.

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

    E-mail

      BEDAH BUKU PERPUSTAKAAN SEBAGAI JANTUNG SEKOLAH

      BERSAMA YPPI DAN IPI DI MAKASSAR

      KS

      Minggu 19 Januari 2014. YPPI terbang ke Kota Makassar. Perjalanan yang tidak lama dari Kota Surabaya. Setibanya di bandara yang pernah memiliki nama "Lapangan Terbang Kadieng" pada tahun 1935 ini menyambut kami dengan hangat. Senin 20 Januari 2014 (besok), kami akan membedah buku "Perpustakaan sebagai Jantung Sekolah" (PSJS) bersama Bapak Suherman, MSi, penulis dan sekaligus peraih Medali Emas CONSAL Outstanding Librarian Award 2012.

      Bertempat di Gedung Baruga Telkomsel Jl. AP.Pettarani no. 3 Kota Makassar, buku ini akan menceritakan kondisi perpustakaan sekolah saat ini, dan bagaimana solusinya. Tidak hanya itu, pembaca juga akan tahu bagaimana memulai dari mendirikan perpustakaan dari nol dan kegiatan-kegiatan kreatif menghidupkan perpustakaan.

      Rangkaian acara dimulai dengan Pengukuhan dan pelantikan Pengurus IPI Prov Sulawesi Selatan. Dan diberikan ceramah ilmiah tentang "Eksistensi Kepustakawanan Indonesia" oleh Bapak H.T. Syamsul Bahri,S.H.,M.Si, ketua IPI Pusat.

      Selanjutnya acara bedah buku dimulai dengan pemaparan isi buku oleh Suherman, M.Si yang merupakan alumnus Ilmu Perpustakaan Universitas Padjadjaran. Menurut beliau di dalam pendidikan, Perpustakaan menjadi "jantung" sekolah. Sebagaimana fungsi jantung dalam tubuh, Perpustakaan sangat menentukan sehat tidaknya sistem pendidikan sekolah. Apabila jantung tidak berfungsi, akan mengakibatkan kelumpuhan, dan apabila sekolah tidak memiliki perpustakaan, sama seperti tubuh yang tidak memiliki jantung alias tidak memiliki daya hidup.

      Kang Herman, begitu sapaan akrabnya, beliau menyatakan bahwa perpustakaan memiliki peranan yang signifikan untuk mendukung gemar membaca dan meningkatkan literasi informasi, juga untuk mengembangkan siswa supaya dapat belajar secara independen.

      Salah satu hasil penelitian literasi di tingkat internasional menyimpulkan dalam sebuah kalimat: Menemukan cara untuk mengajak siswa membaca merupakan suatu jalan yang sangat efektif untuk perubahan sosial.

      Luar biasa antusias peserta yang mengikuti acara bedah buku ini, mereka tidak mau kalah untuk membedah buku tersebut dengan cara memborong buku "Perpustakaan sebagai Jantung Sekolah" yang sebagian besar materinya berdasarkan Buku Pedoman Perpustakaan Sekolah yang diterbitkan oleh IFLA (The International Federation of Library Associations).

      [Dicki] Sumber: YPPI

      Comments
      Only registered users can write comments!

      3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

      Last Updated on Saturday, 06 December 2014 22:02  

      Items details

      • Hits: 21514 clicks
      • Average hits: 370.9 clicks / month
      • Number of words: 687
      • Number of characters: 5119
      • Created 4 years and 10 months ago at Friday, 24 January 2014 by Administrator
      • Modified 3 years and 1 ago at Saturday, 06 December 2014 by Administrator

      Tecox component by www.teglo.info






      Selamat Datang Sahabat ^_^
      Dapatkan Segera Buku PUSTAKAWAN 1/2 GILA

      Kemiskinan

      Literasi Sains & Teknologi

      Artikel Pilihan


      Google+ Facebook Twitter mail SC