.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      Untuk Berantas Buta Huruf 1.500 PKBM Didirikan

      ijazahnyajsetara dengan Lembaga Pendidikan Formal


      BANDUNG, (PR).-

      Sebanyak 5.000 pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) telah dibuat di tiap kecamatan di Indonesia sejak program ini diluncurkan pada 1998 silam. Namun, jumlah ini masih kurang dan akan ditambah 1.500 PKBM lagi. Hal ini dimaksudkan untuk memberantas buta huruf, memberdayakan potensi masyarakat yang tidak tersentuh pendidikan formal, dan mencapai tujuan program pendidikan untuk semua (PUS)

      Demikian disampaikan Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo pada pembukaan International Seminar on Community Learning Cen­tres (CLC's) di Ballroom Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kab. Bandung Barat, Senin (23/6). Seminar yang diadakan UNESCO bekerja sama dengan Dirjen Pen­didikan Non formal Depdiknas ini menghadirkan 80 orang peserta dari 24 negara Asia dan Pasifik.

      Menurut Bambang, peran PKBM/CLC, terutama pen­didikan kesetaraan Paket A, B, dan C adalah memfasilitasi masyarakat golongan tidak mampu untuk mengenyam pendidikan yang berkualitas. Selain itu, PKBM menjadi simbol pemberdayaan masya­rakat karena diselenggarakan oleh masyarakat di suatu lingkungan.

       

      "Jangan anggap remeh pe­serta PKBM, ijazah yang mereka dapat itu setara dengan yang dikeluarkan lembaga pendidikan formal. Kalau ada yang menganggap remeh, silakan di PTUN-kan. Pro­gram ini kami garap serius karena efeknya bisa langsung terlihat. Walaupun ini pen­didikan nonformal, para pe­serta jadi memiliki keahlian lebih," ungkap Bambang. Bambang menjelaskan, tenaga pendidik yang ada di PKBM bisa siapa saja. Hal ini, disebabkan karena pendidikan nonformal lebih mementingkan kompetensi, bukan formalitas. Diharapkan, PKBM tidak hanya menjadi pusat pembelajaran, tetapi juga menjadi pusat pemberdayaan masyarakat.

      Sejauh ini, program-pro­gram yang ada di bawah PKBM antara lain Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Paket A setara SD, Paket B setara SMP, Paket C, pendidikan            keaksaraan/pemberantasan buta aksara, kursus, magang, pendidikan perempuan gen­der, Taman Bacaan Masyarakat (TBM), dan lain-lain.

      "Seminar ini bertujuan un­tuk berbagi pengalamari antar peserta dalam penyelenggaraan PKBM. Selain itu, mengeksplorasi strategi pe-ngembangan PKBM di masa yang akan datang dan menyepakati rencana untuk memperkuat pendidikan berbasis masyarakat dalam rangka mencapai PUS atau Education for All (EFA)," tutur Bambang.

      Sementara itu, Direktur UNESCO Bangkok Sheldon Shaeffer dalam sambutannya mengatakan, CLC diluncurkan dalam rangka membangun program pendidikan yang berdasar pada pengalaman masyarakat. Hal ini untuk membantu menjangkau yang tidak terjangkau, memberdayakan yang kurang berun-tung, serta memainkan peran penting pada pengembangan pendidikan dan masyarakat.

      "Sejak 1946, Jepang sukses dengan program CLC. Hal ini yang mendorong UNESCO untuk menyebarkannya pada negara-negara anggota untuk memiliki program yang sama. Namun, disesuaikan dengan budaya lokal yang dimiliki masing-masing negara," ujar - Sheldon. (CA-iSy)***

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 28 February 2012 10:25  

      Items details

      • Hits: 695 clicks
      • Average hits: 8.2 clicks / month
      • Number of words: 667
      • Number of characters: 5550
      • Created 7 years and ago at Tuesday, 28 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and ago at Tuesday, 28 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,794
      • Sedang Online 111
      • Anggota Terakhir CECEP ABDUL AZIS HAKIM

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9103368
      Dialog_Peradaban.jpg

      Kalender & Agenda

      March 2019
      S M T W T F S
      24 25 26 27 28 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30
      31 1 2 3 4 5 6

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC