6 months ago at Tuesday, 01 May 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,796
      • Sedang Online 76
      • Anggota Terakhir Dr. Ahmad Syawqi, S.Ag, S.IPI, M.Pd.I

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9122471
      Jantung_Sekolah1.jpg

      Kalender & Agenda

      October 2019
      S M T W T F S
      29 30 1 2 3 4 5
      6 7 8 9 10 11 12
      13 14 15 16 17 18 19
      20 21 22 23 24 25 26
      27 28 29 30 31 1 2

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC