.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      MEDIA INDONESIA 9 JANUARI 2007

       

       

      Cara Jember Hapus Buta Aksara

      GUGUR gunung,cara , dan istilah itulah yang digunakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Jember JawaTimur (Jatim), untuk menjadikan wilayahnya bebas buta huruf pada tahun ini

      "Metode itu artinya : melibatkan semua pihak," kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik)Pernkab Jember ; Ahmad Sudiyono,kemarin. Memang,enam bulan lalu kabupaten yang berada di timur jatim itu telah mencanangkan program Keaksaraan Fungsional(KF) menjaring 31 ribu warga usia produktif (15-24 tahun) buta huruf yang dibagi 1.400 kelompok tersebar di 31 kecamatan.

      Dalam kegiatan belajar KF telah ditunjuk 1.500 tutor untuktiap kelompok, serta disediakan beragam peralatan, antara lain buku, alat tulis hingga alat peraga. Tidak tanggung-tanggung, Pemkab Jember juga menggelontorkan dana Rp5 miliar untuk program itu. "Dana itu dari pemkab, PemerintahProvinsi Jatim, danbantuan pusat," ugkap Sudiyono.

       

      Sakingseriusnya,Pemkab Jember juga menggalang kerja sama dengan TNI, Polri, perguruan tinggi^ serta organisasi . social kemasyarakatan.

      Data di Dinas Pendidikan (Dispendik)Jember menyebutkanada 1.630 anggotaPersatuanGuru Republik lndonesia (PGRI), serta220aparatTNIyang membantu. "Tidaksedikit pula mahasiswa, baik yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata maupun program akademik lainnya, yang membantu," tambah Sudiyono. Komandan Komando Distrik

      Militer (Kodim) 0824 Jember Let­kol Mulyo Aji mengaku aparat, TNI membantu program itu sebagai motivator, tetapi tidak jarang pula bertugas sebagai tutor.

      Kini enam bulan telah berlalu, bagaimanahasilnya?

      Dispendik Jember mengaku 31 ribu usia produktif yang menjadi sasaran KF telah terjaring dan sudah tidak butahuruf lagi. Sudiyono mengungkapkan memang ada beberapa daerah yang cukup sulit ditanggulangi, misalnya, Kecamatan Celbuk, Sumber Baru, yang berada di lereng Gunung Argopuro, serta KecamatanTempurejo dilereng Gunung Gumitir. "Namun, mereka ditangani pihakTNI denganbaik," paparnya. Hal itu diakui Komandan Kodim Jember Letkol Mulyo Aji. Dia menyebutkan, selain kendala sosial, program KF juga terkendalaoleh kondisi geografis sebab tidak sedikit peserta belajar yang berdomisili di lereng-lereng gunung ataupun tepian hutan yang cukup sulit dijangkau.

      Belum maksimal

      Lain halnya dengan pengamatan aktivis Forum Komunikasi GuruJember Rahmatullah. Menurutnya, program itu masih menyisakan persoalan. "Pada praktiknya kebijakan itu masih belum dapat berjalan sesuai harapan/'kataRahmat.

      Pengamat pendidikan itu memantau selama ini pelaksanaan program KF masih Terkendala oleh tidaki meratanya distribusi peralatan pendukung seperti buku,alat tulis,maupunalat peraga. "Hal ini dapat menurunkan motivasi warga untuk belajar," katanya.

      Dia mengusulkan seharusnya Dispendik Jember perlu menyusun dan membentuk tim pemantau pelaksanaan program KF sebab dalam pelaksananya terkesan hanya menerima laporan dari camat atau instansi kewilayahan lainnya, tanpa tolak ukur pelaksanaan yang baku. Dampaknya akan mulai berbagai kendala itu mengakibatkan pelaksanaan program tidak dapat berjalan optimal. "Saya perkirakan pencapaian target programKF hanya sekitar 70%, dari seluruh penyandang butaaksara," paparnya.

      Satu hal lagi, tambahnya, sebaiknya pelaksanaan program KF perlu pedoman pelaksanaan serta metode pembelajaran khusus. Soalnya sebagian besar tutor masih berpedoman layaknya mengajar siswa sekolah regular, padahal program itu perlu penanganan khusus.

      Terlepas dari soal itu, keseriusan PemkabJember mengatasi buta huruf rupanya tidak berujung. Rencananya, program lanjutan berupa kelompok belajar usaha yang dibagi 300 kelompokan digelar. Perkelompok yang berjumlah 20 orang akan mendapat dana bantuan usaha Rp2 juta. • Anam Masjhoedi/N-3

       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 28 February 2012 06:58  

      Items details

      • Hits: 321 clicks
      • Average hits: 3.3 clicks / month
      • Number of words: 867
      • Number of characters: 7501
      • Created 8 years and 0 months ago at Tuesday, 28 February 2012 by Administrator
      • Modified 8 years and 0 months ago at Tuesday, 28 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,799
      • Sedang Online 64
      • Anggota Terakhir Messa Rahmania

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9133310
      DSCF8754.jpg

      Kalender & Agenda

      February 2020
      S M T W T F S
      26 27 28 29 30 31 1
      2 3 4 5 6 7 8
      9 10 11 12 13 14 15
      16 17 18 19 20 21 22
      23 24 25 26 27 28 29

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC