.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      Sulit Cari Naskah Bermutu

      Pengamat pendidikan Jimmy P Paat yang juga dosen Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakar­ta mengungkapkan, penerbit jurnal ilmiah banyak yang kesulitan mencari naskah bermutu. Dengan pengalamannya sebagai anggota dewan penyunting Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan, ia menilai adanya kecenderungan penelitian sebatas proyek. "Proyek memang merangsang tumbuhnya penelitian, tetapi kualitasnya dipertanyakan," katanya. Karena itu, ia meminta keseriusan pemerintah dalam merangsang minat para ilmuwan untuk melakukan penelitian. Jangan sampai, semakin banyak peneliti potensial dan terbaik Indonesia yang 'lari' ke luar negeri hanya untuk mencari penghidupan yang layak.

      Akreditasi Jurnal juga merupakan arahan untuk menemukan Jurnal dengan kualitas baik dan bisa dipertanggungjawabkan. Sekretariat akreditasi Jurnal terdiri dari sekretariat untuk perguruan tinggi yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidik­an Tinggi (Dikti) dan sekretariat untuk lembaga penelitian yang dikelola oleh Pusbindiklat Peneliti LIPI. Adanya layanan akreditasi akan memudahkan pengguna melihat daftar Jurnal yang terakreditasi.

       

      Menyadari bahwa kondisi Jurnal ilmiah di Indonesia belum dinyatakan berbobot, Ditjen Dikti menerapkan kebijakan untuk meningkatkan mutu Jurnal dalam memenuhi persyaratan minimal. Kegiatan akre­ditasi diselenggarakan setiap tahun dan hasil akreditasi berkala untuk masa tiga tahun. Institut Teknologi Bandung (ITB) misalnya, memiliki 32 Jurnal ilmiah dan 27 di antaranya aktif terbit. Lima lainnya kurang aktif. Terdapat dua Jurnal internasional dan 12 Jurnal berakreditasi nasional. Sedang diupayakan dua Jurnal lainnya diakui secara internasional.

      Sedangkan Universitas Indonesia (UI) mengelola 34 Jurnal ilmiah dan 10 Jurnal di antaranya terakreditasi serta 24 Jurnal, dalam proses akreditasi. Tahun ini, enam Jurnal di antaranya dalam persiapan se­bagai Jurnal internasional. Sebagian pengelola jurnal mempunyai kendala yang sama yakni dalam memburu naskah.

      Tak bisa dimungkiri bahwa motivasi utama peneliti dalam membuat karya tulis ilmiah umumnya adalah untuk mengumpulkan angka kredit supaya segera naik pangkat. Apakah karya tulis tersebut akan disitir orang atau tidak, belum menjadi hal yang utama. Ke depan diharapkan, minat meneliti serta kualitas peneli­tian di Indonesia semakin baik, seiring tumbuhnya kesadaran dan dukungan, baik dari pemerintah maupun masyarakat.

       

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Tuesday, 13 March 2012 13:15  

      Items details

      • Hits: 243 clicks
      • Average hits: 2.6 clicks / month
      • Number of words: 2383
      • Number of characters: 21550
      • Created 7 years and 8 months ago at Tuesday, 13 March 2012 by Administrator
      • Modified 7 years and 8 months ago at Tuesday, 13 March 2012 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 72
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9125263
      DSCF8798.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2019
      S M T W T F S
      27 28 29 30 31 1 2
      3 4 5 6 7 8 9
      10 11 12 13 14 15 16
      17 18 19 20 21 22 23
      24 25 26 27 28 29 30

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC