.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      MEDIA INDONESIA

       

      Bank dunia bantu dunia pendidikan

      Buta Huruf Ciptakan Pengangguran


      jakarta (Media): untuk membantu mengurangi jumlah pengangguran, Bank Dunia dan Pemerintah Belanda mengucurkan dana sebesar US$243 juta untuk mengembangkan pendidikan nonformal di Indonesia pada 2008.

      Dirjen Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) Departemen Pendidikan Nasional Ace Suryadi mengatakan dana itu digunakan untuk mengurangi jumlah pe­ngangguran di Indonesia. Caranya dengan membekali mereka berbagai kemampuan untuk bersaing di pasar kerja maupun menciptakan lapangan kerja. "Peserta program ini kami rangsang untuk memiliki keterampilan kerja dan kemampuan menciptakan lapangan kerja kata Ace Suryadi di Jakarta, kemarin.

      la menambahkan, program bantuan tersebut dialokasikan untuk pendidikan kecakapan hidup yang akan diajarkan dalam program paket A, B, dan C atau pendidikan kesetaraan SD, SMP, dan SMA.Dana tersebut juga akan dialo­kasikan untuk pendidikan pascakeaksaraan agar mereka yang bu-ta aksara setelah melek huruf sekaligus dibekali keahlian untuk mempertahankan dan mengem­bangkan hidup mereka. Setiap kelompok usaha mikro akan memperoleh bantuan dana sekitar Rp200 ribu, Rp l juta untuk mengembangkan usaha mandirinya. Dengan harapan, sepertiga dari 1,2 juta orang target buta ak­sara bisa melek aksara sekaligus bisa mengembangkan usaha de­ngan menyerap tenaga kerja yang signifikan.

       

      Dana bantuan itu juga akan di­alokasikan untuk pendidikan profesi, yakni kursus-kursus berstandar internasional yang akan terus dikembangkan pada 2008. Targetnya, di setiap kabupaten harus ada jenis kursus profesi yang memiliki standar interna­sional.

      Untuk itu, lanjut Ace, perguruan tinggi khususnya lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) diusulkan bisa segera

      membuka jurusan pendidikan nonformal dan informal. "Tujuannya agar memperoleh guru-guru yang berkualitas akademis untuk rnengajar di sektor pendi­dikan nonformal dan informal ini."

      Beban pemerintah

      Tingginya pengangguran di In­donesia bila tidak segera diatasi, bisa memicu masalah sosial yang sangat kompleks. Salah satu penyebab pengangguran ialah masih ada penduduk yang buta hu­ruf sehingga sulit mendapatkan akses pendidikan.

      Di beberapa daerah di Indone­sia, penduduk yang tidak bisa membaca dan menulis masih ditemukan. Jumlah penduduk buta aksara pada semester pertama Juni 2007 turun dari 7,49% atau 12.245.071 orang jika dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 8,07% atau 12.881.080 orang.

      "Kebanyakan dari mereka me­miliki masalah penglihatan. Pada umumnya, berasal dari keluarga miskin. Mereka tersebar di pelosok, terpencil, dan terisolasi, plus motivasi belajarnya rendah," ujar Ace.

      Meski jumlah penduduk buta aksara jauh berkurang, beban pe­merintah makin berat.

      Persoalannya, pemberantasan buta aksara masih dibebani ma­salah anak usia 7-12 tahun yang belum sekolah. Termasuk juga siswa yang putus sekolah dari SD kelas 1,2, dan 3 sebanyak 334 ribu anak per tahun. Kemampuan membacanya itu akanhilang apabila tidak dimanfaatkan dalam beberapa tahun.

      Persoalan geografis di beberapa daerah yang sulit dijangkau baik di pegunungan maupun di pu-lau-pulau juga menjadi kendala. Masih terdapatnya nilai budaya yang kurang berpihak kepada kaum perempuan. Bahkan, untuk sekadar memperoleh pendidikan diSD.

      Pemerintah juga mengerahkan program kuliah kerja nyata (KKN) tematik oleh mahasiswa untuk membantu pemberantasan buta aksara lebih cepat.

      Penggunaan bahasa ibu juga cukup efektif untuk memberantas buta aksara, terutama di wilayah-wilayah yang masyarakatnya belum begitu paham berbahasa Indonesia, seperti Madura dan Sulawesi Selatan.

       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 28 February 2012 06:28  

      Items details

      • Hits: 1459 clicks
      • Average hits: 15.2 clicks / month
      • Number of words: 964
      • Number of characters: 8203
      • Created 8 years and 0 months ago at Tuesday, 28 February 2012 by Administrator
      • Modified 8 years and 0 months ago at Tuesday, 28 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,799
      • Sedang Online 65
      • Anggota Terakhir Messa Rahmania

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9133316
      DSCF8768.jpg

      Kalender & Agenda

      February 2020
      S M T W T F S
      26 27 28 29 30 31 1
      2 3 4 5 6 7 8
      9 10 11 12 13 14 15
      16 17 18 19 20 21 22
      23 24 25 26 27 28 29

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC