.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      SEPUTAR INDONESIA

       

      BUTA AKSARA MASIH SEKITAR 30.000 JIWA

      KUNINGAN (SINDO) Pengentasan buta ak­sara di Kuningan masih mengalami hambatan. Padahal, Pemkab Kuningan menargetkan program tersebut tuntas pada 2008 ini.

      Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPRD Kabupaten Kuningan Abdul Aziz mengatakan, pemberantasan buta aksara di Kabupaten Kuningan tahun 2007 lalu baru mencapai 17.220 orang. Namun, menurut hasil survei pihaknya beberapa waktu la­lu, masih banyak masyarakat yang belum dapat membaca dan menulis. "Harus jelas tolok ukur program pemberantasan bu­ta aksara tersebut," tegas Aziz kepada SINDO, kemarin.

      Dia juga mempertanyakan target pencapaian pem­berantasan buta aksara di Kabupaten Kuningan. Hasil pendataan pihaknya, kata dia,masih ada sekitar 30.000-an lebih penyandang keaksaraan fungsional di Kabupat­en Kuningan. "Gencarnya upaya pemerintah dalam memberantas buta aksara harus dibarengi dengan bukti nyata. Jangan sampai ma­sih ada masyarakat yang be­lum bisa membaca dan menulis,"ujarnya.

       

      Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kuningan Mumung Sumantri menilai, program pengentasan buta aksara terkendala berbagai faktor. Salah satunya karena penyandang keaksaraan fu­ngsional (KF) telah berusia lanjut. "Bagaimana program tersebut akan efektif jika penyandang KF-nya sendiri te­lah berusia 60 tahun ke atas,"kata Mumung.

      Selain itu, menurut Mumung, pelaksanaan pro­gram pengentasan buta ak­sara tersebut juga hanya di-ikuti sedikit peserta. Hal ini, merupakan bukti bahwa pe­nyandang keaksaraan ma­sih kurang respons dengan program pemerintah ter­sebut. "Ini menjadi pekerjaan rumah bagi pihak eksekutif, untuk mendongkrak jumlah peserta didik dalam pengentasan buta aksara," terangnya.

      Mumung menilai, fasilitas dalam mendukung kegiatan belajar mengajar keaksara­an fungsional masih terlalu minim. Contohnya, ruangan yang dipergunakan sebagai tempat belajar.

      "Tempatnya kami kira masih tidak layak, tidak sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Idealnya, selain tempat, fasilitas pe-nunjang lainnya seperti peralatan tulis juga harus dilengkapi,"papar dia.

      Sebelumnya, Kepala Seksi Kesiswaan Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Pendidikan Kabupa­ten Kuningan Nana Sunardi mengatakan, meski pada 2008 ini pemkab tidak mengalokasikan anggaran pro­gram penuntasan buta aksa­ra, namun tidak membuat program tersebut vakum. Pasalnya, pemerintah pusat te­lah mengalokasikan subsidi anggaran."Selain dari pemerintah pusat, anggaran pengen­tasan buta huruf juga diperoleh dari program pendanaan kompetitif indeks pembangunan manusia,"terang Nana.

      Sebagai bahan pembanding, sebut dia, pada 2007 Pemkab Kuningan mengalo­kasikan anggaran Rp750 juta dalam program pengentasan buta aksara. Hasilnya, Ku­ningan mendapatkan penghargaan tingkat nasional berupa anugerah aksara ting­kat madya atas keberhasilan mengentaskan buta aksara. Menurut hasil pendataan yang dilakukan Departemen Pendidikan Nasional, pe­nyandang buta aksara di Ka­bupaten Kuningan berjum-lah sekitar 21.000 orang, de­ngan kategori usia 15 tahun ke atas.

      "Tapi data yang ada di Biro Pusat Statistik, jumlahnya niencapai 30.000 orang de­ngan kategori usia 10 tahun ke atas. Namun, terlepas dari itu, kita akan terus berupaya melakukan terobosan dalam pengentasan buta aksara di Kuningan, dengan memaksimalkan anggaran yang ada dari pemerintah pusat,"paparnya.

      Sementara itu, Bupati Ku­ningan Aang Hamid Suganda mengatakan, Pemkab Ku­ningan terus menggenjot pe­laksanaan program pengen­tasan buta aksara. Sejak  dicanangkannya beberapa tahun lalu,kata dia,saat ini di Kabupaten Kuningan tinggal tersisa sekitar 15.000 warga yang mengalami buta aksara. "Program ini terus kami lakukan hingga ke pelosok kecamatan dan desa. Targetnya, tahun ini harus diupayakan selesai, hingga akhirnya Ka­bupaten Kuningan bebas bu­ta aksara tegas Aang. (benny bastiandy)


       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 28 February 2012 06:42  

      Items details

      • Hits: 380 clicks
      • Average hits: 4 clicks / month
      • Number of words: 889
      • Number of characters: 7422
      • Created 7 years and 1 ago at Tuesday, 28 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 1 ago at Tuesday, 28 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 109
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9131024
      bacalah.jpg

      Kalender & Agenda

      January 2020
      S M T W T F S
      29 30 31 1 2 3 4
      5 6 7 8 9 10 11
      12 13 14 15 16 17 18
      19 20 21 22 23 24 25
      26 27 28 29 30 31 1

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC