.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail
      Article Index
      Dua Ikon Peradaban
      Page 2
      Page 3
      All Pages
      Dua Ikon Peradaban

      Topik yang dibicarakan dalam buku ini mengenai sebuah persoalan dasar manusia. Persoalan yang sangat mendesak dalam zaman ini. Boleh jadi topik ini merupakan masalah yang kekal yang telah direnungkan dan dibicarakan oleh manusia, mungkin sejak leluhur  kita mulai pertama bangkit dalam kesadaran. Rasanya tidak mustahil bahwa persoalan ini juga akan mengabadi, terus dibicarakan sepanjang umur umat manusia.

      Konsep tentang pribadi paripurna, senantiasa muncul disetiap potongan zaman. Insan kamil, superman, ubermen adalah istilah-istilah  yang sempat menjadi icon sejarah di pentas kehidupan ini berkenaan dengan problem filosofis eksistensi manusia .

      Dalam tradisi Islam,  konsep manusia sperti itu bukanlah hanya ada di dunia khayal sebagaimana impian  Nietche. Akan tetapi pribadi–pribadi itu pernah ada dalam kenyataan sejarah, yang kita sebut dengan Para Sahabat. Kehidupan Para Sahabat inilah yang sekarang ini dijadikan  sumber inspirasi oleh Ary Ginanjar Agustian dan H.M. Anis Matta untuk melakukan sebuah rekonstruksi peradaban yang pernah menghegemoni di muka bumi ini.

      Ary Ginanjar Agustian adalah seorang  penulis buku best seller ESQ dan ESQ Power  yang sekaligus sebagai penemu ESQ Model. Dinobatkan sebagai The Most Powerful People and Ideas in Business 2004 versi majalah SWA Desember 2004. Terpilih  sebagai salah satu Tokoh Perubahan 2005 versi Republika, Tokoh Inovator Pembelajaran Akhlakul Karimah Indonesia oleh Himpunan Dzuriat Kesultanan Palembang. ESQ Training yang digagasnya sekarang ini sedang menjadi sebuah sarana kebangkitan spiritual yang cukup fenomenal. Tidak saja di dalam negeri untuk menggapai Indonesia Emas 2020’ , sekarang ini telah ekspansi ke mancanegara dalam rangka Dunia Emas 2050

      H.M. Anis Matta adalah seorang intelektual Islam muda, tokoh pergerakan Islam, dan juga trainer  bidang Personal Quality Development Program. Dinobatkan sebagai Tokoh Pemuda Berprestasi oleh Word Assembly  of   Moslem Youth. Lulusan terbaik LEMHANAS Angkatan IX tahun 2001. Waktu lulus di LIPIA pengujinya berkata; “ kalau ada nilai yang lebih tinggi dari 10, akan kuberikan untuk Anis Matta.”

      Kedua tokoh ini sepakat dalam harapan dan angan-angan mereka, bahwa dalam kurun sejarah yang berikutnya, umat manusia akan berhasil mencapai  kesatuan politis dan spiritual. Ary menyebut idea ini dengan “Indonesia Emas.” . Indonesia Emas adalah sebuah masyarakat Madani yang sadar spiritual (SQ), mental yang tangguh (EQ), sekaligus mempunyai kecerdasan intelektual yang tinggi (IQ). Bukan hanya kesejahteraan ekonomi dan intelektualnya yang tinggi seperti bangsa Barat, tapi miskin spiritualitas. Atau sebaliknya, bukan hanya tinggi spiritualitasnya tapi lemah secara ekonomi dan intelektual.

      Untuk mencapai visi Indonesia Emas 2020 ini Ary bercermin pada sejarah  bagaimana Nabi Muhammad SAW membangun masyarakat Madani. Menurut Ary ada tiga tahapan untuk membentuknya. Pertama, tahap spiritualitas ketika manusia dibentuk untuk menyadari siapa dirinya, untuk apa ia dilahirkan dan siapa Pencipta dirinya. Ini yang dinamakan sebagai era Gua Hira, ketika Surat Al 'Alaq diturunkan. ''Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakanmu dari segumpal darah...".  

      Kedua, tahap mentalitas ketika manusia dibangun mentalnya untuk memiliki komitmen spiritual yang disebut sebagai era Mekkah. Ketiga, tahap pembangunan sosial ekonomi ketika masyarakat diberdayakan secara ekonomi dan sosial yang disebut sebagai era Madinah. Secara sederhana, ketiga tahapan tersebut kompatibel dengan urutan pelaksanaan ibadah haji yaitu Wukuf (Gua Hira), Thawaf (Mekkah) dan Sa'i (Madinah). Wukuf adalah ketika manusia menyadari nilai-nilai spiritual yakni saat ia mengenal siapa dirinya, untuk apa dilahirkan dan apa tujuan hidupnya. Thawaf adalah ketika manusia membangun komitmen spiritualnya. Sa'i adalah ketika manusia mengaplikasikan nilai-nilai dan komitmen spiritual secara teguh dan setia dalam langkah nyata.

      Menilik Teori Pembentukan Karakter menurut FW Foerster (1869-1966), ada 4 ciri dasar pembentukan karakter, yaitu nilai, koherensi dan otonomi, serta keteguhan dan kesetiaan. Hal ini sudah dijelaskan 4500 tahun yang lalu dalam ritual haji yaitu Nilai yang dibangun saat Wukuf di Padang Arafah - Koherensi dan Otonomi yang dibentuk saat Thawaf di Mekkah - Keteguhan dan Kesetiaan yang dibangun dengan Sa'i di Madinah.

      Jika teori di atas dijadikan sebagai pembanding dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini, nampaknya bangsa ini langsung melakukan Sa'i yaitu berupa pembangunan ekonomi dan ilmu pengetahuan serta teknologi, tanpa memiliki nilai-nilai spiritual (Wukuf) dan komitmen spiritual (Thawaf). Bagi seseorang yang melaksanakan ibadah haji, apabila ia tidak melaksanakan urutan ibadah haji dengan baik dan benar, maka akan terkena dam (denda/batal). Itulah yang terjadi dengan bangsa Indonesia sekarang. Adanya gempa bumi, tsunami, formalin, banjir bandang, tanah longsor, flu burung, demam berdarah merupakan bentuk "dam" yang harus diterima akibat melanggar urutan di atas.

      Dalam konteks pembangunan masyarakat Madani, bangsa Indonesia diibaratkan langsung memasuki era Madinah tanpa melalui era Gua Hira untuk mengenal makna kehidupan tertinggi, dan tanpa melalui era Mekkah untuk membangun komitmen spiritual. Dampaknya, hingga saat ini, krisis multi dimensi terus melanda dan tak kunjung selesai, yang hanya menghasilkan masyarakat yang cerdas intelektual tapi rendah kecerdasan emosi dan rendah kecerdasan spiritualnya. Yang terjadi kemudian adalah seperti yang dikatakan oleh Thomas Hobbes: Homo Homini Lupus Belium Omnium Contra Omnes (manusia memakan manusia, yang kuat memakan yang lemah).


      Comments
      Usep Muahajir   |2012-03-10 18:23:52
      Bismillahirrahmaanirrahiim, semoga berkenan mengijinkan untuk mengcopy artikel
      ini, insya allah icon peradaban dibutuhkan
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Monday, 01 June 2009 14:31  

      Items details

      • Hits: 5643 clicks
      • Average hits: 49.5 clicks / month
      • Number of words: 2053
      • Number of characters: 15455
      • Created 9 years and 6 months ago at Friday, 29 May 2009 by Administrator
      • Modified 9 years and 5 months ago at Monday, 01 June 2009 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,788
      • Sedang Online 165
      • Anggota Terakhir Robertrab

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9091307
      DSCF8754.jpg

      Kalender & Agenda

      November 2018
      S M T W T F S
      28 29 30 31 1 2 3
      4 5 6 7 8 9 10
      11 12 13 14 15 16 17
      18 19 20 21 22 23 24
      25 26 27 28 29 30 1

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC