.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

IPTEK Populer
E-mail

Media Indonesia 31 Maret 2011

Transfer Teknologi dan Keberlanjutan Industri

Marhaindro Waluyo dan Ardiani Damaryanti

Kementerian Riset dan Teknologi

BESARNYA manfaat dari diserapnya ilmu pengetahuan dan teknologi sangat luar biasa. Oleh karena itu, ba-nyak negara berkembang, termasuk Indonesia, b.er-buru ilmu pengetahuan dan teknologi serta berkeinginan untuk menguasai demi ter-capainya perbaikan kualitas hidup rakyat mereka. Adanya keterbatasan-keterbatasan yang menghadang dalam pe­nguasaan teknologi berakibat tidak semua keinginan dapat dipenuhi.

Transfer teknologi merupakan salah satu jalan untuk menghi-langkan keterbatasan tersebut dan menuju peningkatan dan penguasaan teknologi. Kebijakan itu merupakan strategi dalam pengembangan kemarn-puan surnber daya manusia agar produktivitasnya lebih meningkat lagi. Produktivitas manusia yang meningkat akan menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing.

Teknologi betul-betul bersifat strategis dan menyangkut harkat hidup banyak orang. Dari teknologi dapat dihasil-kan aneka produk yang dapat menghidupi suatu masyarakat bahkan negara sekalipun. Itulah sebabnya begitu su-sah mencapai kemandirian teknologi karana tnemang ada proteksi di mana-mana.

Read more...
 
E-mail

Kompas  rabu 16 juni  2010

Teknologi SBY, dan Obama

Oleh ARY MOCHTAR PEDJU


Pada 20 Januari 2010, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berpidato di depan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia dan masyarakat Ilmiah di Puspiptek, Serpong.

Namun, pidato ini kurang disambut antusias oleh media walaupun terasa penting. Tidak antusiasnya media mungkin karena topiknya "hanya" tentang teknologi dan pendidikan. Terasa penting karena Presiden AS Obama ikut menyambut, dibacakan duta besarnya.

Diawali dengan mengilustrasikan majunya peradaban Islam pada abad pertengahan karena penguasaan, kemampuan, dan pengembangan iptek yang dilengkapi beberapa contoh hasil temuan, SBY mengungkapkan satu keyakinan: arus sejarah yang dahsyat akan mewarnai abad ke-21 dengan perubahan yang terutama digerakkan kedigdayaan teknologi. Dalam iklim politik galau sekarang, pemikiran tentang peradaban manusia dengan martabatnya seperti di atas tentu menyejukkan. Perkataan "per­adaban" diucapkan Presiden hingga 10 kali dan "inovasi" 22 kali.

Read more...
 
E-mail

Teknologi Digital dalam Revolusi Politik

LAPORANIPTEK

NINOKLEKSONO


"Ini adalah negerimu; pejabat pemerintah adalah pegawaimu, yang mendapat gaji dari uang pa-jakmu, dan Anda punya hak." (Wael Ghonim, eksekutif pemasaran Google yang bergabung dalam gerakan prodemokrasi Mesir dan berperan besar dalam pemanfaatan teknologi informasi-komunikasi untuk pendidikan politik de-mokrasi. Dari artikel David Kirkpatrick & David Sanger, "The New York Times", 13/2)

Digunakannya teknologi digital atau teknologi-informasi-komunikasi (TIK) dalam kegiatan politik sebenarnya bukan cerita baru. Reformasi di Indonesia pada 1998 sudah menyaksikan penggunaan internet, yang baru beberapa tahun populer di negeri ini, juga layanan singkat melalui telepon seluler (SMS), yang juga baru marak sekitar tiga tahun, digunakan luas dari Gedung MPR/DPR saat itu, baik oleh mahasiswa, wartawan, maupun oleh aktivis politik

Setelah itu, dunia juga menyaksikan aksi people's power kedua pada 2001 di Filipina untuk menggulingkan pemimpin yang diduga korup saat itu. Berikutnya, cerita tentang penggunaan TIK untuk pembangkangan poli­tik juga muncul di sekitar aktivis politik China. Hari-hari ini, tak lama setelah Presiden Mesir Hosni Mubarak yang sudah berkuasa selama 30 tahun terguling, wacana TIK dalam revolusi politik masih terus hangat.

Dari berbagai penuturan koresponden kantor berita dan surat kabar yang bertugas di Mesir, dan juga di Tunisia, banyak terungkap berbagai aspek dalam aksi yang secara mendalam akan mengubah jagat politik di Timur Tengah ini.

Read more...
 
E-mail

Sindo 19 3 2011

MUDI KASMUDI

 

Teknologi dan Industrialisasi

Alumnus ITB dan Ul, Praktisi Energi industri Pertambangan

Negara-negara maju ingin sekali bergabung dalam pasar bebas dengan ASEAN seperti Uni Eropa, cina,danjepang karena merupakan pasar yang menarik, terutama indonesia dengan jumlah penduduk terbesar keempat dunia.

Negara-negara di dunia berlomba-lomba meningkatkan kemampuan negaranya agar bersaing di pasar global untuk masa sekarang dan yang akan datang. Fakta membuktikan bahwa negara yang menguasai teknologi yang dapat bersaing di percaturan global sekalipun negara tersebut miskin sumber daya alam (SDA). Sebagai contoh Jepang dan Korea Selatan, kedua negara ini termasuk pengekspor produk teknologi yang mempunyai nilai tambah tinggi dan menjadikannya di barisan negara maju. Indone­sia termasuk beruntung kare­na dikaruniai SDA melimpah yang bisa diekspor, tetapi sampai kapan keberuntungan ini? Di dalam fakta sejarah, penguasaan teknologi yang dimiliki negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS), negara-negara Eropa, dan Jepang sudah dimulai sejak zaman revolusi industri pada awal abad 19.MarkFruin(1992) di dalam The Japanese Enter­prise System menjelaskan fase industrialisasi Jepang sejak zaman Tokugawa (1603-1868) dan berkembang pesat ketika RestorasiMeiji(1868-1911) untuk mengatasi ketertinggalan dari Eropa dan AS. Cikal bakal raksasa industri jepang seperti Mitsubishi, Sumitomo, Kawa­saki sudah ada sejak zaman Tokugawa dan Meiji. Adapun raksasa industri lainnya banyak lahir sebelum berakhir-nya perang dunia kedua seperti Mitsui (1911), Matsushita Elec­tric (1918), Hitachi (1923), Toyota Motor (1937).

Michael Best (2001) di da­lam The New Competitive Advantage-The Renewal of American Industry menjelas­kan perkembangan teknologi AS di mana beberapa raksasa industri AS sudahberdiri sejak abad ke-19 seperti Pratt and Whitney (1860), General Elec­tric (1892), Ford Motors (1903), Boeing (1916). Kirn AS dikenal tidak hanya menguasai tekno­logi industri berat, tetapi juga industri komputer dan nano technology seperti Intel, AMD, Microsoft, Apple, Motorola, IBM, HP, Google, Facebook.

Read more...
 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  10 
  •  Next 
  •  End 
  • »


Page 1 of 11

Selamat Datang Sahabat ^_^
Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

Kemiskinan

Literasi Sains & Teknologi

Artikel Pilihan


Artikel Utama

Statistik Anggota

  • Total Anggota 10,788
  • Sedang Online 152
  • Anggota Terakhir Robertrab

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterTotal9091399
DSCF8790.jpg

Kalender & Agenda

November 2018
S M T W T F S
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 1

Contoh Proposal

Contoh Proposal

Google+ Facebook Twitter mail SC