.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      TEMPO 14 SEPTEMBER

       

      Walikota Mofaram, HM. Ruslan, SH

      Tuntaskan Buta Aksara, Berdayakan Ekonomi dan Manusia

      upacara Peringatan Hari Aksara Internasional Ke-42 tahun 2007 Tingkat Nasional diselenggarakan di kota Mataram,Nusa Tenggara Barat. Acara yang digelar pada 8 Sep­tember 2007 ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang teiah diselenggarakan sebelumnya, baik di tingkat daerah maupun pusat.

      Sebagai tuan rumah, kota Mataram tentu telah bersiap sejak jauh hari. Bahkan Walikota Mata­ram, sejak dua bulan lalu telah melakukan sosialisasi hingga ke desa-desa. Tak heran bila dalam menyambut Hari Aksara Internasional (HAI) ini, sepanjang jalan protokol di ibukota Nusa Tenggara Barat dimeriahkan umbui-umbul identitas HAI dan bendera merah putih. "Kepada para ketua partai, saya meminta menyimpan sejenak bendera partainya dan menggantikan dengan bendera merah putih," kata H.M.Ruslan SH, Walikota Mataram, Berikut petikan wawancaranya:

       

      Bagaima rasanya terpilih menjadi tuan rumah sebuah acara tingkat nasional?

      Ini sebuah penghargaan bagi kami, tapi di sisi lain, ini menjadi suatu hal yang wajar, karena ka­mi sebagai aparat pemerintah memang memiiiki perhatian tinggi terhadap program-program yang dicanangkan pemerintah pusat. Kota Mataram termasuk yang sering mendapat kesempatan untuk acara-acara tingkat nasional, sehingga masyarakat sudah terbiasa dengan keadaan tersebut.

      Khusus untuk puncak acara HAI ini, kami telah mempersiapkan Lia­ison Officer (LO) bagi para undangan seperti bupati dan walikota dari berbagai daerah. Para LO ini adalah kepala-kepaia sekolah tingkat SMP dan SMA, mereka yang mendampingi selama para tamu berada di Mataram.

      Bagaimana pelaksanaan program pemberantasan buta aksara di Mataram?

      Sejak tahun 2000, sebelum Inpres No. 5/2006 tentang buta aksara dikeluarkan, kami sudah melaksanakan program pemberantasan buta aksara yang targetnya hams tuntas pada

      akhir 2007. Hal ini dimungkinkan karena program ini sudah dijalankan sejak tujuh tahun ialu.

      Khusus untuk Pemberantasan Buta Aksara (PBA), program ini dapat sukses karena kami mensinergikan antara penuntasan buta aksara dan pernberdayaan ekonomi. Orang-orang yang sudah tua tidak mau di suruh belajarjika kebutuhan makannya tak terpenuhi, maka kami buat Komite Penanggulangan Kemiskinan. Di setiap rumah keluarga miskin di Mataram diberi tanda, sehingga mereka mendapat pelayanan kesehatan dan pendidikan secara gratis. Sementara itu, bagi orang tua diberi modal untuk berusaha, sehingga partisipasi mereka untuk program PBA ini sangat cepat.

      Selain itu, kami menggunakan peran para tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk menggerakkan program-program pemerintah. Maka, sela­ma sekian tahun program ini bisa berjalan baik. Bahkan, kini dikembangkan program berkelanjutan bagi keluarga yang telah melek aksara. Mereka dikelompokkan dan diberi modal untuk berusa­ha. Disiniah mereka mulai mempraktekkan apa yang sudah diajarkan. Belajar administrasi dan mengelola uang. Sehingga mereka pun mandiri.

      Sejauh mana komitmen ini tertuang dalam APBD?

      Untuk dunia pendidikan, kami sudah mencapai hampir 20 persen, kami memiiiki komitmen tinggi untuk PBA. Bahkan jika program ini tuntas di akhir 2007 ini, maka pada 2008, kami akan mengurus orang-orang yang berpotensi menjadi buta aksara, misalnya mereka yang saat ini masih berusia 13 tahun dan belum melek aksara serta para pandatang dari daerah lain yang menetap di Mataram. Prioritas saat ini, melakukan pemberdayaan ekonomi dan manusia, jika salah satu saja yang bergerak, bisa pincang. Maka keduanya harus beriringan. Mataram memiiiki visi dua kata, Maju dan Religius, sehingga apapun kegiatan yang dilakukan harus berkaitan dengan konsep-konsep religi termasuk dalam dunia pendidikan.

      INFORIAL

       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 28 February 2012 10:24  

      Items details

      • Hits: 414 clicks
      • Average hits: 4.5 clicks / month
      • Number of words: 1061
      • Number of characters: 8718
      • Created 7 years and 8 months ago at Tuesday, 28 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 8 months ago at Tuesday, 28 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,796
      • Sedang Online 75
      • Anggota Terakhir Dr. Ahmad Syawqi, S.Ag, S.IPI, M.Pd.I

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9122470
      Dialog_Peradaban.jpg

      Kalender & Agenda

      October 2019
      S M T W T F S
      29 30 1 2 3 4 5
      6 7 8 9 10 11 12
      13 14 15 16 17 18 19
      20 21 22 23 24 25 26
      27 28 29 30 31 1 2

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC