.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      PIKIRAN RAKYAT 27 JANUARI  2007

       

      Jabar kurangi Buta Aksara 25.000 Per Tahun

      BANDUNG, (PR).-


      Jawa Barat harus dapat mengurangi jumlah buta aksara 250.000 orang dalam setahun (2007). Jumlah tersebut, diharapkan dapat me­ngurangi jumlah total 1,4 juta orang buta aksara yang masih tersisa di Jawa Barat. Dirjen PLS Depdiknas Ace Suryadi menyampaikan hal tersebut kepada "PR" di sela-sela kegiatan sosialisasi pendidikan kesetaraan di Balai Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda (BP-PLSP) Regional II Jaya giri Lembang, Kamis (25/1).Ace menyebutkan, Jawa Barat masih menempati posisi ketiga nasional terbanyak dalam jumlah buta aksara, atau 10% dari jumlah total nasional." Jumlah buta aksara terbanyak nasional ditempati  Jawa Timur diikuti Jawa Tengah.

      Bila dilihat dari skala nasio­nal, kata dia, masih terdapat 10 provinsi menyumbang bu­ta aksara terbanyak. Yaitu Jatim, Jateng, Jabar, Sulsel, NTB, NTT, Papua, Bali, dan Yogyakarta. Untuk Jawa saja, jumlah buta aksara mencapai 70% dari jumlah total.

      Untuk mengurangi jumlah tersebut, pemerintah melakukan pemerataan dengan cara mengambil alih koordinasi pemberantasan buta aksara nasional. Dengan mencanangkan gerakan percepatan pemberantasan buta aksara yang dikoordinasikan langsung Mendiknas melalui pendekatan vertikal dan horisontal.

       

      Pendekatan vertikal, dilakukan dengan dikeluarkannya Inpres No. 5 Tahun 2006. Inpres ini befisi pernyataan bahwa pemberantasan buta aksara dilakukan dengan mengerahkan seluruh kekuatan, mulai dari presiden, menteri terkait, gubernur, wali kota/bupati, camat, sampai kepala desa. Sedangkan pendekatan horizontal dilakukan dengan melibatkan organisasi-organisasi masyarakat seperti PKK, Muslimah NU, Al-Khairot, dll.

      Ke depan, kata dia, peme­rintah akan memberlakukan quality control (kontrol kualitas) terhadap masyarakat bu­ta aksara. Kontrol kualitas ini dilakukan dengan mengikutsertakan masyarakat buta ak­sara pada tes biita atesara. Hasilnya nanti mereka menda-pat sertifikat kelulusan buta aksara."Jadi, pemerintah juga terpacu untuk membentuk lembaga penyedia tes yang menjamin kualitas lulus annya nanti," demikian Ace.Perihal anggaran yang disediakan, Ace mengatakan, pe­merintah pusat baru menyediakan untuk 1,4 juta orang. Sedangkan sisanya dilakukan sharing antara pemerintah pusat 50%, pemerintah pro­vinsi 30%, dan pemerintah kabupaten/kota 20%.

      Pola belajar

      Sementara itu, Ketua BP-PLSP Regional II Jayagiri Lembang, Ade Kusmiadi me­ngatakan, pemberantasan bu­ta aksara di Jawa Barat dilakukan dengan melibatkan semua unsur masyarakat. Selain itu, pola pembelajarannya pun harus disesuaikan dengan situasi setempat sehingga ada kesinambungan antara kebutuhan belajar dan kebutuhan pasca belajar.

      Menurut dia, selaku balai pengembangan pendidikan luar sekolah dan pemuda, BP-PLSP Jayagiri Lembang sudah membuat pola-pola pembelajaran maupun model pelatihan untuk pendidikan luar sekolah dan pemuda. Pola dan model pembelajar­an ini digunakan pusat kegi­atan belajar masyarakat (PKBM) maupun tempat be­lajar masyarakat (TBM) yang berada di bawah regional II, yakni Jawa Barat, Banten, " Jakarta, Bangka"Beli-tung, Bengkulu, dan Lampung.

      Pola belajar ini kata dia, merupakan induk pembela­jaran yang pada praktiknya sangat fleksibel diadaptasikan dengan kebutuhan daerah se­tempat, terutama pola pendi­dikan untuk masyarakat desa dan pinggiran.

      Kegiatan sosialisasi pendi­dikan kesetaraan yang juga dihadiri Direktur Kesetaraan Ditjen PLS Depdiknas Ella Yulaelawati, Kasubdin PLS Disdik Jabar Herang Abiyanto, Ketua Kelas Berjalan Kota Bandung Rudi P. Wiriatmadjaja, dan sejumlah undangan lainnya ini, diisi dengan berbagai kegiatan seperti semi­nar, talkshow, pameran, dan sosialisasi mobile class (kelas berjalan). (A-148)***

       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 28 February 2012 09:07  

      Items details

      • Hits: 582 clicks
      • Average hits: 6.3 clicks / month
      • Number of words: 857
      • Number of characters: 7303
      • Created 7 years and 9 months ago at Tuesday, 28 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 9 months ago at Tuesday, 28 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,797
      • Sedang Online 117
      • Anggota Terakhir Suwardi

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9124665
      DSCF8803.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC