.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      KORAN0TEMPO

      SELASA, 31 JANUARI

      Gubernur : Perpustakaan Bersaing Dengan Mall

      Jemput bola minat baca dengan mobil keliling.

      JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menga­takan, perpustakaan umum bersaing dengan pusat be­lanja untuk menarik minat generasi muda."Di pusat be­lanja juga banyak informasi, tapi belum tentu bermanfaat,"kata Fauzi saat meresmikan Perpustakaan Umum Kota Administrasi Jakarta Barat, di Jalan Tanjung Duren Barat, Kebon Jeruk, kemarin.

      Selain harus kreatif, ia melanjutkan, perpustakaan umum harus melengkapi koleksinya dengan bahan-bahari yang memicu masyarakat berkompetisi secara positif. Namun dia tidak menyebut detail langkah-lang-kahnya. Hanya, Foke menuturkan, perpustakaan yang bam diresmikan tersebut menggunakan anggaran belanja daerah. "Alokasi dana untuk pendidikan dari anggaran belanja daerah ada di DKI Jakarta sebesar 29 persen," ucapnya. Sebelumnya Per­pustakaan Umum di Jakarta Utara juga menggunakan anggaran itu.

      Berdasarkan keterangan yang diperoleh, Perpustaka­an Umum di Jakarta Barat ini terdiri atas empat lantai. Lantai pertama berisi ruang bermain, ruang peraga, dan perpustakaan. Semua barang dan koleksi pada lantai tersebut ditujukan untuk anak-anak. Kemudian lantai dua ber­isi koleksi buku umum dan referensi, khususnya untuk pelajar. Lantai tersebut juga dilengkapi dengan ruang baca. Sedangkan di lantai tiga terdapat teater kecil sebagai tempat pelatihan musik yang difasilitasi oleh Abang dan None Buku DKI Jakar­ta.

      Lantai empat berisi kantor perpustakaan dan depo arsip. Desain gedung Per­pustakaan Umum Kota Administrasi Jakarta Barat dirancang minimalis dan mo­dern dengan cat dinding cerah. Setiap ruang dilengkapi dengan penyejuk udara. Kepala Badan Perpusta­kaan dan Arsip Daerah DKI Jakarta Maman Achdiyat menyatakan minat baca pe­lajar dapat dirangsang de­ngan wajib kunjung ke per­pustakaan umum. Perencanaannya dilakukan oleh pemerintah dan sekolah-sekolah," tuturnya. Berdasarkan data, jumlah anggota per­pustakaan di seluruh wilayah DKI Jakarta sebanyak 4.401 orang.

      Kepala Subbidang Pengembangan Perpustakaan Umum Jakarta Barat Herwin Septianto mengatakan pihaknya juga mencanang-kan mobil keliling untuk menarik minat baca. "Mobil keliling difokuskan bagi SD dan SMP yang.kurang mampu. Istilahnya kami jemput bola,"ujarnya.

      Menurut dia, perpustaka­an mobil keliling di DKI Ja­karta ada 26 unit dan tersebar di lima wilayah di Jakar­ta. Pelayanannya dilakukan berdasarkan usul lurah. Setiap mobil memiliki 1.000-2.000 buku. Selain mobil keliling, pemerintah DKI Jakarta me­miliki program Tainan Baca Masyarakat (IBM) di tiap RW. Kepala Suku Dinas Pen­didikan Dasar Jakarta Barat Delly Indirayati mengatakan bahwa saat ini di Jakarta ada sekitar 100 TBM. "Satu kelurahan kan bisa memiliki beberapa RW," ucapnya.

      Petugas Subbidang Pengembangan Perpustakaan Umum Jakarta Barat Prio mengatakan, saat ini hanya ada tiga TBM aktif, yakni di daerah Joglo, Rawa Buaya, dan Jelambar. "Dulunya ada delapan. Tapi kinerja karyawannya tidak bagus sehingga TBM tersebut terbengkalai," katanya. maria goretti

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

       

      Items details

      • Hits: 604 clicks
      • Average hits: 6.7 clicks / month
      • Number of words: 1683
      • Number of characters: 13918
      • Created 7 years and 6 months ago at Tuesday, 01 May 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,796
      • Sedang Online 115
      • Anggota Terakhir Dr. Ahmad Syawqi, S.Ag, S.IPI, M.Pd.I

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9122509
      bacalah.jpg

      Kalender & Agenda

      October 2019
      S M T W T F S
      29 30 1 2 3 4 5
      6 7 8 9 10 11 12
      13 14 15 16 17 18 19
      20 21 22 23 24 25 26
      27 28 29 30 31 1 2

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC