.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail
      Article Index
      Dari Papyrus Ke Paperless
      Page 2
      Page 3
      Page 4
      Page 5
      Page 6
      Page 7
      All Pages
       

      Renaisans memberikan perubahan signifikan pada tampilan luar dan tampilan dalam buku. Ketika kulit babi dan kulit hewan lain terus digunakan sebagai bahan penjilid buku selama 1 ½ abad berikutnya, dan kulit anak sapi juga digunakan pada abad ke-9, diperkenalkanlah penggunaan kulit kambing, yang disebut morocco, sesuai asal daerahnya. Diperkenalkan juga teknik inlay yang berkelok dan penuh warna, serta penggunaan emas dari dunia Islam yang dikombinasikan dengan metode blind stamping tradisional untuk menghasilkan seni baru peralatan emas. Teknik-teknik baru ini dugunakan pada buku-buku jilidan Renaisans seperti Jean Grolier de Servierees dan Thomas Mahieu, dalam pola yang mengkombinasikan motif klasik dengan ornamen-ornamen Islam. Beberapa dekorasi yang dipotong dalam stamp jilidan ditransfer menjadi bolongan-bolongan ketikan, yang kemudian disebut fleurons atau cetakan gabungan, digunakan sebagai ornamen indah yang populer hingga saat ini.           

      Dengan pengenalan ornamen seni cetak, dekorasi dan ukiran kayu mulai menurun. Selama abad pertama percetakan, ukiran kayu berkembang dari penggunaan yang terbatas menjadi kekuatan artistik yang digunakan untuk benyak tujuan. Seniman-seniman yang menggunakan ukiran kayu diantaranya adalah Albrecht Durer dan Hans Holbein di Jerman, Bernard Salomon dan Geoffroy Tory di Perancis, dan masih banyak lagi seniman lain baik terkenal maupun tidak di Itali dan tempat-tempat lainnya. Di tangan mereka, ilustrasi buku tidak hanya merefleksikan harmonisasi dan keindahan, namun juga perjuangan manusia untuk memahami posisi mereka di lingkungan mereka, dan pencarian nilai-nilai dasar. Hampir semua buku-buku pertama yang menggunakan ilustrasi dalam berbagai ilmu alam maupun dalam kesehatan dan teknologi, menggunakan ukiran kayu.            

      Setelah pertengahan abad ke-16, ukiran tembaga, diikuti segera oleh penggoresan, dan akhirnya proses-proses intaglio lainnya, merajai bidang ilustrasi buku. Pengukiran lempengan tembaga menjadi teknik utama yang tidak hanya untuk ilustrasi halaman penuh, namun juga untuk halaman judul, gambar muka satu sisi maupun dua sisi, bagian atas halaman, bagian bawah halaman, bahkan huruf-huruf cetak. Elemen-elemen arsitektur memainkan peranan penting dalam ilustrasi dan ornamentasi Renaisans.           

      Pada beberapa masa antara abad 16 dan 17, pusat-pusat penerbit buku yang penting pindah dari Italia ke Perancis, dan dari sana ke beberapa negara kecil. Dari usaha keras beberapa pencetak ulung seperti Aldus Manutius di Venesia, Henri Estienne di Paris, Christophe Plantin di Antwerp, dan Lodewijk Elzevir di Leiden, muncullah beberapa dinasti besar rumah-rumah percetakan dan penerbitan. Selama abad ke 16, hak cipta muncul, utamanya adalah dalam bentuk hak-hak istimewa dan perlindungan terhadap pencetak, penerbit, dan penulis, yang diberikan oleh pihak kerajaan da bangsawan. Karena pers mulai berkembang, dan otoritas sekuler maupun gereja mulai memahami pengaruh politiknya, berbagai pengawasan disusun. Penilaian dan pengawasan ketat dirancang dengan sangat serius. Milton’s Aeropagitica (644) merupakan dokumen penting bagi perjuangan tanpa henti untuk mencapai kebebasan pers. Tidak semua penilaian ini negatif. Pendirian beberapa percetakan resmi seperti Stamperia Vaticana dan Imprimerie Royale juga English University Presses, merupakan dampak yang menguntungkan dengan adanya standar-standar umum percetakan buku.           

      Pada abad ke-17, stadar-standar ini mulai melemah. Beberapa karya besar kesusasteraan dunia karya Shakespeare, Cervantes, dan Moliere – sering dicetak tidak sempurna di atas kertas yang kualitasnya buruk, dan dengan ketikan yang tidak mencerminkan keindahan zaman Renaisans. Namun terdapat beberapa pengecualian: dua alkitab Poliglot mashyur muncul pada abad ini; Seni penjilidan dan pengukiran peta muncul, contohnya ilustrasi pada buku-buku sejarah dan ilmu pengetahuan alam, baik berwarna maupun hitam putih. Masa ini juga merupakan masa-masa ekspansi percetakan secara geografis.           

      Tahun 1539, buku tertua dicetak di penerbit Western Hemisphere milik Juan Pablos di Mexico city. Percetakan Inggris-Amerika pertama didirikan di Cambridge, akhir tahun 1638 oleh Stephen Day. Peranan buku di Amerika berbeda dengan di Eropa. Percetaka Eropa pada dasarnya enerbitkan hasil-hasil pemikiran, sedangkan Amerika banyak menerbitkan buku yang berkenaan dengan hal-hal  prkatis. Hampir sejak awal, percetakan di Amerika merupakan agen kolonialisasi utama pada ekspansi bagian barat negara ini. Pada masa ini, George Washington menulis kepada Mathew Carey pada tanggal 25 Juni 1788, tentang majalah – “Saya memikirkan sarana pengetahuan yang mudah, yang lebih diperhitungkan daripada sarana lainnya untuk memelihara kebebasan, merangsang pertumbuhan industri, dan menaikkan moral orang-orang yang berfikiran terang dan bebas.”           

      Melihat  karakteristik fisiknya, buku-buku di wilayah koloni Amerika menyerupai buku-buku yang ada di Inggris, Skotlandia, dan Irlandia. Abad ke-18 merupakan periode penting bagi kemajuan pembuatan buku. Untuk pertama kalinya sejak abad ke-14, seni grafis di Inggris menyamai bahkan melampaui standar yang ada di benua Eropa. Langkah penting diambil dalam hal pembuatan kertas, penjilidan, dan ilustrasi. Teknik pengukiran kayu baru oleh Thomas Bewick telah memperbaiki kualitas dan daya tahan ukiran kayu. Teknik ini bertahan hingga saat ini.            

      Untuk benua Eropa, abad ini merupakan abad pencerahan. Teknik-teknik ukiran intaglio baru bermunculan, yaitu munculnya cetakan berwarna. Perancis memiliki seniman pengukir buku seperti Francois Boucher, Honore Fragonard, dan Hubert Francois Gravelot, yang menjadi cerminan kaum aristokrat. Masih di Perancis, Padeloup, Derome, dan beberapa penerbit buku lainnya menciptakan beberapa maha karya yang sangat indah, sementara Fourniers dan Didots memberikan kontribusi penting bagi dasar-dasar estetika dan nilai teknis untuk jenis desain dan seni cetak modern. Giambattista Bodoni dari Italia, memberikan kontribusi pada fleksibilitas berat dan ukuran, yang mengakibatkan perkembangan pada seni cetak komersial modern. Akhirnya, abad ke-18 merupakan abad kebangkitan penerbitan modern. Pergantian secara bertahap  dari pola pembelian langsung kepada pola berlangganan  menjadi tonggak baru untuk menjangkau pembaca secara luas. Dengan munculnya era kesusasteraan pada roman modern, majalah keluarga, dan buku anak-anak, maka menulis  menjadi profesi dan sumber mata pencaharian yang bisa diandalkan. Buku pada Era Mesin. Pengaruh industrialisasi pada produksi dan distribusi buku hampir sama besarnya dengan penemuan alat cetak itu sendiri. Selama dua dekade sebelum dan  sesudah tahun 1800, semua cabang seni grafis mulai merasakan pengaruh revolusi teknologi yang merubah pembuatan dan pencetakan buku yang kuno menjadi industri pembuatan buku yang modern.. Dengan adanya produksi massal buku-buku murah untuk pasar yang luas, persoalan-persoalan yang berkaitan dengan  organisasi perdagangan, pengaturan harga, dan hak cipta internasional, muncul ke permukaan.           



      Comments
      sarastiono  - Karya Tulis Paperless   |2010-07-16 05:31:29
      Maju terus literasi....untuk KTI paperless ada ndak. Kalau bisa di kirim ke
      email. Thanks
      sarastiono  - KTI Paperless   |2010-07-16 05:32:47
      Maju terus Literasi....KTI Paperlessada ndak... mohon kirim ke email. Tahanks
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Monday, 01 June 2009 14:30  

      Items details

      • Hits: 13045 clicks
      • Average hits: 101.9 clicks / month
      • Number of words: 7951
      • Number of characters: 59866
      • Created 11 years and 8 months ago at Friday, 29 May 2009 by Administrator
      • Modified 11 years and 7 months ago at Monday, 01 June 2009 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Artikel Utama

      Statistik Anggota

      • Total Anggota 10,798
      • Sedang Online 120
      • Anggota Terakhir ulmama vila nurruva

      Statistik Pengunjung

      mod_vvisit_counterTotal9131328
      Jantung_Sekolah1.jpg

      Kalender & Agenda

      January 2020
      S M T W T F S
      29 30 31 1 2 3 4
      5 6 7 8 9 10 11
      12 13 14 15 16 17 18
      19 20 21 22 23 24 25
      26 27 28 29 30 31 1

      Contoh Proposal

      Contoh Proposal

      Google+ Facebook Twitter mail SC