.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Ideologi & Konsep
E-mail

Sulit Cari Naskah Bermutu

Pengamat pendidikan Jimmy P Paat yang juga dosen Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakar­ta mengungkapkan, penerbit jurnal ilmiah banyak yang kesulitan mencari naskah bermutu. Dengan pengalamannya sebagai anggota dewan penyunting Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan, ia menilai adanya kecenderungan penelitian sebatas proyek. "Proyek memang merangsang tumbuhnya penelitian, tetapi kualitasnya dipertanyakan," katanya. Karena itu, ia meminta keseriusan pemerintah dalam merangsang minat para ilmuwan untuk melakukan penelitian. Jangan sampai, semakin banyak peneliti potensial dan terbaik Indonesia yang 'lari' ke luar negeri hanya untuk mencari penghidupan yang layak.

Akreditasi Jurnal juga merupakan arahan untuk menemukan Jurnal dengan kualitas baik dan bisa dipertanggungjawabkan. Sekretariat akreditasi Jurnal terdiri dari sekretariat untuk perguruan tinggi yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidik­an Tinggi (Dikti) dan sekretariat untuk lembaga penelitian yang dikelola oleh Pusbindiklat Peneliti LIPI. Adanya layanan akreditasi akan memudahkan pengguna melihat daftar Jurnal yang terakreditasi.

Last Updated on Tuesday, 13 March 2012 13:15 Read more...
 
E-mail

MEDIA INDONESIA, 4 NOVEMBER 2010

Pentingnya Membangun Data Base Insentif Riset

Oleh M Athar Ismail, SSi, ME

Staf Bidang Insentif Riset, Keasdepan Relevansi Program Riptek,

Kementrian Riset dan Teknologi

Salah satu instrumen kebi­jakan pemerintah dalam menstimulasi riset untuk menghasilkan inovasi bernilai komersial tinggi dan bermanfaat bagi masyarakat adalah melalui pemberian insentif pendanaan riset. Sejak 1993 sampai sekarang, sejumlah jenis insentif pen­danaan riset telah diluncurkan peme­rintah, seperti insentif dana hibah kompetitif, riset unggulan terpadu, riset unggulan kemitraan. Namun sayang, setelah 17 tahun program insentif digulirkan, database program insentif riset tersebut belum tersusun dengan baik. Padahal sebagai bentuk akuntabilitas publik, pembangunan database program insentif riset mutlak diperlukan, terutama sebagai bukti ilmiah dalam mengevaluasi kinerja kebijakan yang telah diambil pe­merintah. Apalagi mengingat karakter masyarakat kita dalam menilai suatu kebijakan masih berdasarkan pikiran common sense, instan, sering hanya melalui opini publik, isu, dan kabar-kabar semata. Fenomena tersebut tidak dapat dimungkiri sebagai akibat rendahnya tingkat akses public terhadap kinerja pengembangan riset dan iptek di Indonesia. Salah satu media tersebut tentunya melalui keberadaan layanan penyediaan database program insentif riset.

Last Updated on Tuesday, 13 March 2012 13:14 Read more...
 
E-mail

MEDIA INDONESIA, 27 OKTOBER 2010

Mengurangi Benang Kusut Perizinan Peneliti Asing

Pelayanan publik di Indo­nesia masih jauh dari memuaskan. Mengurus kartu tanda penduduk, SIM, yang melibatkan publik secara luas saja belum memuaskan, meskipun di banyak daerah, kini lini pelayanan publik ditingkatkan. Pasalnya baik buruknya pelayanan publik erat kaitannya dengan pencitraan aparat negara di daerah tersebut. Lalu bagaimana dengan pelayanan publik untuk perizinan peneliti asing? Apakah sudah jauh lebih baik dibandingkan pelayanan publik lainnya? Jujur saja jawabannya sebagian besar belum, walaupun kebijakan pemerintah sudah mengarah ke sana. Saat ini payung undang-undang yang menjamin tersedianya pelayanan publik su­dah ada, yaitu UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Dalam UU tersebut negara memiliki tanggung jawab melayani kepentingan publik atau masyarakat luas, bukan sebaliknya dilayani.

Pemerintah sebagai provider pe­layanan publik nyaris tanpa kompetitor sama sekali karena kewenangan (otoritas) yang diberikan kepadanya oleh undang-undang. Namun, bukan be­rarti bahwa ketidakpuasan masyarakat tidak berdampak atau berimplikasi pada penyedia jasa di sektor publik. Justru sebaliknya, meskipun pelayanan publik merupakan sektor nirlaba dan praktis jarang mendapatkan tekanan pasar, ketidakpuasan masyarakat cenderung menimbulkan dampak negatif dalam berbagai bentuk terhadap pemerintah.

Last Updated on Tuesday, 13 March 2012 13:13 Read more...
 
E-mail

REPUBLIKA, 30 DESEMBER 2009

Kondisi Memprihatinkan Jurnal Ilmiah

Oleh WULAN TUNJUNG PALUPI

Banyaknya jurnal ilmiah yang bermutu di suatu negara merupakan salah satu indikator kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi negara itu. Sayangnya, budaya menulis dan mempublikasikan jurnal ilmiah, hingga saat ini masih belum berkembang di Indonesia. Pembuat lurnal tidak mengetahui, sejauh mana jurnal ilmiah bermanfaat bagi masyarakat. Di sisi lain, pengguna juga tidak mengetahui keberadaan jurnal ilmiah.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indo­nesia (LIPI) belum lama ini meluncurkan Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) sebagai pangkalan data jurnal ilmiah di Indonesia. Ini tentu merupakan berita gembira bagi dunia akademisi Tanah Air. Betapa tidak, meski terlihat sederhana, basis data merupakan suatu langkah strategis untuk mengembangkan dunia penelitian dalam negeri. Bayangkan selama ini, pemetaan dan perkembangan hasil penelitian di Indonesia masih sulit dilacak akibat jurnal ilmiah berserak di berbagai lembaga. Padahal, salah satu cara agar penelitian ilmiah yang dilakukan bisa berkelanjutan dan tidak tumpang-tindih, maka hasil penelitian yang biasanya diterbitkan melalui jurnal ilmiah harus diorganisasikan dengan baik. Keberadaan jurnal ilmiah di Indo­nesia bisa dikatakan tertinggal di banding negara-negara lainnya di kawasan Asia Tenggara. Jangankan jurnal ilmiah intenasional, jurnal ilmiah lokal pun, masih banyak yang timbul-tenggelam keberadaannya. sedangkan banyak institusi yang menerbitkan jurnal namun tidak dapat dikategorikan sebagai jurnal ilmiah.

Last Updated on Tuesday, 13 March 2012 13:12 Read more...
 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  10 
  •  Next 
  •  End 
  • »


Page 1 of 18

Selamat Datang Sahabat ^_^
Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

Kemiskinan

Literasi Sains & Teknologi

Artikel Pilihan


Artikel Utama

Statistik Anggota

  • Total Anggota 10,788
  • Sedang Online 142
  • Anggota Terakhir Robertrab

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterTotal9091308
DSCF8794.jpg

Kalender & Agenda

November 2018
S M T W T F S
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 1

Contoh Proposal

Contoh Proposal

Google+ Facebook Twitter mail SC