.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

       

      PIKIRAN RAKYAT 6 SEPTEMBER 2006

       

       

      13,2 Juta Orang Masih Buta Aksara


      Pemberantasan di Indonesia Jadi Model Asia Pasifik


      JAKARTA, (PR).-

      Angka buta aksara penduduk berusia 15 tahun ke atas berdasarkan catatan semester pertama 2006 masih tinggi, yakni 13.182.492 orang. Tahun 2005 tercatat 14.595.088 orang. "Dari angka itu, dua per tiganya disandang kaum perempuan," ujar Dirjen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Depdik-nas, Ace Suryadi, di Gerai Informasi dan Media (GEM) Depdiknas Senayan, Jakarta, Selasa (5/9).

      Pernyataan itu terkait rencana peringatan Hari Aksara Internasional ke-41 di Kab. Probolinggo, Jatim, 8 Sep­tember 2006, sekaligus temu nasional percepatan pemberantasan buta ak­sara, 6 - 9 September 2006. Menurut dia, masih tingginya angka buta aksara disebabkan sejumlah faktor, masih ada anak usia 7-12 tahun

      Tidak pernah sekolah. Masih ada siswa yang putus belajar dari SD kelas 1,11, dan III dengan jumlah 334 ribu anak per tahun. Jika tidak dimanfaatkan, beberapa tahun ke depan berpotensi menjadi buta aksara kembali.

      Ace menjelaskan, masalah buta ak­sara harus dipahami semua pihak, memberikan kesadaran pentingnya melek huruf. Masalahnya, belum maksimal perhatian pemerintah daerah terhadap penuntasan pemberantasan, belum maksimalnya kesadaran masyarakat, dan belum tergali potensi bangsa menunjang penuntasan.

       

      "Pemerintah daerah sebagai ujung tombak di lapangan, belum memiliki komitmen penuh untuk memberantas masalah buta aksara, tutur Ace, di dampingi Direktur Pendidikan Masyarakat PLS Depdiknas, sudjarwo.

      Disosialisasikan

      Ace Suryadi mengatakan, negara-negara Asia dan Pasifik mengusulkan, pola pemberantasan buta aksara di In­donesia menjadi model internasional untuk disosialisasikan ke seluruh negara yang masih besar jumlah buta aksaranya. Usulan itu disampaikan negara-negara Asia dan Pasifik dalam se­minar keaksaraan di Pakistan Mei lalu.

      "Model di Indonesia memang be­lum ada di negara mana pun. Antara lain, model Bondowoso yang menggunakan pendekatan struktural di mana setiap aparat pemerintah daerah diharapkan membina satu penduduk buta aksara," katanya. Pendekatan struktural, awalnya di-lakukan Kab. Bondowoso, mengerahkan aparat terkait. Model ini ditangkap Mendiknas dan dibawa ke presiden,  sehingga keluar Inpres No. 5/2005 berlaku di seluruh Indonesia.

      Inpres itu menginstruksikan selu­ruh menteri terkait, gubernur, bupati/wali kotamadya, sampai pejabat di bawahnya, bahkan sampai ke tingkat RT/RW, untuk menggalakkan pemberantasan buta aksara. Ada juga .model horizontal bekerja sama dengan lembaga sosial masyarakat (LSM), seperti Kowani, Fatayat NU,Aisyiah Muhammadiyah, dan sejenisnya.

      Program itu melibatkan tenaga ma-hasiswa yang ternyata lebih efektif dan menarik masyarakat, ketimbang tena­ga Unit Pelaksana Teknik (UPT). Metode inovasi lain, dilakukan salah satu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Bekasi, yang mengharuskan kursus menjahit harus lebih dulu bisa membaca. Dengan cara ini, sekira 1000 orang yang berminat menjadi penjahit akhirnya bisa menbaca.

      Metode Mikro juga tergolong efek­tif, yaitu model iqro huruf Latin. Metode iqro untuk mampu membaca Alquran sangat efektif, sehingga metodenya diambil untuk memperkenalkan huruf Latin. Termasuk inovasi menggunakan alat permainan, seperti permainan huruf, kata, kalimat

      Lainnya lewat model Sanggar Pen­didikan Anak Saleh (SPAS) di Goa di setiap desa, sehingga memudahkan masyarakat masuk ke Sana. Termasuk model menjangkau yang tak terjangkau. "Di beberapa wilayah terpencil di Sulsel, Riau, Sangihe Talaud, anak-anak dan orang tua umumnya tidak bersekolah, sehingga bisa ikut pro­gram paket kesetaraan dan keak­saraan," kata Ace. (A-94/Ant)***

       

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 28 February 2012 06:16  

      Items details

      • Hits: 522 clicks
      • Average hits: 5.5 clicks / month
      • Number of words: 912
      • Number of characters: 7736
      • Created 7 years and 1 ago at Tuesday, 28 February 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 1 ago at Tuesday, 28 February 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 130
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9131552
      Dialog_Peradaban.jpg

      Kalender & Agenda

      January 2020
      S M T W T F S
      29 30 31 1 2 3 4
      5 6 7 8 9 10 11
      12 13 14 15 16 17 18
      19 20 21 22 23 24 25
      26 27 28 29 30 31 1

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC